12 Cara Menghindari Skimming ATM & Ciri Rekening 2021

Advertisements

Cara Menghindari Skimming ATM – Tempat transaksi yang paling strategis untuk mengakses layanan perbankan selama 24 jam penuh adalah ATM. ATM memberikan kemudahan untuk nasabah bank melakukan transfer, pembayaran, top up dan lain sebagainya.

Karena majunya teknologi ATM kini juga banyak pihak memanfaatkannya untuk mendapat keuntungan dengan melakukan kejahtan. Skimming reading merupakan kejahatan yang sering terjadi di ATM dimana merugikan nasabah serta membuat informasi data tidak aman lagi.

Apabila muncul KODE MUTASI REKENING yang mencurigakan bisa saja kartu ATM kalian terkena skimming. Memang Bank sudah memperbaiki infrastruktur supaya mesin ATM bisa lebih aman digunakan, namus kasus skimming terus terjadi oleh karena itu kita wajib berhati hati.

Advertisements

Sampai saat ini memang masyarakat luas belum tahu apa itu skimming dan cara menghindari terkena. Padahal efek paling buruknya uang di rekening bisa saja dikuras habis dan PIN ATM disalahgunakan untuk aktivitas pembayaran tertentu.

Kita wajib selalu waspada dan menghindari terjadinya skimming dengan melakukan beberapa cara. Selain bisa membuat uang dalam rekening aman, memanfaatkan tips menghindari skimming maka data nasabah juga lebih terjamin.

Apa itu Skimming ATM?

ciri ciri rekening kena skimming

Skimming adalah kejahatan dengan cara kerja pencurian informasi nasabah baik pemilik kartu kredit maupun debit. Cara kerja skimming ATM adalah dengan menyadap mesin melalui pemasangan alat tertentu sehingga mendapatkan PIN ataupun kode keamanan nasabah.

Contoh kasus skimming misalnya ketika kalian menggunakan ATM dengan reader berbeda maka PIN akan terbaca oleh pelaku sehingga dimanfaatkan untuk menguras uang dalam rekening. Lantas apakah uang korban skimming bisa dikembalikan? Bisa saja apabila kamu melaporkan kejadian tersebut kepada pihak bank beserta bukti transaksi.

Ciri-ciri Rekening Kena Skimming

Skimming sering terjadi pada ATM yang sepi ataupun jauh dari keramaian sehingga pengawasan tidak ketat. Pastinya pelaku akan mudah memasangkan perangkat skimming ataupun pencuri identitas.

Kalian wajib mengetahui ciri-ciri rekening kena skimming supaya dapat segera melaporkannya. Bagi kalian yang awam silahkan simak penjelasan dari Prosesbayar.com sebagai berikut.

  • Adanya biaya mencurigakan pada rekening kalian, misalnya muncul transfer dengan tujuan tidak dikenal ataupun pembayaran tidak jelas.
  • Ada orang yang menagih padahal kamu tidak mengambil kredit apapun. Bisa saja identitas kalian digunakan untuk aktivitas keuangan tertentu.
  • Mendapat hadiah tiba tiba padahal tidak ada program dari Bank bersangkutan.
  • Menerima surat berisi tagihan tambahan, sebaiknya kalian selidiki terlebih dahulu apakah benar benar dari lembaga perbankan resmi atau tidak.
  • Memperoleh suku bunga tinggi yang tidak sesuai ketentuan bank.
  • Menerima kiriman email yang tidak normal ataupun aneh dimana ada permintaan pembayaran ataupun pembukaan akun baru.
  • Adanya akun baru yang tampil di laporkan kredit, bisa berupa rekening ataupun pembukaan tabungan baru.

Cara Menghindari Skimming ATM

cara mengatasi skimming

Skimming dapat dicegah apabila kamu menjumpai mesin ATM ataupun perangkat yang mencurigakan. Apabila kamu belum mengetahuinya maka silahkan simak cara menghindari skimming ATM seperti dibawah ini.

