√ Kode OTP BJB Tidak Masuk ? Penyebab & Mengatasi

Advertisements

Kode OTP BJB Tidak Masuk – Kebutuhan transaksi perbankan sepertinya telah menjadi bagian yang cukup penting untuk sebagian besar orang. Terlebih lagi di era digitalisasi yang mulai merambah ke berbagai sektor, termasuk sektor eCommerce serta lainnya. Hal ini turut membuat banyak perbankan terus meningkatkan fasilitas yang mereka miliki.

Tidak terkecuali fasilitas untuk kebutuhan transaksi finansial dan non finansial seperti cek saldo, mutasi, transfer atau bahkan pembayaran serta top up uang digital. Nah salah satu lembaga perbankan yang kini turut serta mengembangkan fasilitas layanan perbankan mereka adalah bank BJB atau Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten.

Dimana untuk meningkatkan kemudahan para pengguna dalam melaksanakan transaksi, sekarang ini bank BJB memiliki layanan mobile banking dan internet banking dengan nama BJB Digi dan BJB Net. Hadirnya dua fasilitas ini di harapkan akan memberikan kemudahan bagi para nasabah.

Advertisements

Namun sama halnya dengan layanan mobile dan internet banking dari bank-bank lainnya, untuk bisa mendapatkan akses ke semua layanan tersebut, Bank BJB mengharuskan setiap nasabah untuk melakukan aktivasi baik secara online ataupun datang langsung ke kantor dengan meminta bantuan customer service.

Kode OTP BJB Tidak Masuk dari Penyebab dan Solusi

Untuk melakukan aktivasi sendiri, setidaknya setiap nasabah harus melengkapi berkas persyaratan seperti KTP, buku rekening dan juga nomor HP untuk mendapatkan kode OTP atau One Time Password. Hanya saja sampai saat ini, masih ada beberapa nasabah yang mengeluhkan masalah berupa kode OTP BJB tidak masuk.

Fungsi Kode OTP BJB

Fungsi Kode OTP BJB

Tidak masuknya kode OTP saat melakukan aktivasi BJB Digi atau BJB Net tentu saja akan menghambat prosesnya. Hal tersebut mengingat fungsi utama dari kode OTP BJB sendiri akan digunakan sebagai bagian dari proses verifikasi dan autentifikasi data setiap nasabah. Umumnya kode OTP sendiri terdiri dari 4 hingga 6 digit angka unik.

Dimana angka unik tersebut bersifat rahasia dan hanya memiliki masa berlaku hanya beberapa menit saja. Selain digunakan untuk melakukan aktivasi, kode OTP BJB juga bisa digunakan pada saat melakukan penggantian PIN BJB SMS. Dengan demikian bisa dibilang fungsi kode OTP Bank BJB sangatlah penting.

Kapan Kode OTP Diperlukan ?

Kapan Kode OTP Diperlukan

Kapan kode OTP BJB diperlukan? ini menjadi pertanyaan yang mungkin seringkali ditanyakan para nasabah. Untuk memahami hal tersebut, dibawah ini akan prosesbayar.com rangkum beberapa penjelasan kapan kiranya kode OTP (One Time Password) digunakan.

Jika melihat penjelasan di atas, kode OTP Bank BJB akan dibutuhkan pada saat proses aktivasi BJB Digi atau BJB Net. Namun tidak hanya sampai disitu, penggunaan kode OTP BJB juga akan dibutuhkan saat para nasabah akan melakukan transaksi menggunakan fasilitas layanan BJB Net.

Baik itu transaksi transfer, pembayaran dan juga top up atau lainnya. Kemudian ketika kalian lupa MPIN BJB Digi dan mengharuskan untuk mengganti serta membuat MPIN baru, kode OTP BJB pun akan dibutuhkan. Oleh karena itu jika kode OTP BJB tidak masuk, sudah pasti hal ini akan begitu menyulitkan.

Penyebab Kode OTP BJB Tidak Masuk

Penyebab Kode OTP BJB Tidak Masuk

Lantas apa sih yang menjadi penyebab kode OTP BJB tidak masuk dan banyak dikeluhkan para nasabah saat akan mengganti MPIN atau saat melakukan aktivasi?. Bila di tanya mengenai hal tersebut, sebenarnya masalah atau penyebabnya tidak jauh berbeda dengan masalah KODE OTP BNI TIDAK MASUK.

Dimana dari pengalaman serta laporan para nasabah bank BJB yang tim prosesbayar lihat dari review halaman aplikasi BJB Digi di Play Store. Setidaknya ada beberapa faktor indikasi menjadi penyebab utamanya, berikut di antaranya.

