5 Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar ke Luar Negeri

Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar – Buat kalian yang pernah bekerja di luar negeri atau kita dengan isitilah TKI mungkin pernah melakukan kirim uang untuk keluarga bukan? Kirim uang dari luar negeri juga dapat dilakukan dengan menggunakan western union, transfer kawat dan masih ada lagi cara-cara lainnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai cara transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri. Setiap tahun, diperkirakan ada sekitar 6 juta rumah tangga di Amerika Serikat yang telah melakukan transfer lebih dari 1 milyar dollar gabungan ke luar negeri.

Berbicara mengenai hal tersebut, apakah uang tersebut mereka kirim untuk teman atau keluarga mereka, atau mungkin mereka mengirim uang untuk membeli aset internasional yang tentunya bukan dalam jumlah yang kecil melainkan mencapai angka ratusan juta hingga milyaran rupiah jika kita kurs kan ke dalam rupiah. Dengan berbagai macam pilihan yang ada, setiap orang juga perlu memperhitungkan kecepatan, dukungan dan biaya dari berbagai metode yang diberikan oleh lembaga keuangan untuk mentransfer dan juga menerima transferan.

Transfer atau pengiriman uang dalam jumlah besar juga tentunya sering kita lihat, dimana sebagian orang melakukan pengiriman uang dalam jumlah besar lewat ATM atau lewat transfer antar rekening di Indonesia, bahkan ada beberapa orang yang melakukan pengiriman uang lewat Indomaret ataupun Alfamart. Cara transfer uang Indomaret atau Alfamart juga dinilai cukup mudah, maka tak jarang banyak melakukan pengiriman uang lewat minimarket tersebut. Dan perlu kalian ketahui bahwa ketika melakukan pengiriman uang dalam jumlah besar ke luar negeri ini memang harus aman dan teliti, karena kita tentunya tidak ingin melakukan kesalahan yang sangat beresiko tinggi. Nah maka dari itu dibawah ini kami akan memberikan informasi terkait cara transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri yang dapat kalian simak berikut ini.

5 Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar ke Luar Negeri

Cara Transfer Uang Dalam Jumlah Besar ke Luar Negeri

Cara Transfer Uang Dalam Jumlah Besar ke Luar Negeri

1. Bank to Bank Transfer

Cara transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri yang pertama adalah dengan cara Bank to Bank Transfer. Beberapa bank memang membiarkan orang mengambil uang secara langsung dari satu rekening dan mengirimkannya ke rekening bank penerima. Dan jenis transfer ini dapat diatur secara online, dapat melalui telepon atau pihak pengirim dapat langsung mengunjungi bank. Cara ini juga biasanya memiliki biaya administrasi tersendiri yang berbeda-beda di tiap-tiap bank, tergantung pada intuisi, nomor rekening dan perutean untuk kedua bank pengirim dan bank penerima.

Ada juga beberapa bank yang menawarkan program remiitance khusus untuk mengirim uang dalam jumlah yang sedikit. Bank of Amerika misalnya, dimana bank ini memiliki program yang mana dana dapat dikirim ke total 5.700 lokasi di negara Meksiko dengan tanpa tarif administrasi alias gratis. Akan tetapi dalam kasus ini, sangat penting sekali untuk melihat nilai tukar mata uang walaupun gratis, intuisi tersebut dapat menghasilkan uang dari biaya transaksi yang disebarkan.

2. Transfer Kawat

Lanjut ke cara transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri yang kedua adalah dengan cara transfer kawat. Jenis transfer yang satu ini dimulai dengan melalui petugas bank yang ada di bank pengirim yang mengisi formulir yang diperlukan untuk syarat pengiriman uang. Dengan cara ini, transfer memang biasanya dilakukan secara langsung. Selain itu juga pastinya ada biaya administrasi yang harus dibayar, dan tentunya sangat aman karena baik bank pengirim dan penerima menawarkan perlindungan, maka tidak salah jika ada biaya administrasi yang mereka patok. Bagi mereka yang tinggal di U.S, transfer kawat ini harus dilakukan sebelum jam 5 pm.EST agar uang tiba pada hari tersebut juga.

3. Transaksi Kliring Rumah Otomatis

Transaksi Kliring Rumah Otomatis atau ACH juga merupakan salah satu alternatif pengiriman uang dalam jumlah besar ke luar negeri. Hampir sama dengan transfer kawat dan transfer bank to bank, hanya saja transfer kliring rumah otomatis ini bersifat elektronik dengan menggunakan clearing house berbasis komputer yang bertindak sebagai perantara untuk memudahkan jalannya pertukaran transaksi. Contohnya Bank Federal Reserve, yang mana merupakan operator U.S. ACH terbesar yang telah memproses 60% dari semua total transkasi ACH.

Cara yang satu ini tidak memerlukan biaya tambahan, akan tetapi mereka memerlukan kedua bank untuk salaing berhubungan. Dengan melakukan hal tersebut, kedua belah pihak masing-masing bank harus mengikuti tata cara khusus bank.

4. Transfer Tunai ke Kas

Lalu yang keempat adalah transfer tunai ke kas. Apabila seseorang memiliki jumlah uang besar berwujud tunai dan hendak melakukan pengiriman ke luar negeri, mereka mungkin lebih mudah untuk menggunakan pusat transfer uang dalam negeri untuk mentransfer uang jumlah besar tersebut ke pusat transfer uang internasional. Seperti Western Union dan MoneyGram yang memiliki jenis layanan tersebut.

Nantinya uang fisik akan disimpan di salah satu pusat transfer uang internasional, kemudian mata uang domestik dikonversikan ke mata uang negara tujuan dan nantinya uang tersebut dapat diambil di pusat penerimaan uang yang berpartisipasi seperti Kantor Pos jika di Indonesia.

5. Kartu Debit Prabayar

Dan cara transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri yang terakhir adalah dengan menggunakan Kartu Debit Prabayar. Dimana pengirim hanya perlu memuat kartu debit prabayar dengan dana tunai, lalu penerima dana dapat menariknya kembali dengan menggunakan kartu debit prabayar juga. Dalam beberapa kasus, kartu debit prabayar juga dapat digunakan untuk melakukan sejumlah pembelian namun biasanya ada biaya bulanan dan biaya aktivasi.

Cara transfer uang dalam jumlah besar memang terkadang membuat kita berpikir untuk melakukan transfer menggunakan apa, nah cara diatas semoga dapat membantu. Namun perlu kalian perhatikan, jika melakukan transfer dalam jumlah besar sebaiknya di teliti terlebih dahulu dan kami sarankan untuk menggunkan jasa transfer yang mudah dan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu, cukup sekian dari kami dan terima kasih.

Tags: , , , , , , ,