1. Mengganti Kartu ATM Jadi Chip

Cara pertama adalah mengganti kartu ATM kalian menjadi versi chip karena memang jenis pita sudah tidak dianjurkan karena kurang aman. Banyaknya skimming ATM pada kartu jenis pita magnetik membuat kita diharuskan beralih ke chip karena data lebih terenkripsi dengan baik.

2. Lihat Lokasi ATM

Jangan sembarangan bertransaksi pada ATM terlebih yang lokasinya sepi karena tidak diawasi oleh satpam. Paling sering pelaku kejahatan skimming memasang alatnya pada mesin ATM yang jauh dari keramaian karena tidak ada CCTV.

3. Cek Mesin ATM

Berikutnya kalian cek mesin ATM apakah mencurigakan atau tidak. Biasanya jika skimming terjadi maka ada benda ataupun alat yang terpasang untuk menyadap data kalian. Pastikan tidak ada goresan, bekas lem, selotip maupun adanya mesin tambahan.

4. Menghindari Pemakaian ATM Saat Keypad Longgar

Tanda skimming yang paling terlihat adalah dari keypad, apabila kondisinya longgar ataupun tidak terpasang dengan baik pastinya sudah dipasangi alat tertentu. Tujuannya adalah membaca PIN ATM kalian sehingga pelaku bisa memanfaatkannya untuk menguras rekening.

5. Memeriksa Card Reader ATM

Cara menghindari skimming ATM berikutnya adalah dengan memeriksa card reader atau slot kartu, Biasanya bentuknya aneh dan tidak proporsional alias longgar sehingga dicurigai dipasang pelaku. Apalagi jika pada reader terdapat goresan, kerusakan ataupun plester maka jangan gunakan mesinnya.

6. Menutupi Area Keypad Saat Memasukkan PIN

Selalu rahasiakan PIN, cara yang paling simple adalah dengan menutupinya saat menekean keypad. Kadang pelaku memanfaatkan kamera pengawas untuk mengetahui gerakan jari kalian, sehingga lebih baik ditutupi.

7. Mengganti PIN Rutin

Cara menghindari skimming ATM paling mudah adalah dengan mengganti PIN rutin setiap beberapa bulan sekali. Cara ini sangat efekftif karena keamanan PIN jadi meningkat sehingga susah dibobol pelaku.

8. Menghindari Orang Asing yang Mengaku Petugas

Sering kali ketika bertransaksi di ATM ada orang asing yang mengaku petugas dan menawarkan memberikan bantuan. Kalian cukup menghindari orang tersebut karena sudah dipastikan merupakan pelaku kejahatan.

9. Periksa Mesin EDC

Kadang ketika memakai mesin EDC atau Electronic Data Capture kita kurang memperhatikan transaksinya. Pastikan mesinnya benar benar asli dari pihak Bank, jika ada yang mencurigakan kamu bisa melaporkannya ke polisi.

10. Jangan Terima Bantuan Orang asing

Modus yang sering terjadi pada tindakan skimming ATM adalah adanya tawaran bantuan dari orang tidak dikenal. Jangan menerima bantuan apapun apalagi saat berada dalam ATM karena dipastikan mereka adalah pelaku kejahatan.

11. Memeriksa Rekening Berkala

Cara menghindari skimming ATM selanjutnya adalah dengan memeriksa rekening secara rutin. Pastikan kamu gunakan fasilitas ATM, mobile maupun internet banking untuk cek mutasi rutin, apabila ada yang mencurigakan segera lapor.

12. Jangan Menghubungi Call Center Palsu

Kamu juga jangan sembarangan menghubungi nomor call center mengikuti sticker yang tertempel pada ATM. Pastikan nomornya resmi dari bank, demikian pula jika dihubungi nomnor asing maka jangan dipercaya.

Kesimpulan

Apabila terjadi kehilangan maka kamu bisa melakukan CARA MENGURUS ATM BCA YANG HILANG ataupun bank lainnya dengan jalur resmi. Hal ini untuk menghindari terkena skimming akibat ATM tidak aktif.

Secara langsung cara mengatasi skimming BRI maupun bank lainnya memang cukup mudah. Lebih baik kita lebih waspada dan memberitahukan orang terdekat untuk bertransaksi dengan ATM yang aman.

Advertisements