3 Cara Transaksi QRIS Mandiri : Bayar & Transfer

Advertisements

Cara Transaksi Qris Mandiri – Memasuki era digitalisasi seperti sekarang ini memang ada begitu banyak metode transaksi yang bisa kita pakai. Apalagi seperti kita semua ketahui pemerintah juga terus mendukung transaksi digital untuk mengurangi penggunaan uang tunai agar berbagai macam tindak kejahatan dan kesalahan dapat dikurangi.

Melalui program tersebut, saat ini hampir semua bank dalam negeri telah mengimplementasikan berbagai macam cara bertransaksi dengan mudah, cepat dan minim kesalahan. Termasuk di dalamnya adalah bank Mandiri yang menerapkan fitur QRIS di dalam aplikasi Mandiri Online mereka.

Penerapan sistem transaksi memakai QRIS Mandiri, memungkinan setiap nasabah dapat melakukan berbagai macam pembayaran serta transfer dengan hanya memindah QR Code. Sebab seperti kita pahami bahwa QRIS MANDIRI memanfaatkan teknologi scanning barcode untuk dapat melakukan transaksi.

Advertisements

Nah bicara mengenai QRIS, setelah sebelumnya kita bahas mengenai apa itu QRIS Mandiri, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai panduan tata cara transfer dan bayar memakai fasilitas QRIS tersebut. Tentunya dengan menggunakan aplikasi Mandiri Online sebagai medianya.

Cara Transaksi QRIS Mandiri dari Transfer Bayar

Maka dari itu bagi kalian yang sekarang ini sudah memiliki aplikasi Mandiri Online, tidak ada salahnya tahu serta paham bagaimana cara memanfaatkan fasilitas QRIS Mandiri untuk transfer dan menyelesaikan pembayaran sebuah transaksi. Untuk itu, di bawah ini sudah prosesbayar siapkan panduan lengkap tentang tata cara transaksi QRIS Mandiri.

Transaksi QRIS Mandiri

Transaksi QRIS Mandiri

Mengacu pada pembahasan kita sebelumnya, Mandiri menawarkan dua metode transaksi QRIS yang dapat kita pakai. Kedua metode tersebut yakni MPM (Merchant Presented Mode) serta CPM (Customer Presented Mode). Kedua mode transaksi tersebut sebenarnya sama-sama untuk memudahkan pembayaran serta transfer dengan cepat serta mudah.

Hanya saja perbedaannya hanya terletak pada bagian metode pengaplikasiannya. Dimana untuk MPM pihak merchant yang akan menyediakan QR Code untuk di scan oleh nasabah. Sementara metode CPM mengharuskan nasabah membuat QR Code sendiri di aplikasi Mandiri Online mereka.

Dan untuk mempercepat pembahasan kali ini, mari langsung saja kita pahami bagaimana cara transaksi QRIS Mandiri untuk transfer dan bayar dengan mengacu pada dua metode penggunaan fitur QRIS Mandiri seperti di atas kami sampaikan.

Syarat & Ketentuan Transaksi QRIS Mandiri

Syarat dan Ketentuan Transaksi QRIS Mandiri

Untuk dapat melakukan transaksi baik itu transfer ataupun bayar dengan memanfaatkan fitur QRIS Mandiri. Maka kita sebagai pengguna harus melengkapi dan mengikuti beberapa syarat serta ketentuan yang berlaku. Nah berikut ini adalah syarat serta ketentuan – ketentuan tersebut.

  1. Memastikan bahwa setiap nasabah memiliki saldo mencukupi untuk melakukan transaksi seperti transfer atau bayar sebuah belanjaan.
  2. Mengharuskan aplikasi Mandiri Online sudah memakai versi paling baru.
  3. Mengingat baik-baik username, password serta MPIN Mandiri Online.
  4. Memahami serangkaian cara transaksi transfer serta bayar menggunakan QRIS Mandiri.

Silahkan pahami lebih dulu beberapa ketentuan tersebut. Jika memang versi aplikasi Mandiri Online kalian belum terbaru, kami sarankan agar segera melakukan update lebih dulu aplikasinya sesuai dengan tipe HP yang dipakai. Bagi pengguna android di Play Store dan pengguna iOS di App Store.