  • Karena adanya kesalahan pemasangan SIM card terdaftar yang seharusnya di SIM 1 namun terpasang di SIM 2 pada tipe HP dengan fitur dual SIM.
  • Pengguna memakai kartu SIM berbeda ketika request kode OTP BJB.
  • Pengaturan HP (android) yang tidak mengaktifkan fasilitas layanan SMS Premium.
  • Atau bisa juga dikarenakan HP terpakai membaca sebagai nomor berbahaya, sehingga memasukan Kode OTP BJB ke dalam block list SMS.
  • Atau bisa dikarenakan pulsa untuk request kode OTP tidak mencukupi.

Itulah kiranya beberapa faktor indikasi yang membuat kode OTP BJB tidak masuk. Jadi bagi kalian para nasabah BJB, ketika ingin lancar dalam proses aktivasi, penggantian MPIN serta transaksi melalui layanan BJB Net. Pastikan semua hal di atas tidak kalian alami, sehingga kode OTP tetap dapat diterima.

Cara Mengatasi Kode OTP BJB Tidak Masuk

Dari banyaknya penyebab kode OTP BJB tidak masuk seperti prosesbayar.com jelaskan di atas, mungkin ada dari kalian yang bertanya bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Untuk dapat mengatasi masalah ini, berikut sudah prosesbayar siapkan beberapa solusi mungkin bisa membantu agar kode OTP bisa masuk ke nomor HP.

1. Request Ulang

Request Ulang

Kode OTP memiliki sifat rahasia merupakan sebuah kode khusus yang akan kita dapatkan ketika kita melakukan permintaan. Contohnya, ketika kita akan melakukan aktivasi BJB Digi, maka otomatis kita akan diminta untuk melakukan request kode OTP.

Nah ketika kode OTP BJB tidak masuk ke nomor HP terdaftar melalui SMS, ada baiknya coba lakukan request ulang apabila memang baru 1x melakukannya. Namun kami sarankan untuk melakukan request kode OTP 2x saja. Apabila tidak membuahkan hasil kemungkinan di percobaan ke-4 pun akan gagal.

2. Restart HP

Restart HP 1

Dari begitu banyaknya solusi untuk mengatasi masalah kode OTP BJB tidak masuk, hal paling mudah untuk kalian lakukan yaitu dengan cara melakukan restart pada HP atau perangkat mobile yang terpasang SIM terdaftar pada layanan BJB Digi atau BJB Net. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang HP tidak membaca SIM Card dengan baik.

3. Ubah Tanggal dan Jam

Ubah Tanggal dan Jam

Apabila kalian merupakan pengguna smartphone baik itu android atau iOS, maka cara mengatasi masalah kode OTP BJB tidak masuk juga bisa disiasati dengan melakukan pengaturan waktu dan tanggal pada HP yang digunakan.

Dimana, pengaturan waktu serta tanggal pada HP android ataupun ios disini merupakan pengaturan yang mengharuskan untuk mengganti sinkronisasi waktu dan tanggal ke otomatis atau sebaliknya, yakni ke metode manual. Setelah itu lakukan request ulang.

4. Nonaktifkan SIM Card 2

Nonaktifkan SIM Card 2

Kemudian cara berikutnya bisa dipakai untuk dapat mengatasi masalah kode OTP BJB tidak masuk ke SMS nomor HP terdaftar, yakni dengan cara menonaktifkan SIM card 2. Cara ini terkadang cukup membuahkan hasil dengan kode OPT bisa masuk.

Menonaktifkan SIM card ke-2 pada HP berbasis android bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan melepasnya sementara waktu. Atau dapat juga dilakukan lewat menu pengaturan bagian cellular kemudian menonaktifkannya sementara dengan menggeser toggle aktif ke non aktif.

5. Cabut SIM Terdaftar

Cabut SIM Terdaftar

Solusi terakhir dapat prosesbayar.com sampaikan untuk bisa mengatasi masalah Kode OTP yang tidak masuk saat melakukan aktivasi BJB Digi atau akan melakukan transaksi lewat BJB Net yaitu dengan mencabut kartu SIM terdaftar.

Namun pastikan kartu SIM terdaftar ini kalian pasang kembali pada slot SIM 1 apabila menggunakan smartphone android yang menggunakan fitur dual SIM. Jika kalian menggunakan iPhone, maka kalian cukup cabut dan pasang kembali.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan yang dapat prosesbayar.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kode OTP BJB tidak masuk lengkap dengan penjelasan fungsi, serta penyebab dan cara mengatasinya.

Advertisements