Saldo Minimal BNI 2020 : Semua Jenis ATM & Rekening

Saldo Minimal BNI – Merupakan salah satu bank BUMN terbaik yang ada di Indonesia, BNI atau Bank Negara Indonesia menjadi salah satu pioner pertumbuhan layanan perbankan di tanah air. Sederet layanan telah mereka terbitkan guna memberikan kepuasan kepada setiap nasabah yang menjadi bagian dari keluarga BNI.

Bukan saja hanya menawarkan prodak, program, dan juga layananan. Untuk memaksimalkan pelayanan publik yang mereka milik, peraturan demi peraturan pun dibuat agar nasabah bisa lebih tunduk dan patuh terhadap apa yang sudah menjadi hak dan kewajibannya sebagai seorang nasabah Bank BNI.

Nah bicara soal peraturan, hampir semua bank memiliki peraturan serupa terkait batas minimal saldo yang harus mengendap di rekening alias saldo yang tidak bisa diambil setelah melakukan transaksi seperti transfer ataupun tarik tunai. Dan peraturan penetapan batas saldo minimal tersebut pun berlaku untuk bank BNI.

Hampir sama seperti batas SALDO MINIMAL BRI, Bank Negara Indonesia atau BNI juga memiliki batasan saldo minimal BNI yang bervariasi antara Rp 5.000, Rp 20.000, Rp 50.000, hingga Rp 1 juta rupiah. Variasi batas saldo minimal tersebut di tentukan sesuai dengan jenis rekening dan juga ATM yang dipakai.

Saldo Minimal BNI Semua Jenis ATM & Rekening

Saldo Minimal BNI Semua Jenis Rekening ATM

Dengan adanya variasi saldo minimal BNI tersebut, tentu saja setiap calon nasabah dapat memilih jenis rekening yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun dari semua jenis rekening BNI, bisa dibilang BNI Taplus merupakan salah satu jenis rekening paling banyak digunakan dan dipilih masyarakat tanah air.

Apa Itu Saldo Minimal BNI?

Saldo minimal BNI merupakan sebuah saldo wajib yang harus diendapkan di dalam rekening setelah kalian selesai melakukan transaksi seperti transfer ataupun tarik tunai. Dan batas minimal endapakan saldo tersebut akan berbeda-beda untuk setiap bank yang ada di Indonesia. Selain itu juga akan berbeda untuk setiap jenis rekening yang dibuat.

Fungsi Saldo Minimal BNI

Adapun fungsi dari saldo minimal BNI sendiri adalah sebagai langkah antisipasi yang diberlakukan oleh Bank BNI untuk pemberlakuan biaya penutupan rekening apabila nasabah tidak lagi menggunakan rekening dengan jangka waktu tertentu. Bahkan jika dana tersebut kurang, maka setiap nasabah akan dikenakan denda karena saldo endapat di bawah batas minimal.

Daftar Saldo Minimal BNI

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan saldo minimal BNI seperti kami jelaskan diatas serta fungsi utama dari saldo minimal tersebut. Maka jika kalian ingin melakukan pembukaan rekening BNI untuk keperluan pribadi, anak, pelajar atau pun mahasiswa. Berikut adalah detail lengkap info saldo minimal BNI sesuai dengan jenis rekening dan ATM.

1. BNI Taplus

BNI Taplus

Seperti kami jelaskan diatas, BNI Taplus merupakan salah satu jenis rekening Bank BNI yang memiliki cukup banyak pengguna di Indonesia. Karena dalam hal transaksi finansial, rekening ini sangatlah mudah untuk digunakan. Bahkan setoran awal pembukaan rekening dan juga batas minimal saldo yang harus di endapkan pun sangat ringan.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 150.000
Setoran AwalJabodetabek : Rp 500.000
Non Jabodetabek : Rp 250.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 5.000

2. BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis

Apabila kalian merupakan pelaku usaha, tidak ada salahnya menjadikan rekening BNI Taplus Bisnis sebagai pilihannya. Dengan pembukaan rekening ini kalian akan mendapatkan cukup banyak fitur dan fasilitas yang mempermudah urusan bisnis. Akan tetapi sebelum membuatnya, berikut adalah rincian dana pembukaan dan saldo minimal BNI Tapls Bisnis yang harus kalian pahami.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal Rata-Rata Per BulanRp 1.000.000 (berlaku Agustus 2014)
Setoran AwalRp 1.000.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 5.000

3. BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda

Memiliki misi untuk membangun kepedualian terhadap tabungan sejak dini, BNI juga memiliki jenis rekening bernama BNI Taplus Muda. Jenis rekening ini diperuntukan bagi anak muda dari usi  17 tahun hingga 35 tahun dengan biaya setoran awal dan saldo minimal BNI Taplus Muda yang ringan seperti terlihat pada tabel dibawah ini.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp. 100.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp. 10.000

4. BNI Tapma (Tabungan Mahasiswa)

BNI Tapma

Tabungan BNI Tapma merupakan salah satu jenis tabungan Taplus Mahasiswa. Yang dimana rekening ini di khususkan untuk diberikan kepada para pahasiswa Universitas atau Perguruan Tinggi yang mengadakan kerjasama dengan BNI. Adapun setoran awal pembuatan rekening ini terbilang cukup tinggi, namun saldo minimal BNI Tapma relatif kecil.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 500.000

5. BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak

Hampir sama dengan rekening BNI Taplus Muda, sesuai dengan namanya rekening ini juga diperuntukan bagi anak-anak. Hanya saja batasan umur yang di perbolehkan memiliki rekening jenis ini yaitu 0 tahun sampai dengan 17 tahun. Adapun untuk saldo minimal BNI Taplus Anak dan juga setoran awal yang dibutuhkan terbilang cukup ringan seperti terlihat dibawah ini.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 100.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 10.000

6. BNI Taplus Anak Co-Brand (Pelajar)

BNI Taplus Anak Co Brand

Seperti kami jelaskan diatas, penetapan saldo minimal BNI disesuaikan dengan jenis rekening yang kita pilih. Jika kalian ingin membuka rekening BNI Taplus Anak Co-Brand yang diperuntukan bagi para siswa dari sekolah yang bekerjasama BNI, maka berikut adalah rincian detail batas minimum saldo endapan dan juga batas minimal pembukaan rekeningnya.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 50.000
Setoran AwalRp 100.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 10.000

7. BNI Pandai

BNI Pandai

Selanjutnya ada juga rekening tabungan BNI dengan nama BNI Pandai. Rekening ini dirilis atas kerjasaman BNI dengan OJK untuk meningkatkan aktivitas layanan keuangan masyrakat Indonesia serta untuk mewujudkan keuangan inklusif. Hal menarik dari rekening ini adalah tidak ada batas saldo mininal serta tidak ada batas setoran awal.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapTidak dibatasi
Setoran AwalTidak dibatasi
Minimum Setoran SelanjutnyaTidak dibatasi

8. BNI Dollar

BNI Dollar

Kalian bisa melakukan penyimpanan uang kalian ke mata uang asing seperti USD/SGD/AUD atau yang lainnya dengan nilai tukar rupiah yang lebih stabil dan juga aman. Namun perlu untuk diketahui, batas minimal pembukaan rekening dan juga batas saldo minimal BNI Dollar bisa dibilang cukup besar seperti dapat kalian lihat dibawah ini.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapUSD/SGD/AUD 100
Setoran AwalUSD/SGD/AUD 100
Minimum Setoran SelanjutnyaUSD/SGD/AUD 5

9. BNI Simpanan Pelajar (SimPel)

BNI Simpanan Pelajar

Dari semua jenis rekening BNI yang kami jelaskan dan sebutkan diatas, mungkin BNI Simpanan Pelajar atau Simple bisa dibilang merupakan jenis rekening tabungan dengan nilai saldo minimal BNI dan juga setoran awal yang cukup kecil. Karena saldo minima dan saldo awal pembuatan rekening hanya sebesar Rp 5.000.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 5.000
Setoran AwalRp 5.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 1.000
Batas Maksimum Penarikan di SekolahRp 250.000

