8 Cara Mengatasi Kartu ATM Lecet & Tidak Terdeteksi 2021

Advertisements

Cara Mengatasi Kartu ATM Lecet – Teknologi kartu ATM memang terus berkembang dimana kini magnetic stripe digantikan menjadi chip. Kartu ATM magnetic stripe dinilai lebih mudah lecet terutama dibagian pita hitam. Hal ini cukup membahayakan karena jika. pitanya tergores maka ATM tidak akan terbaca.

Dengan digantinya kartu ATM dengan sistem chip membuat lebih kuat menahan goresan. Selain itu keamanan bertransaksi memakai ATM chip juga lebih terjamin sehingga tidak mudah digandakan. Kalian juga dapat mengetahui BIAYA TRANSFER BRI ketika menggunakan kartu pada mesin ATM.

Namun memang kadang masalah lecet pada kartu ATM bisa terjadi kapan saja sehingga tidak terdeteksi ketika dimasukkan ke mesin. Sebagai pengguna kita tidak sadar tiba tiba kartu tidak terdaftar maupun terbaca padahal dari fisiknya dilihat baik baik saja.

Advertisements

Sumber masalahnya pasti dari chip yang tergores atau lecet, apabila tidak segera diatasi maka ATM akan diblokir. Pada dasarnya cara mengatasi kartu ATM lecet selama masih digunakan dapat dilakukan tanpa melakukan pergantian.

Tapi sebelum cara mengatasi kartu ATM lecet dilakukan kalian perlu mengetahui penyebab maupun alasan mengapa terjadi hal tersebut. Kali ini Prosesbayar.com akan mengulas tuntas bagaimana mengatasi kartu ATM lecet sebagai berikut.

Penyebab Kartu ATM Lecet Paling Umum

chip kartu atm tidak terdeteksi

Kartu ATM rusak BCA, BRI, BNI maupun mandiri dapat diatasi selama masih terdeteksi. MIsalnya pada kartu ATM BCA tidak bisa digunakan kita dapat menghindari beberapa penyebab rusaknya chip.

Pemakaian Sehari Hari

Penyebab paling umum adalah pemakaian ATM sehari hari dimana kadang kurang berhati hari saat memasukkan dan mencabut kartu. Terlalu sering memakai ATM juga jadi penyebab lecet sehingga tidak dapat digunakan bertransaksi.

Kurang Baik Menyimpannya

Karena kartu ATM bukan barang yang kokoh maka kalian wajib menyimpannya secara baik. Seringkali banyak orang asal asalan memasukkannya ke dompet padahal hal ini akan menyebabkan lecet pada kartunya.

Tergores

Kartu ATM bisa lecet apabila tergores jika disimpan disaku dan bergesekan dengan pasir. Memang dalam pemakaian kartu kita perlu berhati hati, dalam menggunakan mesin ATM juga pastikan tidak ada debu pada slot kartunya.

Kartu Sudah Berumur

Masa aktif kartu ATM adalah 5 tahun dimana dianjurkan untuk diganti. Masalah paling umum yang muncul apabila ATM sudah tua adalah banyaknya lecet bahkan sampai lapisannya mengelupas.

Cara Mengatasi Kartu ATM Lecet

Mengatasi Kartu ATM Lecet

Terdapat beberapa cara mengatasi kartu ATM lecet selama masih dapat digunakan untuk bertransaksi. Namun jika memang kartu ATM lecet parah serta tidak dapat dibaca maka pilihan paling tepat adalah menggantinya.

1. Jangan Melepas Lapisan Plastik

Cara pertama adalah dengan menghindari melepas lapisan plastik karena fungsinya melindungi kartu dari kerusakan. Memang pada chipnya tidak dilapisi plastik namun nyatanya ada jarak beberapa milimeter untuk kontak dengan mesin ATM.

2. Hindari Menumpuk Kartu

Cara kedua adalah dengan tidak menumpuk kartu satu dengan lainnya karena akan membuat tergores. Selain itu karena lecet pada kartu membuat semua transaksi tak bisa dilakukan secara lancar.

3. Hindari Memakai Mesin ATM yang Gangguan

Ketika ada tulisan ATM Error atau gangguan jangan memasukkan kartu ATM karena resikonya adalah lecet atau bahkan rusak. Apabila chipnya sudah lecet maka jangan ditambah parah dengan memasukkannya ke mesin ATM bermasalah.

4. Simpan Di Dompet Dengan Saku Terpisah

Apabila memiliki banyak kartu ATM maka usahakan memisahkannya dengan sekat ataupun saku sehingga tidak saling bergesekan. Pilih dompet dengan tempat khusus kartu sehingga menghindarkan dari lecet maupun patah.

5. Jangan Simpan Pada Tas

Cara selanjutnya adalah jangan menyimpan kartu ATM pada tas karena akan bercampur dengan benda yang lebih keras. Pasti chipnya lebih mudah tergores dan lecet sehingga sulit dipakai nantinya.

6. Gunakan ATM Secara Baik

Pada saat memasukkan atau mengeluarkan dari mesin ATM usahakan secara pelan pelan supaya kartu tidak tergores. Biasanya karena terburu buru sebagian orang justru menariknya secara paksa sehingga membuat kartu ATM lecet.

7. Jangan Letakkan di Saku Celana atau Baju

Cara berikutnya adalah jangan menyimpan kartu pada saku baju ataupun celana karena bisa saja ada material seperti debu maupun pasir didalamnya. Material ini juga dapat menggores chip sehingga membuat kerusakan pada fungsinya.

8. Ganti Kartu ATM

Jika memang kartu sudah tidak bisa dipakai lagi maka kamu tinggal pergi ke bank dengan membawa KTP, buku tabungan serta kartunya. Kamu cukup meminta pergantian kartu kepada customer service seperti berikut.

  • Bawa KTP, kartu ATM, buku tabungan serta uang biaya pergantian sebesar Rp.10.000 sampai Rp.25.000.
  • Pergi ke kantor cabang terdekat.
  • Mengambil nomor antrian customer service.
  • Setelah dipanggil berikan keterangan ingin ganti kartu ATM.
  • Berikan semua syaratnya.
  • Proses pergantian dilakukan, kamu akan diminta membuat PIN baru.
  • Setelah selesai kamu akan menerima kartu ATM baru.

Kesimpulan

Banyak yang bertanya kenapa kartu atm baru tidak bisa digunakan, jawabannya menunggu minimal 1 jam untuk dapat aktif. Seperti halnya CARA MENGATASI KARTU ATM MANDIRI TIDAK DIIZINKAN kalian bisa melakukan pergantian apabila dibutuhkan.

Advertisements