Kartu ATM Ditolak 2020 : 2 Cara Mengatasi & Penyebab

Kartu ATM Ditolak – Kartu ATM merupakan sarana yang diberikan oleh setiap bank di Indonesia untuk memfasilitasi kemudahan para nasabah di dalam melakukan transaksi. Dengan adanya kartu ATM, nasabah dapat dengan mudah melakukan tarik tunai, setor tunai, transfer serta kegiatan transaksi perbankan lainnya.

Menariknya seluruh transaksi menggunakan kartu ATM tersebut dapat di lakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun kalian berada. Hal tersebut dikarenakan setiap bank penerbit ATM juga memberikan fasilitas mesin ATM di hampir seluruh pelosok negeri ini. Sehingga penggunaannya jauh lebih fleksibel.

Akan tetapi sebagai salah satu sistem yang di kontrol oleh teknologi komputer, terkadang penggunaan kartu ATM juga seringkali mengalami masalah. Seperti halnya sistem mesin ATM yang error atau jaringan yang bermasalah. Hal tersebut mungkin sudah biasa kita alami sehingga kita tidak bisa melakukan transaksi sama sekali.

Namun pada sisi lain, kendala penggunaan kartu ATM juga bisa terjadi karena adanya kerusakan kartu ATM atau yang lainnya. Sehingga membuat kartu ATM ditolak dan tidak bisa digunakan pada mesin ATM. Apakah kalian salah satu pengguna ATM yang pernah mengalami hal tersebut?

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM Ditolak

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM Ditolak

Kartu ATM ditolak mesin memang kerap dialami oleh para pengguna. Namun dari banyaknya kasus yang ada, tidak sedikit nasabah yang mengetahui apa sebenarnya penyebab kartu ATM ditolak mesin dan juga bagaimana cara mengatasinya. Apabila kalian adalah salah satunya, tidak perlu khawatir, karena disini prosesbayar.com akan membagikan penjelasan lengkap seputar permasalahan tersebut.

Penyebab Kartu ATM Ditolak

Ditolaknya kartu ATM pada saat ingin melakukan transaksi memang menjadi hal yang menyusahkan. Namun tahukah kalian apa yang menjadi penyebab kartu ATM ditolak dan tidak terbaca di mesin ATM?

Jika belum, tidak perlu khawatir karena dibawah ini akan kami jelaskan beberapa penyebab yang membuat kartu ATM tidak terbaca atau ditolak oleh mesin ATM.

1. Magnetic Stripe Tergores

Magnetic Stripe Tergores

Salah satu penyebab kartu ATM ditolak mesin mungkin karena kondisi fisik kartu sudah mulai rusak karena masa pemakaian. Rusaknya kartu tersebut bukan saja karena pecah atau patah. Melainkan juga bisa saja karena magnetic stripe atau garis hitam di bagian belakang kartu ATM tergores, sehingga membuat fungsi kartu ATM tidak lagi bisa digunakan.

2. Masa Berlaku Kartu ATM Habis

Masa Berlaku Kartu ATM Habis

Seperti kita ketahui bersama, kartu ATM memiliki masa berlaku yang tertulis jelas pada bagian depan fisiknya. Yang dimana masa berlaku kartu ATM biasanya ditulis dalam bentuk bulan dan tahun seperti 10/21 dengan artian kartu tersebut bisa digunakan hingga bulan 10 tahun 2021. Jadi ketika kartu ATM ditolak oleh mesin, mungkin saja karena masa berlaku kartu telah habis.

3. Kartu ATM Terblokir

Kartu ATM Terblokir

Kemudian penyebab lain kartu ATM ditolak dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi adalah terblokirnya kartu ATM. Kartu ATM terblokir sendiri biasanya dikarenakan kalian salah memasukan 6 digit PIN sebanyak tiga kali secara berurutan. Pada kondisi tersebut jelas kartu ATM akan ditolak oleh mesin.

Cara Mengatasi Kartu ATM Ditolak

Mengatasi masalah kartu ATM yang ditolak sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena kondisi tersebut sangat berbeda dengan masalah ATM DISABLE yang cukup banyak di alami oleh para nasabah bank BRI. Lantas bagaimana cara mengatasi kartu ATM ditolak? berikut kami jelaskan secara rinci panduan yang bisa kalian ikuti.

1. Mendatangi Kantor Bank Penerbit

Mendatangi Kantor Bank Penerbit

Jika kartu ATM ditolak mesin karena disebabkan oleh magnetic stripe tergores atau masa aktif kartu ATM telah habis, maka satu-satunya cara yang bisa kalian gunakan adalah mengganti kartu ATM tersebut dengan kartu baru lewat layanan customer service dari bank yang bersankutan.

Apabila hal ini perlu kalian lakukan, pastikan kalian membawa beberapa dokumen penting saat mengunjungi kantor bank penerbit kartu ATM seperti:

  • Kartu ATM yang Ditolak.
  • Buku Tabungan dari ATM tersebut.
  • Identitas diri seperti KTP atau SIM atau Paspor.

2. Lewat Layanan Call Center

Lewat Layanan Call Center

Sementara jika kondisi kartu ATM ditolak karena terblokir akibat memasukan 3 kali pin salah secara berurutan, maka kalian dapat melakukan reset PIN ATM tersebut dengan cara meminta bantuan kepada Call Center bank penerbit kartu ATM tersebut.

Sebagai contoh, jika bank penerbit kartu ATM tersebut adalah Bank Mandiri, maka segera hubungi CALL CENTER BANK MANDIRI di nomor 14000 atau bisa juga melalui layanan email milik bank Mandiri di mandiricare@bankmandiri.co.id.

Kiranya sekian infomrasi yang dapat kami sampaikan seputar permasalahan kartu ATM ditolak dan tidak bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM mulai dari penyebab dan cara mengatasinya. Dan semoga informasi diatas bisa membantu.

Tags: ,