5 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar – Listrik memang sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib digunakan untuk aktivitas sehari hari. Dengan listrik berbagai perangkat elektronik seperti lampu, pompa air, kulkas, AC, televisi, smartphone, laptop, komputer dan lain nya bisa hidup. Tentunya untuk pelanggan pasca bayar penting melakukan pembayaran tagihan listrik sesuai tanggal tiap bulan nya.

Berbeda dengan pelanggan prabayar yang bisa bebas mengisi listrik kapan saja berkat sistem token. Melakukan pembayaran listrik sebelum batas akhir dapat menghindarkan pelanggan dari resiko pencabutan daya. Terlebih untuk pelanggan pasca bayar dimana harus membayar setiap bulan atau dalam kurun waktu tertentu. Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar dapat ditempuh apabila anda lupa.

Memang nomor ID pelanggan PLN sangat penting karena digunakan untuk cek tagihan dan juga membayar nya. Melalui ID pelanggan PLN anda bisa cek tagihan PLN secara online. Kita juga bisa melakukan cek tagihan listrik melalui aplikasi yang banyak tersebar di Google Playstore. Tentunya cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Berbeda hal nya dengan pelanggan prabayar yang bisa mengisi listrik melalui kode token, untuk pelanggan pasca bayar mengandalkan ID pelanggan PLN sebagai media nya. Tentunya jika lupa ID PLN kadang banyak orang merasa bingung serta tidak tenang. Nah sebagai solusinya kami sudah menyiapkan beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar berikut ini.

1.Lewat Meteran PLN

Lewat Meteran PLN

Lewat Meteran PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar yang pertama adalah melalui meteran listrik. Silahkan anda lihat pada bagian barcode dimana tertempel pada meteran. Disitu anda kan menjumpai ID PLN terdiri dari 11 sampai 12 angka. Silahkan foto atau catat nomor tersebut dan gunakan untuk melakukan pembayaran listrik. Pasti setiap meteran memilikinya terlepas dari merk berbeda, cukup amati saja barcode stickernya.

2.Melalui Struk PLN

Melalui Struk PLN

Melalui Struk PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar selanjutnya menggunakan struk pembayaran PLN apabila anda menyimpan nya. Tentunya setiap bulan anda akan mendapatkan tanda bukti atau struk pembayaran tagihan PLN. ID pelanggan tertera dengan jelas pada tanda bukti pembayaran, jadi sekedar tips jangan buang struk karena bisa berfungsi sebagai pengingat nomor ID anda.

3.Via Struk Pembayaran E-Commerce

Via Struk Pembayaran E-Commerce

Via Struk Pembayaran E-Commerce

Jika anda melakukan pembayaran listrik secara online melalui situs E-Commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya dapat menyimak struk pembayaran transaksi. Anda bisa membuka email yang berisi bukti pembayaran tagihan listrik terakhir. Disitu tertera dengan jelas ID PLN milik anda kemudian catat atau simpan siapa tau bisa digunakan sewaktu waktu.

4.Melalui Kartu PLN

Lewat Kartu PLN

Lewat Kartu PLN

Nah cara berikutnya adalah dengan melihat ID pada kartu PLN. Pada awal pendaftaran listrik baik pasca bayar maupun prabayar anda akan diberikan kartu PLN yang berisi ID atau nomor token listrik. Jika masih ada kartunya silahkan amati pada bagian nomor meter, itulah ID milik anda. Agar tidak lupa kartu bisa difoto maupun fotocopy sebagai pengingat jika dibutuhkan.

5.Hubungi Layanan PLN

Hubungi Layanan PLN

Hubungi Layanan PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar terakhir adalah dengan menghubungi Call Center PLN. Anda bisa menghubungi melalui Whatsapp, telepon, Twitter, Facebook dan Email. Silahkan langsung tanyakan ID pelanggan anda kepada customer service serta berikan beberapa data pribadi apabila diperlukan.

Whatsapp : 123
Telepon : (kode area) 123
Twitter : @pln_123
Facebook : PLN 123
Email : pln123@pln.co.id

Memang cara mengetahui ID PLN membutuhkan dokumentasi fisik baik dari bukti pembayaran, kartu maupun barcode sticker. Oleh karena itu jika anda masih menggunakan listrik pasca bayar selalu simpan ID dengan baik baik agar jika lupa masih bisa membayar tagihan listrik. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk yang sedang ingin tau ID PLN.

Tags: ,