4 Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati – Kali ini kami akan memberitahukan cara mengatasi listrik token yang tiba-tiba mati. Umumnya listrik token mati karena ada beberapa faktor selain dari pihak PLN sendiri. Ada faktor lain yang menyebabkan listrik token mati. Buat kaum awam yang belum paham soal listrik token, memang cukup membingungkan. Oleh karena itu disini kami akan memberitahukan cara menghidupkan dan mengatasi listrik token yang mati.

Untuk menghidupkan listrik token yang mati yang pertama adalah jangan panik dan jangan ambil langkah yang membahayakan. Sangat penting untuk tahu terlebih dahulu cara aman untuk mengecek listrik token yang mati. Cara kerja listrik token memang lebih mudah dipahami asalkan sudah terisi pulsa maka listrik token akan menyala terus. Tapi kalau pulsa listrik habis maka meteren listrik akan mati.

Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Sebelum mengetahui cara menghidupkan listrik token yang mati, alangkah baiknya untuk anda tahu penyebabnya terlebih dahulu. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian meteran listrik token. Untuk cara mengecek meteran listrik token bermasalah dan mati, sebagai berikut.

Cara Mengecek Meteran Listrik Token Rusak dan Mati

Cara Mengecek Meteran Listrik Token Rusak dan Mati

Cara Mengecek Meteran Listrik Token Rusak dan Mati

1. MCB Kwh Rusak

Biasanya meteran listrik token yang mati, dikarenakan MCB Kwhnya sudah rusak. MCB ini memang tidak bertahan lama, ia memiliki usia pemakaian. Oleh karena itu baiknya anda mengganti MCB. Akan tetapi anda tidak bisa menggantinya secara sembarangan. Anda harus menghubungi petugas PLN resmi terlebih dahulu untuk meminta penggantian MCB Kwh yang baru.

2. Cek MCB Kwh Meter

Kalau posisi KWH meter sedang menyala akan tetap kondisi MCB sedang mati. Cobalah anda untuk menyalakan kembali MCB. Kalau saat menyalakan MCB kembali mati, maka ada kemungkinan beban listrik rumah anda sudah terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, anda harus mengurangi pemakaian listrik di rumah anda.

3. Lihat Layar Kwh Meter

Untuk mengecek meteran listrik token rusak atau mati, bisa dengan melihat layar dan lampu indikator pada Kwh meter token. Jika sedang mati listrik dari PLN maka semua lampu indikator dan layar Kwh meter akan mati. Akan tetapi jika hanya indicator menyala dan layar mati, ada kemungkinan kelebihan beban ataupun terkena petir. Untuk mengatasinya anda harus sesegera mungkin telpon ke PLN terdekat.

4. Lihat Listrik Tetangga

Untuk mengecek meteran listrik token rusak atau mati. Anda bisa coba cek terlebih dahulu meteran listrik tetangga apakah nyala ataukah mati. Jika mati, maka sudah bisa dipastikan PLN sedang melakukan pemadaman. Kalau nyala, maka meteran listrik token anda mengalami kerusakan.

Cara Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

1. Diamkan Meteran Beberapa Detik

Jika listrik rumah tiba-tiba mati, dan dikarenakan posisi sakelar MCB berada di posisi OFF. Maka coba diamkan terlebih dahulu meteran beberapa detik. Setelah itu pindahkan posisi MCB ke posisi ON.

2. MCB Kembali OFF

Kalau sudah memindahkan posisi MCB ke posisi ON tapi kembali lagi ke posisi OFF. Maka anda harus melepaskan seluruh beban listrik rumah alias mematikannya dulu. Setelah itu baru pindahkan MCB ke posisi ON. Untuk mengetahui meteran listrik token kelebihan beban, anda bisa tahu dengan kode token listrik rahasia.

3. Pulsa Listrik Habis

Jika pulsa listrik habis, maka anda harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu. Lalu masukkan kode token listrik pada meteran token rumah anda. Agar tidak gagal dalam mengisi token listrik maka anda bisa baca cara memasukan token listrik biar tidak gagal.

4. Panggil Teknisi PLN Resmi

Jika anda sudah melakukan cara menghidupkan listrik token yang mati diatas. Namun tetap belum menyala juga. Saran kami anda hubungi pihak teknisi PLN resmi. Hal ini untuk menjaga-jaga agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan jiwa anda.

Baca Juga :

Itulah beberapa cara menghidupkan listrik token yang mati. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu anda untuk menyalakan listrik token yang tiba-tiba mati.

Tags: