√ BNI Mobile Gagal Mengirim SMS : Penyebab & Solusinya

BNI Mobile Gagal Mengirim SMS – BNI menjadi salah satu bank yang memiliki cukup banyak fasilitas layanan guna mempermudah transaksi nasabahnya. Satu diantara banyaknya fasilitas tersebut adalah BNI Mobile.

Layanan fasilitas BNI mobile sendiri akan memberikan kemudahan saat kalian ingin melakukan transfer, cek saldo atau cek mutasi rekening. Namun agar nasabah dapat menggunakannya, maka diharuskan melakukan registrasi.

Nah saat proses registrasi, ada beberapa syarat untuk kalian lengkapi. Termasuk syarat agar nomor HP terdaftar mengirim SMS ke server BNI mobile. Hanya saja dari beberapa kasus yang ada, banyak pengguna BNI Mobile gagal mengirim SMS.

Yang dimana peran penting SMS aktivasi tersebut benar-benar dibutuhkan agar proses aktivasi berhasil. Akan tetapi bukan hanya BNI, ternyata bank BCA, Mandiri atau BRI juga terkadang mengalami masalah tersebut.

BNI Mobile Gagal Mengirim SMS dari Penyebab dan Cara Mengatasi

Lantas apa sih sebenarnya penyebab dan cara mengatasi BNI Mobile gagal mengirim SMS? Berikut akan prosesbayar.com lengkapi penjelasan mengenai hal tersbeut lewat artikel pembahasan dibawah ini.

Penyebab BNI Mobile Gagal Mengirim SMS

Penyebab BNI Mobile Gagal Mengirim SMS

Ada beberapa penyebab menjadikan kalian gagal mengirim SMS saat melakukan aktivasi BNI Mobile atau saat melakukan transaksi lainnya. Nah beberapa diantara penyebab tersebut antara lain.

  • Nomor HP terdaftar di layanan BNI Mobile tidak terletak di SIM 1
  • Sisa pulsa di nomor HP terdaftar tidak mencukupi
  • Koneksi jaringan atau sinyal di HP sedang bermasalah
  • Perangkat sudah tidak mendukung untuk layanan BNI Mobile
  • Server BNI sedang mengalami perbaikan atau maintenance
  • Fitur SMS Premium belum diaktifkan
  • Format SMS aktivasi terubah

Cara Mengatasi BNI Mobile Gagal Mengirim SMS

Gagal mengirim SMS biasanya dialami ketika para nasabah BNI akan melakukan aktivasi layanan BNI mobile. Kasus seperti ini memang bukan hal baru. Bahkan cara mengatasinya pun tidaklah jauh berbeda dengan cara mengatasi BCA MOBILE GAGAL SMS.

Seperti apa kiranya solusi paling tepat mengatasi masalah BNI mobile gagal mengirim SMS? berikut sudah prosesbayar.com rangkum beberapa solusi mengatsinya.

1. Atur Nomor HP di SIM 1

Atur Nomor HP di SIM 1

Bagi kalian yang belum tahu, nomor HP terdaftar di layanan Mobile Banking apapun itu lembanga Bank-nya. Mengharuskan nomor terdaftar di layanan tersebut harus terletak di SIM 1.

Jadi, jika smartphone kalian pakai fitur Dual SIM. Pastikan kalian meletakan SIM tersebut ke slot SIM pertama. Sebab, secara default aplikasi BNI Mobile akan menggunakan SIM 1 untuk mengirim SMS.

2. Pastikan Pulsa Cukup

Pastikan Pulsa HP Cukup

Mengacu pada penyebab BNI Mobile gagal mengirim SMS seperti diatas prosesbayar sampaikan. Sisa pulsa saat melakukan aktivasi BNI Mobile banking benar-benar harus tercukupi.

Jika tidak, maka proses pengiriman pesan pun akan gagal. Nah untuk memastikannya, kalian bisa gunakan beberapa metode dibawah ini untuk cek sisa pulsa di HP kalian, silahkan gunakan sesuai dengan provider masing-masing.

  • Cek Pulsa Telkomsel : *888#
  • Cek Pulsa Indosat : *363#
  • Cek Pulsa XL : *123#
  • Cek Pulsa Axis : *123#
  • Cek Pulsa Three (3) : *111#
  • Cek Pulsa Smartfren : *999#

3. Update Aplikasi BNI Mobile

Update Aplikasi BNI Mobile

Untuk mengatasi masalah BNI mobile tidak bisa mengirim SMS selanjutnya yaitu dengan melakukan update aplikasi BNI Mobile yang terinstal di HP kalian. Karena terkadang versi lama aplikasi tidak lagi didukung untuk mengirim SMS saat proses aktivasi.

Adapun cara update aplikasi BNI mobile bisa langsung dengan membuka Play Store atau App Store di HP kalian. Lalu cari BNI mobile, jika ada update maka Play Store atau App Store akan memberitahu informasinya. Ikuti saja petunjuk di halaman tersebut.

4. Aktifkan Fitur SMS Premium

Aktifkan Fitur SMS Premium

Dibeberapa tipe HP android yang ada saat ini, ada sebuah fitur yang memungkinkan kalian harus mengaktifkan layanan SMS Premium. Tujuannya agar pengiriman SMS penting termasuk SMS aktivasi BNI Mobile bisa terkirim.

Bagi pengguna Xiaomi untuk mengaktifkan SMS Premium bisa dengan cara masuk Pengaturan > Setelan Tambahan > Privasi > Akses Aplikasi Khusus > Akses SMS Premium. Untuk pengguna HP lain caranya pun tidak jauh berbeda, kalian cukup ikuti saja menu-menu yang ada.

5. Pastikan Format SMS Tidak Diubah

Pastikan Format SMS Tidak Diubah

Secara otomatis format SMS yang dikirim merupakan format yang diubuat oleh sistem BNI mobile, jadi pastikan kalian jangan mengubahnya sama sekali. Jika terubah otomatis SMS akan gagal.

Jadi ketika format SMS sudah terbuat dan muncul di form SMS ada baiknya kalian langsung kirim saja, jangan kalian edit satu huruf pun dari format SMS yang ada tersebut.

6. Pastikan OS HP Mendukung Aplikasi BNI Mobile

Pastikan OS HP Mendukung Aplikasi BNI Mobile

Dan solusi mengatasi BNI Mobile gagal mengirim SMS yang terakhir adalah memastikan bahwa smartphone masih didukung untuk menggunakan aplikasi BNI mobile. Mengingat aplikasi mobile banking ini akan terus mengalami pembaruan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Untuk mengetahui sistem operasi HP masih didukung atau tidak, sebaiknya buka halaman aplikasi BNI mobile di play store untuk mengetahui minimal OS bisa dipakai untuk aplikasi BNI Mobile tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa penyebab dan juga solusi mengatasi BNI Mobile gagal mengirim SMS yang kali ini dapat prosesbayar.com sampaikan dan jelaskan. Semoga penjelasan diatas cukup membantu kalian yang mungkin saat ini sedang mengalaminya.

Tags: , ,