Tujuan Asuransi, Fungsi dan Pengertian Terlengkap

Tujuan Asuransi pada umumnya untuk memberikan jaminan kepada anda selaku nasabah agar dilindungi terhadap resiko yang kemungkinan akan dialami. Sehingga Asuransi sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Agar nantinya sudah ada yang bisa membantu anda ketika mengalami beberapa resiko hidup yang bisa jadi menimpa anda.

Asuransi memang memiliki banyak sekali definisi dan juga istilah. Buat yang belum mengetahui tentang asuransi. Dari apa itu asuransi, fungsi asuransi dan juga tujuan asuransi. Maka informasi yang akan kami berikan ini sangatlah cocok untuk anda baca. Untuk lebih jelasnya mengenai tujuan asuransi, fungsi dan juga pengertiannya bisa anda simak dibawah ini.

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Asuransi

Apa itu Asuransi ?

Apa itu Asuransi

Asuransi adalah sebuah perjanjian yang dilakukan antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Biasanya dalam perjanjian yang dilakukan oleh nasabah dengan perusahaan asuransi berisi bahwa pihak perusahaan akan menanggung sejumlah uang kerugian yang diakibatkan oleh suatu hal yang terjadi oleh nasabah. Biasanya hal ini juga disebut sebagai premi.

Pada umumnya premi yang dibayarkan oleh perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kerugian yang didapatkan oleh nasabah akibat suatu kejadian. Jumlah premi yang akan didapatkan oleh nasabah juga tergantung dari setoran pembayaran masing-masing nasabah.

Jenis Jenis Asuransi

Jenis Jenis Asuransi

Asuransi memiliki beberapa jenis diantaranya asuransi kehilangan, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan dan juga asuransi jiwa.

Fungsi Asuransi

Fungsi Asuransi

Fungsi asuransi dibagi menjadi 2 fungsi utama dan fungsi tambahan. Pada fungsi utama terdapat fungsi pengalihan resiko, penghimpun dana dan premi seimbang. Sedangkan untuk fungsi tambahan ada export terselubung, stimulus ekonomi, sarana investasi dan sarana pencegah.(Baca: Pinjaman Dana Pendidikan Online)

1. Pengalihan Resiko

Fungsi asuransi pertama adalah pengalihan resiko yang sekaligus sebagai sarana untuk pengalihan kemungkinan resiko atau kerugian yang akan di dapatkan oleh nasabah. Resiko tersebut diantaranya resiko peristiwa yang tidak terduga.

2. Penghimpun Dana

Asuransi juga memiliki fungsi untuk menghimpun dana dari para masyarakat yang memiliki polis asuransi. Karena mereka setiap bukan akan membayar premi. Dimana nantinya premi tersebut akan dikelola oleh pihak asuransi.

3. Premi Seimbang

Asuransi menjadi premi seimbang untuk mengatur pembayaran premi yang dilakukan oleh masing-masing para nasabah. Dimana nantinya pembayaran premi tersebut bisa seimbang dan juga wajar dibandingkan dengan resiko yang nantinya dialihkan oleh penanggung.

4. Export Terselubung

Fungsi tambahan asuransi ini sebagai penjualan yang terselubung atau barang barang yang tidak nyata keluar negri.

5. Stimulus Ekonomi

Asuransi juga memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi usaha dan mencegah dari kerugian.

6. Sarana Tabungan atau Investasi

Asuransi juga bisa difungsikan untuk investasi jangka panjang. Karena nantinya premi yang dibayarkan akan dikembalikan oleh pihak Asuransi dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

7. Sarana Pencegah

Asuransi juga difungsikan untuk mengendalikan dan juga mencegah kerugian yang didapatkan dari suatu kejadian yang tidak terduga yang dialami oleh nasabahnya.

Tujuan Asuransi

Tujuan Asuransi

1. Untuk memberikan sebuah jaminan perlindungan kepada nasabah terhadap resiko kerugian.

2. Untuk meningkatkan efisiensi

3. Untuk pemerataan biaya

4. Menjadi dasar untuk pihak bank memberikan kredit. Karena pada umumnya bank akan memerlukan sebuah jaminan perlindungan terhadap agunan yang diberikan oleh para peminjam uang di bank tersebut.

5. Untuk menjadi tabungan masa depan. Karena secara umumnya asuransi akan memberikan jumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah lebih besar.

6. Bisa menutup Loss of Earning nasabah ketika ia tidak bisa bekerja.

Tugas Asuransi

Tugas Asuransi

Asuransi memiliki tugas untuk menjamin suatu estate dari para ahli waris agar dapat memperoleh penghasilan jika nantinya kepala keluarga sudah tidak bisa mencari uang atau meninggal dunia.

Demikian informasi mengenai tujuan asuransi lengkap dengan fungsi, pengertian, jenis dan juga tugas asuransi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi soal asuransi. Serta memberikan gambaran jenis asuransi mana yang kiranya wajib untuk anda ikuti.