Pengertian Premi Asuransi Dengan Fungsi Dan Jenis Komponennya

Pengertian Premi Asuransi – Asuransi merupakan salah satu aspek yang tidak lepas dari bidang keuangan. Asuransi memberikan jaminan kepada nasabah baik untuk mengganti kerugian, penyakit, pendidikan, tabungan di hari tua bahkan hingga resiko kematian. Premi merupakan hal yang pokok dalam sebuah asuransi karena dijadikan sebagai kompensasi untuk mendapatkan jasa atau timbal balik dalam bentuk uang tunai.

Premi memiliki peranan yang penting dalam asuransi karena nasabah akan mengumpulkan dana dalam jangka waktu tertentu. Semakin lama asuransi berjalan maka secara otomatis nasabah akan membayar dana premi asuransi lebih banyak. Premi ini mampu menghasilkan keuntungan jika berada pada ranah investasi karena sebuah perusahaan asuransi akan memutarkan modal yang anda berikan.

Premi asuransi dapat mengembalikan kerugian individu maupun perusahaan dari kejadian buruk yang menimpa. Tiap nasabah tentunya memiliki tanggungan premi yang berbeda beda sesuai dengan program asuransi dalam jangka waktu tertentu. Mengumpulkan premi sedikit demi sedikit akan sangat berguna pada masa tertentu ketika kontrak habis anda akan mendapatkan benefit nya.

Pengertian Premi Asuransi Dengan Fungsi Dan Jenis Komponennya

Pengertian Premi Asuransi

Pengertian Premi Asuransi

Tinggi maupun rendahnya premi asuransi menjadi pertimbangan utama yang harus diambil pihak tertanggung. Sebelum anda mengambil asuransi anda harus mengetahui hal hal yang berkaitan dengan premi asuransi. Oleh karena itu kami sudah menyiapkan informasi seputar pengertian Premi Asuransi dengan fungsi dan jenis komponennya berikut ini.

Pengertian Premi Asuransi

Pengertian Premi asuransi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan kepada Perusahaan Asuransi oleh nasabah untuk polis asuransi mereka. Nominal premi yang dibayarkan kepada Perusahaan Asuransi tergantung pada keadaan nasabah. Hal yang mempengaruhi keadaan nasabah diantaranya tipe proteksi, klaim, wilayah tempat tinggal dan juga perilaku nasabah itu sendiri.

Besarnya Premi Asuransi untuk tiap nasabah tentunya berbeda menyesuaikan juga dengan peraturan dari pihak Perusahaan Asuransi nya. Nominal premi akan bertambah apabila terjadi klaim jika terjadi klaim pada periode asuransi sebelumnya.

Fungsi Premi Asuransi

Fungsi utama dari premi asuransi adalah mengembalikan kondisi nasabah yang mengalami kerugian seperti kondisi semula. Pada saat nasabah membayar premi maka nominal uang yang disetorkan mewakili perlindungan terhadap hal yang diasuransikan. Premi dari semua nasabah memiliki resiko yang sama sehingga hasilnya lebih besar dan dijadikan sebagai pengganti kerugian nasabah dengan cara klaim asuransi.

Komponen Premi Asuransi

1. Mortality

Komponen yang pertama menitik beratkan pada usia, dimana usia tua lebih beresiko meninggal dunia jika dibandingkan dengan yang mudah. Konsep usia digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan besaran premi asuransi meliputi aspek kesehatan, pekerjaan maupun faktor lain yang mempengaruhi kematian dini. Demi mempermudah penentuan premi biasanya perusahaan memakai tabel Mortality yang dibuat aktuaris.

2. Expense

Berikutnya merupakan komponen biaya, nasabah yang membeli premi akan dipengaruhi oleh biaya yang dikeluarkan perusahaan mencakup komisi agen asuransi, biaya cetak dokumen dan lain sebagainya. Biasa nya biaya ini jumlahnya tidak begitu disadari nasabah karena sudah dibagi rata dengan semua nasabah di sebuah perusahaan asuransi sehingga nominalnya pun tergolong sedikit.

3. Investation

Sebagian premi yang dibayarkan kepada Perusahan ada nilai investasinya dengan prosentase berbeda mengikuti kebijakan perusahaan. Mengingat perusahaan asuransi juga termasuk kedalam entitas bisnis, maka sebagian premi nasabah akan digunakan untuk kepentingan investasi. Keuntungan yang didapatkan dari investasi akan diberikan kepada nasabah dalam bentuk bonus nominal uang.

4. Contingency

Premi Asuransi yang dibayarkan sudah memiliki komponen Contingency yang mampu menangani biaya tidak terduga diluar perkiraan. Jika keadaan ekonomi negara memburuk maka akan berdampak pada perusahaan asuransi dan diperlukan ada nya dana cadangan yang masuk kedalam hitungan premi. Memang nominal biaya Contingency tidak terlalu besar, namun cukup berguna jika terjadi hal yang tidak diperkirakan.

Pengertian Premi Asuransi Dasar

Premi Asuransi Dasar merupakan premi yang dibebankan kepada nasabah saat pengeluaran polis asuransi. Besarnya nominal premi dasar dicantumkan dalam polis dan secara umum tidak berubah selama data tidak mengalami perubahan. Premi dasar sangat dipengaruhi oleh data tertanggung ketika menutup asuransi dan juga luasnya resiko yang dijamin. Logikanya semakin luas resiko yang di cover perusahaan maka jumlah premi yang harus dibayarkan juga semakin besar.

Pengertian Premi Tambahan

Premi tambahan merupakan program asuransi yang ditambahkan sehingga dikenakan biaya premi sehingga berdampak pada perubahan data maupun keterangan pada polis. Resiko kecelakaan dijamin dengan penambahan premi dan demikian pula asuransi jiwa. Beberapa contoh premi tambahan dapat digunakan untuk asuransi jiwa, jaminan sosial, resiko hari tua, kematian dan masih banyak lain nya.

Pengertian Penangguh

Penangguh sesuai dengan asuransi jiwa adalah orang yang bisa memberikan jasa dalam penanggulangan resiko yang dihubungkan dengan resiko kematian yang sudah terdaftar pada perusahaan asuransi jiwa swasta atau milik negara.

Pengertian Tertangguh

Tertangguh sesuai dengan asuransi jiwa adalah seseorang yang memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi swasta maupun milik negara

Demikianlah pengertian premi asuransi beserta fungsi dan komponen nya. Asuransi memegang peranan penting dalam aspek kehidupan jadi anda wajib untuk mengetahuinya. Semoga informasi seputar pengertian premi asuransi diatas bisa menjadi pengetahuan sebagai pengguna jasa asuransi atau yang ingin menjadi nasabah asuransi.

Tags: , , ,