Cara Transaksi QRIS Mandiri

Setelah memahami syarat serta ketentuan menggunakan QRIS Mandiri seperti di atas kami sampaikan. Berikut panduan cara transaksi QRIS Mandiri untuk bayar dan transfer dengan mengacu pada dua metode di atas.

1. Transfer

Cara pertama yang akan kami contohkan yakni untuk transfer ke sesama Mandiri. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama buka aplikasi QRIS Mandiri, pastikan aplikasi sudah memakai versi terbaru serta sudah menggunakan koneksi internet stabil.
  2. Login dengan menggunakan username serta password Mandiri Online kalian atau memakai fingerprint sensor/face id jika sudah di daftarkan.
    1 Login Mandiri Online
  3. Setelah berhasil masuk, langsung saja tap menu QRIS di bagian pojok kanan bawah.
    2 PIlih QRIS Mandiri
  4. Pastikan pihak penerima sudah menyiapkan QR Code Mandiri mereka.
  5. Jika sudah, langsung saja kalian arahkan kamera HP di Mandiri Online ke QR Code milik penerima.
    3 Arahkan Kamera ke QR Code
  6. Sampai disini, kalian akan diminta memasukan nominal. Masukan dan tap menu lanjut.
  7. Jika sudah tampilan layar konfirmasi pun muncul, pastikan semua data yang terlihat sudah sesuai dan benar baik itu nama penerima ataupun nominal, kemudian tap Kirim.
  8. Masukan 6 digit MPIN dengan benar untuk menyelesaikan transaksi transfer.
    4 Masukkan MPIN QRIS Mandiri

2. Bayar (MPM)

Seperti di awal kami singgung, cara transaksi QRIS Mandiri untuk bayar terdapat dua metode untuk bisa kita gunakan salah satunya metode MPM atau Merchant Present Mode. Metode ini QR Code berasal dari pihak merchant.

  • Pertama nasabah melakukan transaksi pembelian di sebuah merchant, baik online ataupun offline hingga sampai ke menu pembayaran.
  • Setelah sampai ke metode pembayaran, lanjutkan dengan menyelesaikan transaksi menggunakan QRIS dengan cara buka aplikasi Mandiri Online dan pilih menu QRIS di bagian kanan bawah.
    1 Pilih Menu QRIS MPM
  • Secara otomatis, aplikasi akan membuka fitur kamera. Disini kalian cukup arahkan kamera tersebut ke arah QR Code milik merchant seperti berikut ini.
    2 Arahkan Kamera ke QR Code MPM
  • Jika sudah masukan nominal pembayaran yang harus diselesaikan dengan benar dan tap Lanjut.
    3 Input Nominal Transaksi MPM
  • Bila sudah lanjutkan dengan mengkonfirmasi semua data terlihat dan pastikan sudah sesuai kemudian tap Kirim.
    4 Konfirmasi Pembayaran MPM
  • Masukan MPIN dan transaksi untuk bayar belanjaan di merchant pun selesai.
    5 Masukkan MPIN Mandiri Online MPM

3. Bayar (CPM)

Selain metode MPM, seperti di awal kami singgung. Untuk urusan pembayaran, QRIS Mandiri menyediakan metode lain bernama CPM atau Customer Present Mode. Metode ini mengharuskan nasabah Mandiri membuat QR Code melalui Livin By Mandiri yang memiliki masa aktif selama 5 menit.

  • Pertama buka aplikasi Livin By Mandiri serta pastikan menggunakan versi paling baru.
  • Setelah terbuka, silahkan tap menu QRIS di bagian kanan bawah.
    1 Pilih QR Code CPM
  • Lalu pilih tab menu My QR Code di bagian kanan atas dan klik Buat QR Code.
    2 Tap Menu My QR Code CPM
  • Masukan MPIN dengan benar untuk persetujuan transaksi.
    3 Masukkan MPIN CPM
  • Setelah tergenerate, arahkan QR Code tersebut ke arah mesin scanner merchant untuk di pindai.
    4 Arahkan QR Code ke Merchant CPM
  • Konfirmasi pembayaran dilakukan dan transaksi pun selesai.
    5 Transaksi Selesai CPM

Akhir Kata

Itu tadi beberapa informasi yang kali ini dapat prosesbayar.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara transaksi QRIS Mandiri. Semoga apa yang sudah kami sajikan bisa menjadi referensi menarik untuk kalian semua.

Advertisements