10 Cara Menghemat Listrik Pulsa Rumah Yang Dibolehkan PLN

Cara Menghemat Listrik Pulsa – Buat sebagian atau bahkan kebanyakan masyarakat pastinya ingin menghemat listrik pulsa rumah. Apalagi sekarang biaya listrik semakin mahal, dikarenakan tarif dasar listrik dari PLN setiap tahunnya terus naik. Oleh karena itu sangat penting untuk anda tahu bagaimana cara menghemat pulsa listrik.

Dengan menghemat listrik pulsa, maka uang yang biasanya dipakai untuk membeli pulsa listrik bisa dialihkan ke hal yang lain. Selain itu menghemat listrik pulsa juga menjadikan bumi ini bisa lebih lama lagi di tinggali. Karena seperti kita tahu bahwa sumber daya alam di bumi tempat kita tinggali ini semakin menipis.

Sebagai pengguna listrik pulsa, pasti anda sudah tahu bahwa ada beberapa biaya lagi yang harus anda bayarkan. Diantaranya adalah biaya administrasi dari Rp 1.500 sampai 1.700 per transaksi tergantung dari tempat anda membeli pulsa listrik. (Baca:Cara Beli Token Listrik) lalu pajak penerangan jalan atau PPJ 10%, lalu pajak pertambahan nilai atau PPN 10% dan biaya materai untuk anda yang membeli pulsa listrik atau token nominal diatas 300 ribu rupiah. Dari pemotongan biaya tersebut, tentunya jumlah Kwh yang akan anda terima lebih kecil ketimbang dari nominal uang yang anda bayarkan.

Oleh karena itu sangat penting untuk anda ketahui cara menghemat listrik pulsa. Agar pengeluaran anda tidak terlalu banyak untuk membeli pulsa listrik. Kabar baiknya, kami memiliki tips atau cara menghemat listrik pulsa yang bisa dipraktekkan untuk semua pengguna listrik pulsa.

Cara Menghemat Listrik Pulsa Agar Tidak Boros

Cara Menghemat Listrik Pulsa Rumah

Cara Menghemat Listrik Pulsa Rumah

1. Memilih Daya Yang Sesuai Kebutuhan

Perlu diingat bahwa daya listrik rumah anda juga mempengaruhi boros tidaknya pemakaian listrik rumah. Pasalnya jika daya diatas 900 watt sudah tidak disubsidi lagi, sehingga harga pulsa listriknya lebih mahal. Oleh karena itu sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan listrik rumah, jangan memilih daya yang lebih besar jika pemakaian listrik rumah tidak terlalu besar.

2. Mengganti Lampu Rumah Menjadi Lampu LED

Lampu LED kini sudah banyak diproduksi oleh perusahaan pembuat lampu baik diluar negri ataupun Indonesia. Lampu LED ini lebih hemat, tidak boros listrik, tahan lama, lebih terang dan juga tidak mudah panas. Pilihlah jumlah watt lampu yang sesuai dengan ukuran ruangan rumah anda. Jika untuk kamar maka bisa menggunakan lampu LED 5 Watt sedangkan untuk ruang tamu bisa yang 10 watt.

3. Mengganti TV Rumah Menjadi TV LED

Kalau anda memiliki TV tabung dirumah, maka sebaiknya anda menggantinya dengan TV LED yang kini sudah bisa didapatkan dengan harga hanya Rp 1,5 jutaan saja. Mengganti TV menjadi TV LED juga membuat pemakaian listrik pulsa rumah tidak boros. Mengingat TV LED konsumsi dayanya tidaklah terlalu besar ketimbang TV tabung.

4. Menggunakan AC Sesuai Dengan Kebutuhan

AC menjadi faktor penting untuk mengatasi pemakaian listrik pulsa yang boros. Cara menghemat listrik pulsa ini sangat wajib untuk dilakukan. Karena AC sangat boros listrik, oleh karena itu pakailah AC dengan daya 1/2 pk saja untuk kamar tidur.

5. Memakai Mesin Cuci Pengering Sesuai Kondisi

Jika kondisi cuaca sedang panas dan tidak hujan. Maka sebaiknya anda menggunakan mesin cuci untuk mencuci saja jangan untuk pengering. Karena mesin cuci pengering membutuhkan daya yang banyak dan lama. Sehingga listrik pulsa rumah anda akan cepat habis.

6. Mencabut Steker

Cara menghemat listrik pulsa selanjutnya adalah dengan mencabut steker dari colokan jika sudah tidak digunakan. Biasanya orang cukup malas untuk mencabut steker ketika sudah tidak dipakai lagi. Atau karena tidak tahu bahwa mencabut steker bisa menghemat listrik.

7. Memakai Setrika Yang Hemat Daya Listrik

Alat setrika juga perlu diperhatikan, pasalnya setrika ini kalau tidak memilih yang hemat listrik maka listrik pulsa anda akan boros dan cepat habis. Oleh karena itu pilihlah setrika yang hemat listrik yang biasanya dijumpai pada setrika yang memiliki fitur kontrol suhu yang otomatis.

8. Jangan Memakai Pompa Air

Untuk menghemat listrik pulsa selanjutnya adalah dengan menghilangkan pemakaian pompa air untuk digunakan di rumah. Lebih baik anda gunakan toren air yang diletakkan pada ketinggian tertentu sehingga air bisa mengalir ke wc rumah tanpa memerlukan sanyo. Hal ini tentu saja akan membuat pemakaian listrik pulsa anda tidak terlalu boros.

9. Matikan Lampu dan TV

Kalau anda sudah selesai menonton TV alangkah baiknya untuk TV di matikan. Begitu juga dengan lampu, jangan biarkan lampu hidup terus menerus. Lebih baik mematikan dan menyalakan lampu atau TV ketika sedang digunakan saja.

10. Memakai Alat Penghemat Listrik

Cara menghemat listrik pulsa yang cukup mudah adalah dengan menggunakan alat penghemat listrik. Yang bisa anda dapatkan dengan mudah di beberapa toko online atau toko listrik. Dengan alat ini maka konsumsi pulsa listrik rumah 900 watt ataupun yang lebih besar akan lebih hemat.(Baca:Alat Penghemat Listrik Token)