Saldo Minimal BRI 2020 : Semua Jenis ATM & Rekening

Saldo Minimal BRI – Indonesia punya cukup banyak lembaga perbankan yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai macam transaksi finansial. Salah satu diantara bank terbaik yang memiliki banyak nasabah adalah BRI.

Bicara mengenai bank BRI, kita semua tahu bahwa Bank Rakyat Indonesia ini memiliki begitu banyak upaya untuk memberikan kepuasan kepada setiap nasabahnya. Salah satu diantaranya adalah dengan memberikan begitu banyak jenis rekening tabungan beserta ATM yang digunakannya.

Dengan adanya cukup banyak pilihan rekening yang dapat masyrakat pilih, otomatis mereka bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi finansial mereka. Karena untuk setiap jenis tabungan atau rekening tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Termasuk halnya dalam batas atau limit saldo minimal BRI yang harus ada pada tiap-tiap jenis rekening tersebut. Bicara mengenai saldo minimal, bank BRI memberikan kebijakan bahwa saldo minimal BRI setelah transfer dan setelah penarikan sama yaitu sesuai dengan jenis ATM atau rekening.

Saldo Minimal BRI untuk Semua Jenis ATM & Rekening

Saldo Minimal BRI untuk Semua Jenis ATM Rekening

Seperti kami jelaskan diatas, besaran saldo minimal BRI akan berbeda-beda untuk setiap jenis kartu ATM dan juga rekening yang di pilih. Hal ini sama halnya dengan batas MAKSIMAL PENARIKAN ATM BRI mengingat setiap jenis rekening atau ATM tersebut memilki ketentuan masing-masing.

Fungsi Saldo Minimal BRI

Besaran minimal saldo yang harus mengendap di dalam rekening tabungan BRI atau saldo yang tidak dapat diambil memang dibuat bervariasi. Karena setiap jenis tabungan atau ATM BRI yang ada tidak akan sama baik syarat ataupun ketentuannya.

Meski sudah menajadi hal wajib bagi siapapun pemilik rekening BRI. Akan tetapi masih sedikit orang yang belup tahu atau belum paham apa sebenarnya fungsi dari saldo minimal BRI yang mengendep tersebut. Jika kalian adalah salah satu diantaranya, tidak usah khawatir.

Karena prosesbayar.com akan membagikan informasi seputar fungsi saldo tersebut. Merujuk pada beberapa situs resmi perbankan yang ada di Indonesia, pemberlakukan kewajiban adanya saldo mengendap di rekening perlu untuk dilakukan oleh setiap bank, termasuk bank BRI. Hal tersebut bertujuan untuk

  1. Mengantisipasi apabila nantinya nasabah tidak lagi memakai rekening yang mereka miliki. Dengan begitu Bank akan berhak menggunakan dana atau saldo endapan tersebut untuk biaya administrasi penutupan rekening.
  2. Selain itu saldo minimal juga digunakan sebagai bagian dari sistem keamanan yang dimiliki oleh setiap bank di Indonesia, termasuk juga bank BRI.

Apabila ternyata saat dilakukan penutupan rekening, saldo minimal yang mengendap ternyata tidak mencukupi. Maka pemilik rekening atau nasabah bersangkutan akan dikenakan denda. Besaran dendan dapat kalian lihat dibagian akhir artikel Saldo minimal BRI ini.

Daftar Saldo Minimal BRI

Bagaimana apakah sekarang sudah paham dengan fungsi dari saldo minimal yang mengendap di masing-masing rekening? Jika sudah dan kalian merupakan nasabah bank BRI, maka bagi kalian yang belum mengetahui berapa saldo minimal harus mengendap di rekening BRI, berikut kami jelaskan sesuai dengan tipe rekening atau ATM BRI yang ada.

1. BritAma

BritAma

Rekening BritAma merupakan salah satu jenis rekening BRI yang memiliki cukup banyak pengguna di Indonesia. Ada dua jenis pilihan pada rekening BritAma ini yaitu Classic dan Gold. Keudanya sama-sama memiliki batas saldo mimimum serupa. Namun setoran awalnya saja yang berbeda.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran Awal Rekening ATM ClassicRp 250.000
Setoran Awal Rekening ATM GoldRp 500.000

2. BritAma Bisnis

BritAma Bisnis

Sesuai dengan namanya, jenis rekening ini memiliki fasilitas yang terbilang lebih lengkap kareana dikhususkan untuk kebutuhan bisnis. Tidak heran apabila setoran awal yang butuhkan ketika membuat rekening tipe ini cukup besar.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 10.000.000

3. BritAma Valas

BritAma Valas

BRI juga memiliki rekening khusu untuk mata uang asing dengan nama BritAma Valas. Kelebihan rekening yang satu ini menawarkan banyak kemudahan transaksi dengan nilai tukar yang kompetitif baik utuk USD, SGD, AUD, JPY dan yang lainnya. Adapun besaran saldo minimal pada jenis rekening ini adalah.

