Kartu ATM BRI Disable : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu ATM BRI Disable – Sudah menjadi layanan publik yang cukup bermanfaat sampai dengan saat ini. Keberadaan kartu ATM memang begitu membantu keperluan transaksi keuangan. Dengan kartu ATM kalian bisa dengan mudah melakukan pembayaran, transfer uang, atau bahkan penarikan uang langsung di mesin ATM.

Menjadi sarana untuk keperluan transaksi dan bersifat pribadi, tentu saja ada baiknya kalian harus selalu menjaga kerahasiaan data kartu ATM kalian. Baik itu nomor kartu dan juga PIN kartu ATM. Namun jika membahas masalah kartu ATM, sepertiya bukan hanya itu saja yang menjadi momok masalah.

Karena ada banyak hal yang bisa terjadi pada kartu ATM seperti patah, hilang atau bahkan kartu ATM disable. Dan bicara mengenai hal tersebut, apakah kalian sudah pernah mengalaminya ? mungkin tidak ada diantara kalian yang sudah mengalami hal tersebut, karena pada dasarnya kartu ATM disable pun memiliki banyak faktor penyebabnya.

Apa saja yang menjadi penyebabnya ? Nah sesuai dengan judul diatas,  di kesempatan kali ini prosesbayar akan meberikan penjelasan mengenai kartu ATM BRI disable serta beberapa informasi penting termasuk penyebab, ciri-ciri dan juga cara mengetasinya. Jadi silahkan simak pembahsannya sampai akhir.

Penyebab dan Cara Mengatasinya Kartu ATM BRI Disable

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

Bagi pemilik rekening BRI tentu saja hal ini akan menjadi sebuah kerugiuan yang cukup besar. Karena ketika layanan kartu ATM kalian disable, maka akan ada banyak hal yang tidak bisa kalian lakukan. Maka dari itu jaga kartu ATM BRI kalian agar tidak terkena masalah disable ini.

ATM BRI Disable

Mengalami kartu ATM yang di disable memang menbuat sebagian besar orang panik. Karena pada dasarnya kartu ATM sendiri merupakan media untuk mengelola keuangan baik untuk melakukan transfer, tarik tunai, setor tunai atau bahkan yang lainnya.

Tidak heran apabila banyak pengguna kartu ATM BRI yang mencari infomrasi mengenai cara mengatasi kartu ATM BRI Disable. Mengingat seperti yang kami sebutkan diatas, ketika kalian mengalami hal tersebut, hampir seluruh transaksi kartu ATM tidak akan bisa kalian lakukan.

Ciri-Ciri Kartu ATM BRI Disable

Banyak nasabah BRI yang mengangap bahwa kartu ATM yang terkena disable sama seperti kartu ATM yang terblokir. Namun perlu di garisbawahi, bahwa kedua masalah tersebut berbeda. Akan tetapi peru kalian ketahui juga, ciri – ciri ATM BRI disable memang hampir sama seperti kartu ATM BRI yang terblokir.

Lalu apa yang membedakan antara ATM yang terblokir dan ATM yang disable? Perbedaan paling mendasar dan paling mudah di pahami adalah informasi yang ditampilkan pada layar mesin ATM ketika kalian ingin melakukan transaksi. Biasanya jika kartu ATM disable akan muncul info seperti Kartu ATM tidak terdaftar atau kartu ATM Disable.

Apakah ATM BRI Disable Bisa Transfer ?

Jiak ternyata saat ini kalian mengalami hal tersebut, maka dari pengalaman yang mimin dapatkan. Bisa mimin katakan bahwa ketika kartu ATM BRI kalian disable maka kalian tidak bisa melakukan seluruh layanan transaksi perbankan dengan memanfaatkan kartu ATM tersebut.

Tetapi bagi kalian yang sudah mengaktifkan layanan SMS Banking BRI atau Mobile dan Internet Banking BRI. Maka kalian masih tetap bisa memanfaatkannya untuk seluruh transaksi yang ingin kalian lakukan seperti bayar BPJS lewat BRIMO atau yang lainnya.

