√ Apa Itu Qris Mandiri : Cara Kerja, Manfaat & Keuntungan

Advertisements

Apa Itu Qris Mandiri – Menjadi bank dengan begitu banyak pengguna, sampai saat ini bank Mandiri telah menyediakan berbagai macam fasilitas perbankan untuk bisa nasabah gunakan dalam menunjang kebutuhan transaksi mereka. Satu di antara banyaknya fasilitas tersebut adalah Mandiri Online.

Dimana aplikasi mobile banking milik bank Mandiri ini bisa dibilang menjadi salah satu platform perbankan cukup user friendly, mudah digunakan, ringan & cepat. Tidak heran apabila jumlah transaksi dari aplikasi MANDIRI ONLINE terbilang cukup besar. Melihat hal tersebut Mandiri terus mengembangkannya sampai detik ini.

Dari beberapa perkembangan tersebut, beberapa waktu lalu Mandiri Online mendapatkan update cukup signifikan dengan disertakannya QRIS sebagai fitur unggulannya. Mendengarnya mungkin sebagian besar masyarakat sudah tidak lagi asing apa itu QRIS.

Advertisements

Karena di era serta digital seperti sekarang. Fitur QRIS sudah bisa kita jumpai di berbagai macam aplikasi dompet digital dan juga merchant QRIS. Termasuk di dalamnya Mandiri Online. Lantas pertanyaannya adalah apa itu QRIS Mandiri? apa saja fitur unggulannya, manfaat serta keuntungan serta cara menggunakannya?.

Apa Itu QRIS Mandiri dari Penjelasan dan Cara Menggunakan

Buat kalian yang penasaran dan ingin mengetahui lebih detail tentang apa itu QRIS Mandiri, kami rasa tepat sekali berada di sini. Sebab, seperti tertulis pada judul di atas, kali ini prosesbayar.com ingin menjelaskan semua hal terkait QRIS Mandiri seperti beberapa pertanyaan di atas.

Apa Itu QRIS Mandiri?

Apa Itu QRIS Mandiri

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sebuah standarisasi pembayaran digital dengan memanfaatkan metode kode QR yang digagas dan diperkenalkan Bank Indonesia (BI) di tahun 2019 lalu. Lewat fasilitas ini semua transaksi dapat dipastikan aman, cepat & lebih mudah.

Termasuk ketika menggunakan fitur QRIS di dalam aplikasi Mandiri Online. Hadirnya fitur satu ini otomatis seperti di atas kami singgung transaksi tentu bisa lebih mudah. Karena setiap nasabah hanya perlu melakukan scan QR Code yang telah terintegrasi ke berbagai macam aplikasi merchant.

Cara Kerja QRIS Mandiri

Cara Kerja QRIS Mandiri

Apabila sudah paham & sudah mengetahui apa itu QRIS Mandiri seperti prosesbayar.com jelaskan di atas. Berikut ini akan prosesbayar sampaikan beberapa jenis mekanisme cara kerja QRIS Mandiri. Secara garis besar cara kerja fitur terbaru dari bank Mandiri ini dibedakan menjadi dua kategori:

1. Merchant Presented Mode (MPM)

Cara kerja pertama yakni dengan memanfaatkan kode QR yang disediakan dan ditampilkan oleh pihak Merchant. Kemudian customer hanya perlu melakukan scan (dipindai) menggunakan aplikasi Mandiri Online atau lainnya.

Selain itu, memanfaatkan metode atau cara kerja ini. Otomatis ketika ingin menyelesaikan transaksi di outlet, maka pelanggan cukup menunggu merchant memberikan QR Code sebagai kode pembayarannya. Nah pada jenis ini setidaknya terdapat dua metode display:

a. Statis

  • QR Code ditampilkan melalui stiker atau hasil print out lainnya.
  • QR Code yang sama dapat dipakai & digunakan untuk setiap transaksi.
  • QR Code belum mengandung nominal pembayaran untuk dibayar oleh pengguna.
  • Input nominal dilakukan secara manual oleh pengguna.

b. Dinamis

  • QR Code ditampilkan melalui struk hasil cetak mesin EDC atau juga ditampilkan pada layar monitor outlet.
  • Setiap QR Code berbeda akan selalu di cetak untuk setiap transaksi.
  • QR Code juga sudah memiliki nominal sesuai tagihan yang harus dibayar pelanggan. Sehingga pengguna tidak perlu melakukan input nominal secara manual.

2. Customer Presented Mode (CPM)

Kemudian metode atau cara kerja QRIS Mandiri berikutnya yakni dengan memanfaatkan metode CPM atau Customer Presented Mode. Maksudnya, metode ini memungkinkan pengguna yang harus menunjukan kode QRIS yang dikeluarkan oleh aplikasi.

Selanjutnya kode tersebut diberikan kepada merchant untuk dipindai (scan) menggunakan alat scanner yang biasanya diletakan pada bagian kasir. Nantinya pada layar monitor outlet akan menampilkan informasi lengkap tentang detail pembayaran untuk diselesaikan oleh pengguna.

Cara Menggunakan QRIS Mandiri

Setelah memahami bagaimana cara kerja serta penjelasan apa itu QRIS Mandiri seperti di atas proesbayar.com rangkum serta jelaskan di atas. Berikut adalah detail penjelasan mengenai panduan tata cara menggunakannya.

1. Buka Aplikasi Mandiri Online

Pertama silahkan buka dan masuk akun Mandiri Online kalian dengan menggunakan username serta password sesuai dan benar.

1 Buka Aplikasi Mandiri Online

2. Pilih Ikon QRIS

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Mandiri Online, langsung saja pilih menu QRIS di bagian bawah seperti berikut ini.

2 Pilih QRIS

3. Arahkan Kamera Ke QR Code

Jika sudah terbuka maka otomatis aplikasi akan meminta untuk mengarahkan kamera ke QR Code, jadi segera arahkan kamera ke QR Code merchant.

3 Arahkan Ke QR Code

4. Konfirmasi Pembayaran

Total pembayaran pun akan keluar dan muncul pada layar aplikasi Mandiri Online. Tugas pengguna disini hanya perlu mengkonfirmasi pembayaran dengan menekan tombol kirim.

4 Konfirmasi

5. Masukan MPIN

Langkah terakhir, silahkan masukan MPIN Mandiri Online dengan benar untuk dapat menyelesaikan transaksi.

5 Masukan MPIN

Manfaat & Keuntungan QRIS Mandiri

Manfaat Keuntungan QRIS Mandiri

Nah bila sudah paham apa itu QRIS Mandiri, cara kerja, serta cara menggunakannya. Maka berikut beberapa manfaat serta keuntungan yang dapat nasabah dapatkan.

1. Bagi Merchant

  1. Proses pembayaran mudah karena cukup buka Mandiri Online dan pilih QRIS lalu arahkan ke kode QR merchant.
  2. Membuat outlet dapat mengikuti trend pembayaran di berbagai negara.
  3. Mengurangi pengelolaan dan risiko uang tunai.
  4. Memungkinkan untuk meningkatkan traffic penjualan karena adanya alternatif pembayaran lebih cepat, simple dan mudah.
  5. Bagi para pemilik outlet terdaftar, memanfaatkan QRIS otomatis akan membangun profil kredit merchant.
  6. Semua transaksi memakai fitur QRIS akan tercatat secara otomatis.
  7. Serta membantu dan mendukung program pengaplikasian program pemerintah dalam mengurangi penggunaan pembayaran non tunai.

2. Bagi Pengguna

  1. Membuat para konsumen menjadi lebih fleksibel di dalam memilih metode serta platform pembayaran dengan kode QR saat melakukan transaksi.
  2. Proses transaksi memakai QRIS Mandiri itu akan lebih efektif serta lebih efisien. Alhasil bisa memangkas waktu antrian.

Akhir Kata

Ada banyak sekali keuntungan bisa kita dapat saat memakai QRIS seperti di atas prosesbayar.com sampaikan. Yang jelas ketika sudah paham apa itu QRIS Mandiri, bagaimana cara kerja, cara menggunakannya. Otomatis akan banyak mendatangkan manfaatkan serta keuntungan.

Advertisements