√ BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi : Penyebab dan Cara Mengatasi

Advertisements

BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi – Layanan mobile banking telah menjadi fasilitas perbankan yang cukup memudahkan para nasabah. Tidak heran jika trend mobile banking di tahun ini semakin meningkat.

Apalagi hampir semua pembayaran yang ada untuk sekarang telah mendukung metode mobile banking. Nah bicara mengenai fasilitas mobile banking, kini hampir semua bank sepertinya telah memilikinya, termasuk BRI atau Bank Rakyat Indonesia.

Bahkan BRI memberi opsi kepada para nasabah untuk menggunakan fasilitas ini dengan aplikasi BRIMO ataupun BRI Mobile. Keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang sama, hanya saja tampilan user interface yang ditawarkan lebih menarik BRIMO.

Advertisements

Namun seperti kita ketahui untuk bisa menikmati semua itu, setiap nasabah diharuskan untuk melakukan registrasi dan aktivasi layanan BRI Mobile. Jika tidak maka tidak akan bisa digunakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Penyebab dan Cara Mengatasi BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Hanya saja dari beberapa laporan yang ada, diketahui banyak para penguna BRI Mobile tidak bisa aktivasi. Jika kalian merupakan pengguna baru dan mungkin sedang mengalami hal tersebut. Berikut prosesbayar.com sampaikan beberapa penyebab dan tips cara mengatasi gagal aktivasi BRI mobile.

Penyebab Tidak Bisa Aktivasi BRI Mobile

Penyebab Gagal Aktivasi BRI Mobile

Dari pengalaman menggunakan fasilitas BRI Mobile, mimin memang belum pernah mengalami hal seperti ini. Namun dari beberapa info yang mimin dapat, setidaknya ada beberapa masalah yang menjadi penyebab BRI mobile tidak bisa aktivasi.

Beberapa penyebab masalah tersebut antara lain adalah:

  • Adanya pengaturan khusus di perangkat (HP/Tablet) yang belum disetting.
  • Kartu SIM tidak terbaca atau tidak terdeteksi di perangkat yang digunakan.
  • Terjadi masalah pada server BRI Mobile.
  • Adanya masalah di kartu SIM karena belum di aktivasi.
  • Pulsa untuk mengirim SMS aktivasi tidak mencukupi.

Cara Mengatasi BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Cara Mengatsai BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Setelah mengetahui beberapa faktor yang mungkin saja menjadi penyebab tidak bisanya aktivasi layanan BRI mobile seperti kami sebutkan diatas. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?.

Jika melihat indikasi penyebab BRI mobile tidak bisa aktivasi diatas, maka berikut ini tips yang dapat kalian pakai untuk mengatasi gagal aktivasi BRI mobile tersebut.

1. Sudah Mengaktifkan Fitur SMS Premium

Salah satu penyebab yang membuat kalian tidak bisa melakukan aktivasi layanan BRI mobile yaitu terkait pengaturan SMS Premium aplikasi di perangkat kalian. Sebab dari beberapa info yang ada, tidak semua tipe HP khususnya tipe android bisa melakukan pengaturan otomatis.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus kalian pastikan ketika tidak bisa aktivasi BRI mobile adalah mengatur ulang fitur SMS premium di perangkat. Bagi kalian para pengguna HP android, berikut cara pengaturan SMS premium.

  • Buka aplikasi pengaturan pada perangkat.
  • Lalu cari dan pilih menu Aplikasi/Apps/Apli pada perangkat yang dipakai.
  • Sampai pada halaman aplikasi di menu pengaturan, cari dan pilih BRI Mobile.
  • Jika sudah terbuka, pilih bagian perizinan selanjutnya pilih  perizinan untuk Kirim SMS Premium.
  • Silahkan aktifkan dan ketika muncul daftar pilihan mode pengaktifkan, pilih Selalu Izinkan.

2. Memastikan Kartu SIM Terbaca di SIM 1

Hampir sama seperti kasus BTN MOBILE TIDAK BISA LOGIN. Salah satu indikasi penyebab BRI mobile tidak bisa aktivasi juga dikarenakan kartu SIM terdaftar tidak terpasang pada slot SIM 1 atau tidak terdeteksi meski sudah di letakan pada slot SIM 1.

Jika menggunakan perangkat dengan dual sim, maka pastikan kalian letakan di slot SIM 1. Atau jika sudah terpasang namun tidak terdeteksi, prosesbayar sarankan untuk melepas kartu terlebih dahulu dan memasangnya kembali.

3. Terdapat Pulsa Untuk Mengirim SMS Aktivasi

Seperti kita ketahui bersama, untuk bisa melakukan aktivasi layanan BRI mobil. Kita harus mengirimkan sebuah pesan singkat atau SMS berisikan format khusus untuk aktivasi yang terbuat secara otomatis oleh sistem.

Pada saat proses pengiriman SMS tersebut, kalian harus pastikan bahwa pulsa yang ada sudah mencukupi. Jika tidak tercukupi sudah pasti aktivasi akan gagal di lakukan. Jadi sebelum melakukan aktivasi silahkan cek lebih dulu sisa pulsa di dalam kartu SIM kalian.

4. Koneksi Jaringan Harus Stabil

Kemudian untuk mengatasi masalah BRI mobile tidak bisa aktivasi yang berikutnya adalah memastikan koneksi jaringan internet yang dipakai memiliki kualitas baik dan tentu saja stabil. Pasalnya bukan hanya mengandalkan sinyal provider.

Untuk melakukan aktivasi BRI mobile kita juga membutuhkan koneksi internet agar bisa membuka aplikasi tersebut. Apabila sudah dipastikan stabil namun proses tetap bisa berhasil. Maka seperti di jelaskan diatas, kegagalam aktivasi bisa juga di karenakan oleh server BRI mobile yang sedang gangguan.

Call Center BRI

Call Center BRI Mobile

Jadi ada baiknya jika sudah mengikuti semua langkah-langkah diatas namun tetap tidak bisa berhasil. Prosesbayar.com sarankan untuk segera menghubungi pihak call center BRI untuk meminta bantuan. Nah dibwah ini beberapa layanan call center BRI yang bisa kalian gunakan.

Seperti itu kiranya tips cara mengatasi BRI mobile gagal atau tidak bisa aktivasi lengkap dengan indikasi penyebab yang mungkin saja menjadi faktor utamanya. Silahkan pelajari, pahami dan praktekan beberapa panduan diatas. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Advertisements