4 Cara Pembayaran Internasional yang Harus Kalian Ketahui

Cara Pembayaran Internasional – Peluang bisnis untuk saat ini memang sangat luas sekali, apalagi untuk sekarang kita bisa menjalankan bisnis melalui online. Pastinya kita semua tidak hanya ingin sampai distu saja, pasti tersemat didalam fikiran untuk merambah lebih luas dengan cara perdagan internasional. Untuk langkah yang satu ini memang tidak mudah bagi kita semua, karena kita harus tahu terlebih dahulu trik dan cara untuk berdagang internasional. Salah satu yang harus kalian ketahui adalah pembayaran internasional. Simak juga 7 Cara Deposit Neteller Melalui Transfer Bank.

Pastinya dalan perdaganagn internasional akan terdapat pula pembayaran internasional, pada proses pembayaran internasional memang terdapat beberapa cara yang bisa kita gunakan. Dalam proses tersebut akan dipenagruhi dengan jarak anatar pembeli dan pedagang, oleh karena itu hampir kebanyakan orang yang lebih memilih menggunakan jasa. Karena akan lebih mudah dalam transaksi jual beli internasional, pastinya kalian semua masih banyak yang belum tahu cara pembayaran internasional. Untuk itu kami akan informasikan kepada kalian cara pembayaran internasional yang sduah kami persiapkan berikut ini.

Cara Pembayaran Internasional yang Harus Kalian Ketahui

Cara Pembayaran Internasional

Cara Pembayaran Internasional

1. Pembayaran Tunai

SWeperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semua, jika terdapat banyak cara pembayaran internasional yang bisa kalai lakukan. Salah satunya dengan cara pembayaran cash atau tunai, untuk cara yang satu ini memang sering kali digunakan oleh beberapa sebagain orang. Dalam proses pemabayaran cash biasanya akan dilakukan secara bersamaan, atau jika pihak eksportir sudah mulai di proses oleh pihak kapal untuk dikirim, Setelah itu uang akan langsung dikirm. Jika proses pembayaran sudah selesai, tinggal kalian tunggu saja hingga barang samapai ditangan anda semuanya.

2. Surat wesel dagang (commercial bills of exchange)

Untuk cara pembayaran internasional yang selanjutnya dengan menggunakan Surat wesel dagang (commercial bills of exchange). Cara yang satu ini juga sering digunakan oleh beberapa orang yang sering melakukan jual beli internasional. Dalam menggunakan metode yang satu ini, orang yang ekspor akan menarik surat wesel atas orang yang import barang dengan jumlah yang sudah ditentukan. Dalam kata lain penarik wesel memerintahkan kepada orang yang kena tarik untuk membayar sejumlah yang sudah ditentukan.

Pembayaran Internasional

Pembayaran Internasional

3. Open Account

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, terdapat cukup banyak cara pembayaran internasional yang bisa kalian lakukan. Salah satunya dengan menggunakan metode open account atau pembayaran kemudian atau sering disebut dengan rekening terbuka. Namun dalam menggunakan cara yang satu ini kalian harus saling percaya anatara pembeli dan penjual, karena pada dasarnya dalam sistem open account akan dibayar setelah barang laku dijual dan itu tergantung dari perjanjian yang sudah dilakukan oleh kedua pihak. Karena langkah yang satu ini perku kepercayaan antara kedua pihak, agar kerja sama akan berjalan dengan lancar.

4. Letter of Kredit (L/C)

Cara pembayaran internasional yang terakhir ialah Letter of Kredit (L/C), metode pembayaran internasional yang satu ini akan bekerja sama dengan sebuah bank. Dimana impoter atau pemilik barang akan menyetujui dan akan membayar wesel yang sudah ditarik oleh eksportir atau pemilik barang. Terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan dengan cara Letter of Kredit (L/C) yang bisa kalian pilih dan sesuai dengan keinginan kedua pihak. Karena terbagi beberapa fasilitas Letter of Kredit (L/C) yang bisa digunakan yakni Letter of Kredit (L/C) biasa, merchant Letter of Kredit (L/C), Indutrial Letter of Kredit (L/C), Red Clause Letter of Kredit (L/C) dan Usance Letter of Kredit (L/C).

Nah itulah beberapa cara pembayaran internasional yang bisa kalian semua lakukan, beberapa cara tersebut memang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Tergantung kalian semua akan menggunakan metode yang mana, karena semuanya akan sesuai dengan yang kalian setujui antara kedua pihak. Kalian semua juga bisa simak informasi Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar ke Luar Negeri untuk kalian yang sering kirim uang ke luar ngeri. Demikianlah yang bisa kami sampaikan, semoga informasi cara pembayaran internasional dapat bermanfaat untuk kalian semuanya yang sedang bisnis berdagang internasional.

Tags: ,