Resiko Kartu ATM BRI Disable

Apabila kartu ATM sudah disable, seperti kami jelaskandiatas. Resiko terbesar ketika hal itu terjadi pada kalian maka seluruh jenis layanan seperti transfer, tarik tunai, cek saldo atau bahkan pembayaran dan setor tunai tidak bisa dilakukan. Dengan kata lain resiko terbesarnya adalah kartu tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? sudah tentu kalian harus mengaktifkan kembali kartu ATM BRI tersebut. Yang dimana dalam hal ini bisa disebut juga dengan istilah Enable kartu ATM BRI. Seperti apa caranya ? nanti kami akan jelaskan dibawah. Jadi simak terus artikel ini.

Penyebab ATM BRI Disable

Sebelum masuk ke pembahasan utama kita kali ini, yaitu cara mengatasi kartu ATM BRI Disable, perlu diketahui dulu bahwa ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kartu ATM tersebut disable. Dan beberapa faktor penyebabnya antara lain :

1. Kartu ATM Disable oleh Diri Sendiri

Kenapa kartu ATM bisa disable? karena pada dasarnya sebagai pemilik kartu ATM BRI, kita juga bisa melakukan disable sendiri untuk alasan tertentu. Adapun ketika kalian ingin melakukan disable kartu ATM BRI bisa dengan cara menghubungi call center BRI. Biasanya hal ini akan dilakukan ketika kalian mengalami :

  • Kartu ATM tertelan mesin ATM
  • Kartu ATM hilang
  • Kartu ATM di copet
  • Atau yang lainnya

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka kalian bisa melakukan disable kartu BRI sendiri dengan cara menghubungi call center BRI atau juga bisa dengan menggunakan fitur yang terdapat pada fasilitas internet banking BRI, BRI Mobile atau bahkan aplikasi BRIMO.

2. Kartu ATM Disable oleh Bank BRI

Selain penyebab diatas, kartu ATM BRI disable juga bisa terjadi dan dilakukan oleh pihak bank terkait yaitu BRI. Kenapa demikian ? karena hal tersebut dilakukan karena sistem bank BRI mendeteksi adanya sebuah transaksi yang mencuruigakan seperti skimming atau yang lainnya.

Hal tersebut juga bertujuan agar kartu ATM BRI nasabah tidak disalahgunakan apabila kartu ATM hilang atau yang lainnya. Bahkan hal ini juga bertujuan agar para nasabah segera melakukan penggantian kartu ATM BRI mereka dengan tipe dan model terbaru.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

Setelah mengetahui penyebabnya, bertikut ini ada beberapa metode atau cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi kartu ATM BRI disable. Apa saja itu ?

1. Enable Kartu ATM BRI via BRI Mobile

Enable Kartu ATM BRI via BRI Mobile

Cara mengatasi kartu ATM BRI yang di disable pertama yang bisa kalian laukan yaitu dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi BRI Mobile. Namun perlu di ingat cara ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang sudah mengaktifkan layanan BRI Mobile.

  1. Pertama download dan instal aplikasi BRI mobile ke HP kalian.
  2. Kemudian buka aplikasi BRI Mobile tersebut.
  3. Pada halam utama silahkan pilh menu Internet Banking.
  4. Setelah itu masukan username dan password internet banking BRI kalian.
  5. Sampai disini, silahkan pilh menu Pelayanan kemudian Enabel/Disable Kartu.
  6. Untuk mengatasi masalah kartu ATM BRI Disable, maka kalian pilih Enable.
  7. Masukan kembali passowrd Internet Banking BRI kalian.

2. Memanfaatkan Aplikasi BRIMO

Memanfaatkan Aplikasi BRIMO

Selain dengan memanfaatkan layanan Internet Banking BRI, kalian juga bisa mengatasi ATM BRI disable dengan memanfaatkan layanan aplikasi BRIMO yang merupakan layanan aplikasi perbankan terbaru dari BRI. Berikut adalah caranya.

