14 Syarat dan Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 2020

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis – Ditengah pandemi virus Corona atau COVID-19, pemerintah Indonesia kabarnya akan memberikan keringanan tarif listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama 3 bulan. Kebijakan ini diumumkan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada akhir Maret lalu.

Perlu kalian ketahui juga bahwa keringanan tarif listrik ini akan diberikan berturut-turut selama 3 bulan, yakni pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 3,5 Triliun untuk pemberian keringan ini. Tarif gratis selama 3 bulan ini diberikan kepada 24 juta pelanggan PLN pengguna daya 450 VA.

Nah berbicara mengenai hal ini, kami akan membahas mengenai syarat dan cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah. Selain memberikan tarif gratis untuk pelanggan listrik 450n VA, pemerintah juga memberikan diskon 50% bagi mereka yang menggunakan listrik 900 VA bersubsidi selama 3 bulan juga.

Kemudian layanan gratis tarif listrik selama 3 bulan ini juga berlaku oleh pelanggan 450 VA baik prabayar dan juga pascabayar. Untuk mendapatkan listrik gratis 3 bulan ini ada 2 cara yang dapat dilakukan baik untuk pelanggan 450 VA dan token diskon 50% bagi pelanggan 900 VA bersubsidi. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Syarat dan Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara mendapatkan token listrik gratis, kalian dapat terlebih dahulu mengetahui mengenai syarat untuk mendapatkan token listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA bersubsidi berikut ini:

Syarat Mendapatkan Token Listrik Gratis

Golongan Tertentu

Listrik gratis yang diberikan pemerintah hanya untuk golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 Volt Ampere (VA). Data PT PLN (Persero) mencatat ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

Subsidi 50 Persen

Selain daya listrik 450 VA, untuk daya 900 VA diberikan subsidi diskon sebesar 50 persen. PT PLN mencatat, pelanggan dengan daya 900 VA ada sekitar 7 juta.

Berlaku Selama 3 Bulan

Fasilitas listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan subsidi 50 persen untuk daya 900 VA berlaku selama tiga bulan. Mulai dari April, Mei dan Juni 2020.

Mekanisme Pemberian Tarif Listrik Gratis & Diskon Selama 3 Bulan

Untuk mekanisme pemberian tarif listrik gratis, bagi pelanggan 450 VA reguler mereka dapat memperoleh keringanan biaya gratis selama 3 bulan berturut-turut. Lalu untuk pelanggan 450 VA Prabayar, mereka akan diberikan token gratis disetiap bulan. Token gratis tersebut akan diberikan sebesar pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Kemudian untuk pelanggan 900 VA reguler, mereka akan diberikan diskon 50% dari biaya pemakaian dan biaya beban. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA Prabayar, pemerintah akan memberikan token listrik gratis sebesar 50% dari pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

PT PLN telah mengungumkan cara mendapatkan token listrik gratis dan keringanan biaya listrik bagi pelanggan 900 VA bersubsidi. Keterangan resmi PLN menyebutkan bahwa pelanggan 450 VA pasca bayar akan otomatis langsung mendapatkan pembebasa biaya tagihan listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Pelanggan 450 VA Prabayar

  • Kirim nomor ID Pelanggan ke nomor WhatsApp 08122-123-123 melalui website PLN di www.pln.co.id.

Terdapat 2 jenis cara untuk mendapatkan token listrik gratis (untuk pelanggan 450 VA) dan token diskon 50% (untuk pelanggan 900 VA bersubsidi).

Cara Mendapatan Token Listrik Gratis dan Diskon 50% Melalui situs PLN

  1. Buka situs www.pln.co.id.
  2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
  4. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  5. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara Mendapatan Token Listrik Gratis dan Diskon 50% Melalui Chat WhatsApp

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123.
  3. Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  4. Token gratis akan muncul.
  5. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah lengkap juga dengan mekanismenya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Tags: , , ,