Jenis TransaksiSaldo
USD10
SGD10
AUD10
EUR10
CNY100
AED35
HKD70
GBP10
JPY1.000
SAR75

4. BritAma TKI

BritAma TKI

Selain BritAma Valas, ada juga jenis rekening BritAma TKI, yang dimana sesuai dengan namanya, jenis rekening ini diperuntukan bagi calon Tenaga Kerja Indonesia. Namun tidak berbeda dengan jenis rekening BRI lainnya, ada juga batas minimal saldo yang harus mengendap yaitu.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 20.000
Setoran AwalRp 20.000

5. Simpedes

Simpedes

Selain tabungan BritAma, BRI juga memiliki rekening dengan jenis Simpedes dengan cukup banyak pengguna. Hal tersebut karena rekening ini merupakan rekening simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan saldo minimal BRI mengendap cukup kecil dengan setoran awal yang ringan.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 100.000

6. Simpedes TKI

Simpedes TKI

Hampir sama seperti BritAma TKI, Simpedes TKI juga ditujukan bagi para calon Tenga Kerja Indonesia yang ingin memiliki sebuah wadah untuk menabung. Akan tetapi pada rekening ini bisa dibilang jauh lebih menarik karena memiliki setoran awal yang lebih ringan dan minimal saldo mengendap yang lebih kecil.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 10.000
Setoran AwalRp 10.000

7. Tabungan BRI Haji

Tabungan BRI Haji

Sesuai dengan namanya, tabungan BRI Haji merupakan salah satu bentuk kepedulian BRI kepada masyarakat tanah air yang ingin menunaikan ibadah haji. Dengan tabungan ini kalian bisa menyisikan uang untuk berangkat haji ketika saldo sudah mencukupi. Adapun minimal saldo dari rekening ini bisa dibilang cukup kecil termasuk juga saldo awal setorannya.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 50.000

8. Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio

Bagi kalian orang tua yang ingin membuatkan tabungan khusus bagi anak-anak. Kalian tidak perlu lagi harus menyatukannya dengan tabungan pribadi kalian. Karena BRI memiliki layanan rekening BRI Junio yang ditujukan untuk keperluan menabung untuk masa depan anak-anak kalian. Kelebihan utama dari rekening BRI Junio adalah saldo minimal yang mengendap dan setoran awal yang lebih ringan.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 10.000

9. BRI Rekening TabunganKu

BRI Rekening TabunganKu

Jenis rekening yang satu ini ditujukan untuk menggerakan kepedulian masyarakat Indonesia agar lebih giat dalam menabung. Namun ketentuan dibuatnya rekening ini hanya untuk orang dewasa. Meski begitu rekening BRI ini memiliki batasan miminal saldo yang terbilang cukup menarik dan terbilang cukup ringan.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 20.000
Setoran AwalRp 20.000

10. BRI Simpel

BRI Simpel

Terakhir ada rekening BRI Simple. Tabungan ini merupakan salah satu jenis tabungan yang sudah difasilitasi oleh OJK lewat Bank BRI untuk tujuan menarik minat menabung bagi kalangan muda atau pelajar. Keuntungan membuka rekening ini adalah biaya setoran awal dan juga saldo minimal yang mengendap sangat ringan.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo minimal yang MengendapRp 5.000
Setoran AwalRp 5.000

Denda di Bawah Saldo Minimal

Denda di Bawah Saldo Minimal

Pastikan selalu memantau sisa saldo minimal BRI kalian sesuai dengan jenis ATM dan rekening yang kalian punya. Karena sebelum rekening benar-benar ditutup oleh pihak bank, kalian tidak bisa melakukan transaksi finansial baik lewat mesin ATM karena ATM BRI DISABLE ataupun layanan mobile banking BRI.

Adapun sesuai dengan rincian diatas, penutupan rekening karena tidak adanya aktifitas oleh nasabah akan dikenakan biaya yang dipotong dari saldo endapan tersebut. Apabila ternyata saldo tersebut tidak mencukupi maka kalian akan dikenakan denda.

Dimana besaran denda yang diberikan oleh bank BRI kepada nasabah yang bersangkutan akan disesuaikan dengan jenis rekening yang digunakan. Untuk lebih jelasnya berapa besaran denda yang harus di tanggung, kalian dapat melihat pada tabel berikut ini.

Jenis Rekening / ATMDenda
BritAmaTidak Ada / Gratis
BritAma BisnisRp 50.000
BritAma Valas
BritAma TKIRp 10.000
SimpedesRp 5.000
Simpedes TKIRp 5.000
Tabungan BRI HajiTidak Ada / Gratis
Tabungan BRI JunioRp 10.000
BRI Rekening TabunganKu
BRI Simpel

FAQ

1. Saldo ATM BRI 100 ribu apa bisa diambil?

Bisa, tetapi kalian hanya bisa melakukan pengambilan uang sebesar Rp 50.000 saja. Mengingat besaran minimal saldo BRI yang harus ada yaitu Rp 50.000. Pastikan juga kalian menggunakan mesin ATM pecahan Rp 50.000 ketika ingin mengambilnya.

2. Apakah bisa mengambil uang 50.000 di ATM BRI?

Jika saldo di dalam rekening kalian berada di atas batas minimal saldo BRI dengan minimal Rp 100.000, maka kalian bisa mengambil uang tersebut. Tetapi jika hanya tersisa Rp 50.000, maka kalian tidak akan pernah bisa mengambilnya.

3. Sisa uang di ATM BRI harus berapa?

Sesuai dengan penjelasan yang kami rangkum diatas, sisa uang di ATM BRI sangat bervariasi mulai dari  Rp 5.000 sampai dengan Rp 50.000 sesuai dengan jenis rekening BRI kalian.

4. Apakah saldo minimal bisa diambil?

Tidak, karena sesuai dengan kebijakan seluruh bank di Indonesia. Saldo minimal akan digunakan untuk keperluan biaya penutupan rekening apabila tidak ada aktifitas pada rekening tersebut dengan jangka waktu tertentu.

5. Apa itu saldo minimum ditahan?

Saldo minimum ditahan adalah, saldo yang harus ada didalam rekening tersebut untuk keperluan penutupan rekening yang dilakukan pihak bank apabila tidak ada aktifitas selama beberapa waktu dari pemiliknya.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat prosesbayar.com sampaikan seputar besar saldo minimal BRI, denda saldo dibawah minimal serta fungsi dari saldo minimal tersebut. Semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa paham apa yang dimaksud dan berapa besaran minimal saldo BRI.

Tags: , ,