Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BCA, BNI & Mandiri

Posisi Kartu ATM yang Benar – Setiap orang yang telah membuka atau membuat rekening tabungan di bank BNI, Mandiri, BRI, BCA, serta yang lainnya tentu akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM. Dimana fasilitas tersebut diberikan untuk membuat pemilik bisa melakukan transaksi.

Adanya kartu ATM sebagai fasilitas perbankan, memungkinan setiap nasabah akan dapat melaukan berbagai macam transaksi mulai dari cek saldo, transfer, tarik tunai, setor tunai, pembayaran dan juga transaksi lainnya. Dengan begitu manajemen keuangan dalam sebuah rekening tabungan dapat di kontrol begitu mudah.

Kartu ATM sendiri bersifat pribadi dan dilindungi dengan adanya 6 digit PIN ATM yang rahasia. PIN tersebut digunakan setiap kali akan melakukan transaksi finansial lewat mesin ATM. Dan umumnya pihak bank hanya memberikan 3 kali kesempatan untuk memasukan PIN, jika gagal berturut-turut, maka otomatis KARTU ATM DITOLAK dan diblokir.

Meski bukanlah fasilitas baru dalam urusan perbankan, tetapi banyak pengguna baru yang masih binging posisi kartu ATM yang benar pada saat akan memasukan kartu tersebut ke mesin ATM. Bahkan tidak jarang mereka memasukannya secara paksa karena memposisikan kartu ATM dengan salah.

Posisi Kartu ATM yang Benar BRI, BNI, BCA, Mandiri

Posisi Kartu ATM yang Benar

Akibatnya kartu ATM pun tertelan mesin dan membuat kalian tidak lagi bisa melakukan transaksi perbankan melalui ATM sebelum kalian mengurusnya ke kantor bank terkait. Untuk menghindari hal tersebut, berikut prosesbayar.com berikan panduan cara memasukan kartu ATM yang baik dengan posisi kartu ATM yang benar.

Posisi Kartu ATM yang Benar

Letak Posisi Kartu ATM yang Benar

Memposisikan kartu ATM dengan baik dan benar menjadi hal paling penting ketika akan melakukan transaksi finansial lewat mesin ATM. Namun bagi pengguna baru, mungkin hal ini tidak terpikirkan sehingga mereka memasukannya dengan posisi yang salah meskipun pada tiap-tiap mesin sudah ada instruksi untuk posisi kartu ATM yang benar.

Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan posisi saat akan memasukan kartu ATM ke mesin, ada baiknya lihat petunjuk yang diberikan pada tiap-tiap mesin ATM. Karena pada umumnya panduan instruksi telah diletakan dibagian dekat lubang kartu ATM dalam bentuk sebuah gambar atau stiker.

Namun secara umum, hampir seluruh bank di Indonesia memiliki peraturan sama terkait posisi kartu ATM yang benar. Dimana peraturan tersebut mengharuskan setiap pengguna ATM untuk :

  • Meletakan kartu dengan posisi garis hitam berada dibagian bawah
  • Meletakan kartu dengan posisi garis hitam berada disebelah kanan

Atau untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar posisi kartu ATM yang benar berikut ini untuk pengguna Bank Mandiri, BNI, BRI, serta BCA dan lainnya.

1. Posisi Benar Kartu ATM BCA

Posisi Benar Kartu ATM BCA

2. Posisi Benar Kartu ATM BRI

Posisi Benar Kartu ATM BRI

3. Posisi Benar Kartu ATM BNI

Posisi Benar Kartu ATM BNI

4. Posisi Benar Kartu ATM Mandiri

Posisi Benar Kartu ATM Mandiri

Silahkan perhatikan gambar diatas dengan seksama apabila kalian belum mengetahui bagaimana posisi kartu ATM yang benar ketika ingin melakukan transaksi di mesin ATM.

Jika Posisi Kartu ATM Salah

Jika Posisi Kartu ATM Salah

Dengan melihat gambar diatas, mungkin kalian sudah bisa paham bagaimana memposisikan kartu ATM yang benar agar tidak terjadi masalah. Namun apa sih yang akan terjadi apabila kita memasukan kartu ATM dengan posisi terbailik atau salah?

Hal yang akan terjadi apabila kalian memasukan kartu ATM dengan posisi yang salah di mesin ATM adalah kartu tidak akan tertarik masuk kedalam secara otomatis. Hal tersebut karena sensor di mesin ATM tidak bisa membaca dengan sempurna bagian-bagian penting kartu seperti garis hitam atau chip yang terapat di kartu ATM.

Jika tetap kalian paksa dengan posisi kartu ATM yang salah, biasnya kartu akan tertelan kedalam mesin ATM. Sehingga kalian tidak akan bisa lagi melakukan transaksi finansial seperti yang diinginkan sebelum kalian melaporkannya ke pihak bank terkait. Maka dari itu pastikan posisikan kartu ATM dengan posisi yang benar seperti pada gambar diatas.

Pertanyaan Seputar Posisi Kartu ATM

Dari penjelelasan diatas, mungkin ada beberapa dari kalian yang memiliki pertanyaan seputar posisi kartu ATM yang benar. Untuk itu prosesbayar rangkumkan beberapa pertanyaan seputar posisi kartu ATM tersebut dibawah ini lengkap dengan jawabannya agar bisa menjadi referensi kalian.

1. Bagaimana posisi kartu ATM BRI saat dimasukan?

Posisi kartu ATM BRI yang benar saat dimasukan kedalam lubang kartu mesin ATM adalah bagian garis berwarna hitam berada dibagian bawah dan bagian nomor kartu serta logo bank berada diatas dengan sisi logo bank berada di posisi depan.

2. Kenapa kartu ATM tidak bisa masuk?

Salah satu alasan kenapa kartu ATM tidak bisa masuk yaitu karena posisi kartu ATM salah sehingga mesin tidak akan membaca kartu tersebut. Selain itu juga bisa terjadi karena strip magnetic warna hitam yang ada dibagian bawah kartu sudah rusak karena tergores ataupun mengelupas.

3. Apa yang terjadi jika memasukan kartu ATM terbaik?

Apabila posisi kartu ATM terbalik, maka secara otomatis mesin tidak akan bisa membaca kartu tersebut karena mesin mengangap kartu tidak dikenal. Dengan begitu lubang kartu ATM akan tetap tertutup dan kartu tidak akan tertarik kedalam mesin secara otomatis.

Bagi kalian para pengguna kartu ATM baru ataupun lama, pastikan selalu memperhatikan posisi kartu ATM yang benar saat akan melakukan transaksi di mesin ATM. Jika tidak maka proses transaksi finansial yang akan kalian lakukan pun tidak akan bisa berjalan.

Tags: , , , , ,