√ Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi? Ini Penyebab dan Solusinya

Advertisements

Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi – Pemakaian listrik prabayar memang sudah menjadi standar bagi PLN untuk pelanggan baru. Hal ini karena penggunaan listrik prabayar dianggap dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan pemakaian listrik.

Dengan menggunakan sistem prabayar ini. Setiap pelanggan diharuskan untuk melakukan PEMBELIAN TOKEN LISTRIK dan memasukannya ke meteran. Dengan begitu ketika indikator suara token listrik akan habis terdengar bisa berhenti.

Sayangnya penggunaan meteran listrik prabayar juga tak luput dari berbagai masalah yang sering dialami oleh para pelanggan. Salah satu diantara masalah yang ada yaitu pulsa listrik tidak bisa diisi.

Advertisements

Hal ini tentu saja akan membuat listrik tak akan menyala karena token tidak terisi. Jika kalian pernah mengalaminya tentu hal ini cukup menjengkelkan, namun untuk mengantisipasi hal yang sama.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Ada baiknya kalian ketahui bagaimana cara mengatasinya dan juga ketahui apa saja penyebab yang menjadikan token listrik gagal diisi. Untuk itu sesuai dengan judul diatas, kali ini prosesbayar.com akan menjelasannya secara rinci dibawah ini

Penyebab Gagal Isi Token Listik

Ada beberapa masalah yang menjadikan pulsa listrik tidak bisa diisi. Nah berikut adalah beberapa penyebab yang menjadikan token listrik tak bisa di masukan.

1. Masalah Pada Server PLN

Masalah Pada Server PLN

Salah satu hal yang menjadi penyebab gagal memasukan token listrik adalah karena sedang terjadi masalah pada server PLN. Apa kaitannya? Seperti kita ketahui tiap meter digital PLN memiliki ID PELANGGAN yang dibuat secara unik dan terhubung dengan server PLN.

Jadi ketika ada masalah pada server, otomatis sistem tidak akan bisa membaca ID pelanggan dan tidak akan bisa membaca kode token pulsa listrik yang kalian beli. Solusinya, kalian harus menunggu sistem benar-benar normal.

2. Meteran Terblokir

Meteran Terblokir

Seperti kita ketahui bersama, memasukan kode token listrik salah sebanyak 3 kali akan membuat meteran terblokir secara otomatis. Oleh karena itu pastikan pada saat memasukan token harus benar.

Bila sudah terblokir, bagaimanapun caranya otomatis pulsa listrik tidak bisa diisi. Solusinya segera hubungi pihak PLN untuk meminta bantuan.

3. Instalasi Listrik yang Buruk

Instalasi Listrik yang Buruk

Penyebab lain tidak bisanya memasukan kode token listrik juga dikarenakan adanya pemasangan atau penyambungan jalur listrik atau instalasi yang tidak baik. Jadi jika tiba-tiba tidak bisa melakukan pengisian token, sebaiknya periksa instalasi terlebih dahulu.

4. KwH Over Limit

KwH Over Limit

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa pengisian token listrik setiap bulannya punya batas tertentu. Jadi ketika KwH yang kalian masukan telah melebih batas bulanan, maka token listrik akan gagal di masukan.

5. Kesalahan Pencatatan Token Listrik

Kesalahan Pencatatan Token Listrik

Seperti kami sebutkan diatas, ketika kalian melakukan pengisian token dengan memasukan kode token yang salah. Maka selain tidak akan bisa diisi, resiko paling buruk adalah meter prabayar akan terblokir.

6. Meter Prabayar Bermasalah

Meter Prabayar Bermasalah

Kesahanan yang terjadi pada meter prabayar juga menjadi penyebab pulsa listrik tidak bisa diisi. Dan biasanya ketika ada masalah pada meter listrik, akan muncul tulisan atau kode pada layar meter.

Beberapa masalah yang sering muncul pada layar seperti Blocked, Gambar telapak tangan, munculnya tulisan Periksa atau Cancel. Bahkan yang paling fatal meter prabayar mati.

Cara Mengatasi Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Cara Mengatasi Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Dari beberapa penyebab diatas, tentunya menjadi salah satu hal yang perlu untuk kalian waspadai ketika listrik PLN dirumah menggunakan sistem prabayar. Dimana pada sistem parabayar ini mengharuskan kalian untuk membeli token listrik dan MENGISI TOKEN LISTRIK.

Dan ketika kalian memasukan kode yang salah, otomatis tidak akan bisa diisi meter prabayar tersebut. Nah jika kesalahan input memang menjadi masalahnya, maka berikut solusi tepat cara mengatasi masalah tersebut.

  • Dekati meter listrik yang ada di rumah kalian.
  • Lalu masukan/tekan angka “00 kemudian enter” untuk me-restart meter apabila terjadi kesalahan pada penginputan kode token.
  • Jika sudah menyala kembali, silahkan input ulang nomor token PLN pada meteran listrik  dengan benar lalu tekan enter.
  • Jika benar otomatis layar akan menampilkan tulisan benar yang di ikuti nominal KWH.

Silahakn ikuti cara diatas untuk mengatasi masalah pulsa listrik yang tidak bisa diisi karena kesalahan penginputan kode token. Namun jika dirasa hal tersebut bukan menjadi masalah utamanya, maka kami sarankan untuk segera menghubungi call center PLN.

Call Center PLN

Seperti itu kiranya penjelasan tentang masalah yang terjadi ketika pulsa listrik tidak bisa diisi. Silahkan pahami dan ikuti langkah-langkah cara mengatasinya diatas untuk bisa memperbaikinya. Dan semoga referensi diatas bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Advertisements