  1. Download dan insatal Aplikasi BRIMO ke HP kalian.
  2. Kemudian login dengan menggunakan username dan password BRI Mobile kalian.
  3. Pada halaman utama, silahkan pilih menu Rekening.
  4. Setelah itu silahkan klik titik tiga dibagian samping kanan  nomor rekening.
  5. Silahkan pilih menu Nonaktifkan Kartu.
  6. Sampai disini, silahkan kalian geser atau pilih status menjadi Aktif.

3. Lewat Layanan Customer Service BRI

Lewat Layanan Customer Service BRI

Cara termudah dan paling simple untuk mengatasi kartu ATM BRI disable yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan layanan customer service BRI. Namun cara ini membutuhkan waktu yang lebih dibandingkan dua cara diatas. Karena kalian harus :

  • Datangi kantor BRI terdekat didaerah kalian.
  • Membawa kartu ATM BRI yang disable.
  • Membawa buku tabungan atau buku rekening BRI.
  • Serta membawa kartu identitas asli seperti KTP atau SIM.
  • Kemudian ambil nomor antrean dan tungug kalian di panggil.
  • Sampaikan keluhan dan maksud tujuan kalian datang ke kantor bank BRI yaitu ingin mengatasi kartu ATM BRI disable.

Cara ini cukup praktis namun cukup memakan waktu. Namun selain bisa mendapatkan layanan kartu ATM kembali, kalian juga bisa mendapatkan berbagai macam info lainnya terkait hal ini. Sehingga kalian tidak akan mengulangnya lagi.

4. Menggunakan Mobile Banking BRI

Menggunakan Mobile Banking BRI

Mobile Banking BRI bukan sekedar bisa menjadi sarana dan prasarana untuk kita melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer BRI ke BNI atau bank lain, cek saldo, cek mutasi dan lain sebagainnya. Namun dengan layanan mobile banking ini, kalian bisa melakukan aktivasi kartu ATM BRI yang disable. Caranya :

  1. Pertama download dan Instal apliaksi BRI Mobile ke HP kalian.
  2. Setelah itu buka dan pilih layanan Mobile Banking.
  3. Pilih menu Pelayanan Nasabah.
  4. Lalu pilih Enable Kartu ATM.

Seperti itu kiranya cara yang dapat kalian lakukan. Namun perlu di ingat, ketika kalian diminta untuk masukan password SMS banking BRI, silahkan masukan dengan benar sesuai dengan perintah yang ada.

5. Enable Kartu ATM BRI Lewat Website BRI

Enable Kartu ATM BRI Lewat Website BRI

Bagi kalian para pengguna layanan website BRI, maka untuk mengatasi kartu ATM disable juga bisa memanfaatkan layanan tersebut. Caranya pun cukup mudah, yaitu.

  1. Pertama buka situs IB BRI lewat browser PC atau HP kalian.
  2. Kemudian login dengan menggunakan User ID dan juga Password IB Banking.
  3. Masukan kode capcha yang muncul dengan benar.
  4. Setelah berhasil masuk pilih layanan Nasabah.
  5. Kemudian Disable / Enable Kartu.
  6. Lalu pilih Disable / Enable.
  7. Masukan password internet Banking BRI kalian dengan benar.
  8. Jika benar, maka kartu ATM pun akan kembali enable dan bisa kalian gunakan lagi.

6. Lewat Call Center BRI

Lewat Call Center BRI

Dan cara mengatasi kartu ATM BRI disable yang terakhir adalah dengan cara menghubungi Call Center BRI untuk meminta bantuan. Pada saat melakukan panggilan, pastikan kalian sudah menyiapkan data-data seperti nomor rekening, nama ibu kandung, dan juga menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas.

Seperti itulah kiranya panduan cara mengaktifkan kartu ATM BRI disable yang kali ini bisa prosesbayar.com sampaikan. Pastikan kalian memilih salah satu cara yang paling mudah untuk kalian lakukan agar fungsi utama dari kartu ATM BRI kalian bisa kembali digunakan.

Tags: , , ,