10. BNI TabunganKu

BNI TabunganKu

Kemudian ada juga rekening BNI TabunganKu. Rekening ini dibuat untuk perorangan dengan persyaratan yang cukup mudah dan ringan. Karena dalam penggunaannya saldo minimal BNI TabunganKu hanya sebesar 20.000 dengan batas minimal pembukaan rekening yang sepadan atau setara.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapRp 20.000
Setoran AwalRp 20.000
Minimum Setoran SelanjutnyaRp 10.000

11. BNI Tappa (Taplus Pegawai/Anggota)

BNI Tappa

Sebagai salah satu bank terbaik di Indonsia, BNI juga begitu memperhatikan para pegawai di Indonesia. Karena mereka merilis rekening bernama BNI Tappa atau Taplus Pegawai. Tujuan utama dibuatnya tabungan ini tentu sebagai sarana tabungan bagi para pegawai. Penetapan saldo minimal BNI untuk rekening ini disepakati sesuai perjajian kerjasama yang ada. Begitu juga dengan setoran awal ketika ingin membuat rekening  ini.

Jenis TransaksiSaldo
Saldo Minimal yang MengendapSesuai Perjanjian Kerjasama (PKS)
Setoran AwalSama dengan yang Ditetapkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS)

Denda di Bawah Saldo Minimal

Diatas merupakan detail batas minimal saldo BNI terlengkap sesuai dengan jenis rekening yang ada saat ini. Dengan mengetahui batas minimal tersebut, otomatis kalian tidak akan bisa mengambil uang apabila saldo berada pada batas saldo minimal tersebut.

Dan apabila kalian tidak menggunakan rekening tersebut dalam jangka waktu tertentu hingga endapan saldo minimal yang ada tidak mencukupi untuk biaya penutupan rekening. Maka kalian akan dikenakan denda dengan besaran yang bervariasi. Untuk lebih jelasnya berikut batasan denda yang akan didapat nasbah sesuai dengan jenis rekeningnya.

Jenis Rekening / ATMDenda
BNI TaplusRp 5.000
BNI Taplus BisnisMaksimal 3x Tunggakan
BNI Taplus MudaMaksimal 3x Tunggakan
BNI Taplus Anak
BNI Taplus Anak Co-Brand (Pelajar)Bebas Biaya
BNI PandaiBebas Biaya
BNI DollarUSD/SGD/AUD 2
BNI Simpanan PelajarRp 1.000
BNI TabunganKu
BNI Tappa (Taplus Pegawai/Anggota)
BNI Tapma (Tabungan Mahasiswa)Rp 5.000

FAQ

1. Apa Itu Saldo Minimal BNI?

Saldo minimal BNI merupakan saldo endapan yang telah ditentukan oleh bank BNI sesuai dengan jenis rekening. Funginya sebagai dana penutupan rekening apabila nasabah tidak memfungsikan rekening tabungan tersebut dalam jangka waktu tertentu.

2. Berapa Saldo Minimal Tabungan BNI?

Batas minimal saldo yang harus ada pada rekening BNI bervariasi sesuai dengan jenis rekening yang digunakan. Yang dimana batasan tersebut dimulai dari Rp 0 rupiah, Rp 20 ribu rupiah, Rp 50 ribu rupiah, Rp 100 ribu rupiah, hingga Rp 1 juta rupiah.

3. Apakah saldo minimal BNI bisa diambil?

Tidak bisa, karena saldo tersebut merupakan saldo wajib yang harus di penuhi setiap nasabah untuk keperluan penutupan rekening dan biaya bulanan.

Jika kalian ingin membuka sebuah rekening di Bank BNI, maka perhatikan selalu batas minimal saldo endapan yang harus dipenuhi seperti kami sebutkan dan jelaskan diatas. Dan kiranya sekian informasi dari prosesbayar.com semoga bisa membantu dan memperjelas apa yang dimaksu dengan saldo minimal BNI.

Tags: , ,