6 Cara Bayar Tol Pakai LinkAja Aman dan Mudah

Cara Bayar Tol Pakai LinkAja – Perkembangan dunia digital memang sangat pesat, salah satunya adalah dengan adanya dompet digital. Dompet digital atau uang elektronik ini sudah banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun ada juga beberapa dari mereka yang masih gaptek dalam hal ini. Berbicara mengenai dompet digital, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, yakni LinkAja. Yap, LinkAja merupakan dompet digital yang sangat populer di Indonesia.

Banyak sekali kemudahan yang dapat kita peroleh jika menggunakan LinkAja, salah satunya adalah pembelian pulsa, data, pembayaran, tagihan dan lain-lain. Nah pada pembahasan kali ini kamia akan membahas mengenai cara bayar tol pakai LinkAja.

Saat ini kita hanya perlu mengisi saldo LinkAja untuk melakukan berbagai macam pembayaran, salah satunya yakni untuk bayar tol. Cara bayar tol pakai LinkAja ini cukup mudah. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak berikut ini.

Cara Bayar Tol Pakai LinkAja Aman dan Mudah

Cara Bayar Tol Pakai LinkAja

1. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memeriksa terlebih dahulu apakah saldo LinkAja kalian sudah cukup untuk membayar, jika kurang kalian dapat mengisi ulang terlebih dahulu.

2. Selanjutnya kalian wajib membeli dan memasang RFID yang ditempel pada kaca lampu mobil bagian depan.

3. Jika sudah berada di gerbang tol, sistem yang ada di gerbang akan melihat RFID yang terkoneksi dengan aplikasi LinkAja.

4. Sistem gerbang akan mendeteksi saldo yang sesuai untuk membayar tol, jika saldo tercukupi atau sesuai maka sistem itu akan membukan gerbang tol secara otomatis.

5. Biasanya sistem ini tidak memakan waktu lama untuk melakukan proses.

6. Nantinya aplikasi LinkAja akan memberikan pemberitahuan jika pembayaran tol sudah berhasil.

Disini perlu kalian ketahui mengenai RIFD, yang mana sistem ini akan terbaca jika laju kendaraan kalian berada di kecepatan 30 km/jam. Sistem ini sebenarnya sangat mirip dengan OBU (On Board Unit e-Toll), hanyua saja dari segi ukuran serta harga lebih terjangkau RIFD.

Untuk tahap awal pengguna diwajibkan untuk menginstal aplikasi bernama FLO yang mana saldo pada aplikasi FLO ini berasal dari saldo LinkAja. Kemudian pengguna juga wajib mendaftarkan RIFD di mobil mereka di aplikasi FLO.

Akan tetapi kedepan para pengguna jalan tol yang ingin membayar menggunakan LinkAja tidak perlu lagi menginstal aplikasi FLO. Hal ini dikarena nantinya semua dapat dilakukan dengan aplikasi LinkAja. Namun hinga saat ini belum diketahui kapan RIFD akan dijual kemasyarakat.

Menurut informasi yang kami peroleh, sudah ada 20 titik gerbang tol yang sudah terpasang alat pembaca RIFD. Dan kabarnya pemerintah menargetkan memasang RIFD di 200 titik gerbang tol. Nah demikian yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags: ,