√ Kartu Kredit Gagal Transaksi : Ini 12 Penyebab & Solusinya

Advertisements

Kartu Kredit Gagal Transaksi – Siapa sih yang tidak tertarik dengan layanan perbankan berupa kartu kredit? Sebuah fasilitas yang memungkinkan kalian bisa mendapatkan limit pembiayaan cukup besar dengan penggunaan dan pembayaran untuk bisa kalian angsur setiap bulan.

Penggunaan kartu kredit sendiri bisa dilakukan untuk membantu kalian dalam melakukan pembayaran belanja online di Tokopedia, Shopee atau Bukalapak serta pembayaran offline di merchant-merchant yang sudah terintegrasi dengan kartu kredit. Dalam penggunaannya, kartu kredit sendiri ada begitu banyak macam dan jenisnya.

Semua jenis dan tipe tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi fungsi dan tujuan utamanya tetap sama yakni untuk berbelanja dan membayar tagihan seperti IFLIX atau lainnya serta menarik uang tunai. Hanya saja setiap tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, kalian wajib membayar semua uang yang telah digunakan.

Advertisements

Sampai dengan saat ini hampir semua lembaga perbankan seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri serta beberapa lembaga non perbankan juga memiliki layanan kartu kredit yang bisa kita aktivasi sesuai dengan kebutuhan. Namun jika bicara soal kartu kredit, selama penggunaan pernah tidak kalian mengalami kegagalan transaksi?.

Kartu Kredit Gagal Transaksi dari Penyebab dan Cara Mengatasi

Jika pernah mengalaminya, tentu hal ini akan cukup mengagetkan. Apalagi dengan kegagalan transaksi ini membuat kita tidak akan bisa menyelesaikan pembayaran. Transaksi gagal saat menggunakan kartu kredit pun disebabkan oleh banyak sekali faktor serta memiliki penyelesaian berbeda-beda.

Penyebab Kartu Kredit Gagal Transaksi

Penyebab Kartu Kredit Gagal Transaksi

Gagalnya transaksi kartu kredit yang akan kalian gunakan biasanya disebabkan oleh banyak sekali faktor utamanya. Nah pada kesempatan kali ini akan prosesbayar.com rangkum beberapa penjelasan mengenai penyebab kartu kredit gagal transaksi serta solusi atau cara mengatasi kartu kredit decline atau gagal.

Untuk pembahasan pertama, berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait indikasi penyebab gagalnya transaksi kartu kredit.

  1. Limit kartu kredit habis
  2. Kartu kredit terblokir
  3. Salah memasukan 3 digit nomor CVC
  4. Salah memasukan PIN kartu kredit
  5. Kerusakan / Error pada Chip seperti terkena debu, kotor atau tergores
  6. Bisa juga dikarenakan kode otorisasi / 3D secure tidak terkirim
  7. Adanya indikasi toko online atau web yang akan digunakan tidak aman
  8. Koneksi internet dipakai tidak stabil
  9. Transaksi pada toko tertentu telah melebihi batas limit
  10. Dan terakhir karena kalian terlambat membayar kartu kredit

Istilah Gagal Transaksi Kartu Kredit

Istilah Gagal Transaksi Kartu Kredit

Selain memahami indikasi penyebab utama kartu kredit gagal transaksi seperti di atas prosesbayar.com sampaikan. Berikut ini juga bisa dikategorikan merupakan hal yang penting untuk para pengguna kartu kredit. Yakni tentang istilah error kartu kredit beserta maksud atau artinya.

IstilahArti / Penyebab
Call Your BankLimit kartu kredit habis
Kartu terblokir
Salah memasukan CVC
Invalid PINSalah memasukan 6 digit PIN
Error ChipKartu rusak
Kartu kotor
Kartu berdebu
Salah posisi DIP
Max Day TransactionTransaksi pada toko telah melampaui limit
Warning FraudToko online / Website tempat transaksi berbahaya
Error CVC / CVV3 digit angka di balik kartu salah setelah di masukan
Do Not HonorKartu kredit diblokir
Salah memasukan CVC / CVV
Jaringan TerputusTidak ada koneksi internet tersambung
No RespondStatus transaksi gagal di cek

Solusi Kartu Kredit Gagal Transaksi

Setelah mengetahui apa saja informasi terkait penyebab kartu kredit gagal transaksi seperti dijelaskan pada pembahasan di atas. Berikut ini adalah langkah tepat atau solusi dan cara mengatasi terjadinya decline atau gagal transaksi saat menggunakan kartu kredit sesuai dengan beberapa penyebab di atas.

1. Hubungi Call Center Penerbit Kartu Kredit

Hubungi Call Center Penerbit Kartu Kredit

Dari penjelasan diatas, setidaknya ada cukup banyak alasan kenapa kalian harus segera menghubungi pihak penerbit kartu kredit seperti bank BCA, Mandri, BRI atau lembaga penerbit kartu kredit lainnya. Lengkapi data saat melakukan panggilan dan sampaikan alasan kenapa kartu kredit kalian bisa gagal transaksi.

Nantinya pihak penerbit akan langsung membantu kalian dalam menyelesaikan permasalah terkait hal tersebut. Pemicu utama untuk kalian segera melakukan panggilan kepada layanan Call center penerbit kartu kredit seperti halnya kartu kredit terkena blokir, kartu kredit limit habis, atau karena permasalahan lainnya.

Dan berikut adalah beberapa daftar call center untuk layanan kartu kredit dari beberapa lembaga perbankan yang mungkin bisa kalian gunakan.

Penerbit Kartu KreditNomor Call Center
BCA dan BCA Syariah1500888
Mandiri14000
BNI1500046
BRI14017 / 1500017
Bank CIMB Niaga & Niaga Syariah14041
BTPN1500300
BTN1500286
Permata1500111
Danamon1500090
Maybank69811
Mega60010 / 1500010
Sinarmas1500153
Commonwealth1500030
UOB Indonesia14008
Standard Chartered Bank68000
Mayapada1500029
HSBC64722
DBS1500327 / 69327
MNC International1500188

2. Hubungi Pihak Merchant

Hubungi Pihak Merchant

Dari daftar penyebab tidak bisa digunakannya kartu kredit saat belanja atau membayar tagihan, bukan saja karena adanya kesalahan dari pihak penerbit. Tetapi juga bisa dikarenakan adanya kesalahan pada merchant atau toko dan website online yang menjadi tempat kalian akan menggunakan kartu kredit tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera hubungi pihak merchant melalui layanan call center yang disediakan untuk menanyakan langsung kenapa kita tidak bisa melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Alias selalu gagal saat akan melakukan transaksi, dengan begitu kalian akan bisa mendapatkan penjelasan.

3. Bersihkan Kartu Kredit

Bersihkan Kartu Kredit

Seperti kami sampaikan dan jelaskan pada poin penyebab kartu kredit gagal transaksi. Kita bisa tahu bahwa kondisi kartu kredit yang kotor juga dapat mempengaruhi transaksi yang akan dilakukan. Karena kondisi chip yang kotor entah karena terkena minyak, debu atau kotoran lainnya bisa menjadi pemicunya.

Oleh karena itu, prosesbayar.com sarankan untuk membersihkan terlebih dahulu bagian penting pada kartu kredit yakni lempengan chip atau tembaga yang ada pada kartu kredit tersebut. Kalian cukup membersihkannya menggunakan tisu atau kain berbahan lembut.

4. Pastikan Koneksi Jaringan Lancar

Pastikan Koneksi Jaringan Lancar

Solusi atau cara mengatasi masalah kartu kredit gagal transaksi yang berikutnya yaitu dengan memastikan koneksi internet yang digunakan lancar dan stabil. Terutama bagi kalian yang akan melakukan pembelian barang dan pembayaran barang secara online melalui merchant berupa toko online atau website online.

Dengan memastikan koneksi internet lancar, bisa dipastikan semua kegagalan akan dapat di minimalisir. Jika kalian menggunakan paket data kami sarankan untuk mengganti ke koneksi jaringan Wi-Fi apabila ada. Begitu juga sebaliknya, pastikan benar-benar bahwa koneksi internet dipakai lancar dan stabil.

5. Pastikan Penginputan Data Benar

Pastikan Penginputan Data Benar

Seperti kita ketahui bersama, penggunaan kartu kredit untuk bayar tagihan dan belanja online mengharuskan kita untuk memasukan beberapa informasi data kartu kredit. Biasanya data yang diminta meliputi Nama Pemilik, Nomor Kartu Kredit, Bulan dan Tahun Aktif kartu kredit tersebut serta 3 digit nomor CVV atau CVC.

Salah satu saja kalian salah memasukan datanya, maka proses transaksi akan gagal. Jadi pastikan penginputan data kartu kredit benar-benar sudah sesuai, sehingga transaksi pun tidak akan gagal.

6. Input PIN Dengan Benar

Masukan PIN Dengan Benar

Hal yang juga harus kalian perhatikan agar proses penggunaan kartu kredit bisa berjalan lancar ketika ingin menggunakannya sebagai media pembayaran saat belanja atau membayar tagihan yakni memastikan PIN yang kalian masukan sudah benar dan sesuai.

Karena tidak bisa dipungkiri kegagalan transaksi saat menggunakan kartu kredit paling sering dikarenakan para pengguna salah memasukan 6 digit PIN. Jadi pastikan kalian benar-benar memasukkannya secara benar agar tidak ada kata gagal dalam transaksi tersebut.

7. Masukan Kode OTP (3D Secure) dengan Benar

Masukan Kode OTP 3D Secure Dengan Benar

Selain dikarenakan adanya kesalahan pada jaringan, system dan juga kesalahan pribadi. Kartu kredit gagal transaksi juga bisa disebabkan karena KODE OTP TIDAK MASUK. Padahal kita semua tahu bahwa penggunaan kartu kredit akan selalu meminta kode OTP sebagai bagian dari sistem 3D Secure atau keamanannya.

Nah jika hal ini memang menjadi alasan kenapa kalian tidak bisa melakukan transaksi kartu kredit. Maka kami sarankan untuk segera menghubungi pihak penerbit kartu kredit dan meminta pengiriman kode OTP ulang jika memang dalam waktu tertentu tidak lekas terkirim.

8. Selalu Sedia Uang Cash

Selalu Sedia Uang Cash

Solusi atau cara mengatasi kartu kredit gagal transaksi yang terakhir dan paling tepat serta cepat yakni sediakan uang cash. Biasanya hal ini dapat membantu untuk segera membuat kalian bisa menyelesaikan proses belanja atau pembayaran. Akan tetapi hal ini mungkin akan lebih cocok ketika menggunakan kartu kredit di merchant offline.

Sebab jika menggunakan metode pembayaran kartu kredit untuk belanja dan bayar tagihan online. Kami rasa metode ini bukanlah metode atau cara mengatasi paling tepat. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba menggunakan metode transfer biasa.

Akhir Kata

Itulah kiranya beberapa solusi atau cara mengatasi masalah kartu kredit gagal transaksi yang kali ini dapat prosesbayar.com sampaikan dan jelaskan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi referensi dan menjadi wacana yang cukup membantu.

Advertisements