√ Saldo ATM BRI Minus : Arti, Penyebab & Cara Mengatasai

Saldo ATM BRI Minus – Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia masih menjadi pilihan paling favorit banyak orang di tanah air untuk kebutuhan simpanan. Bahkan untuk memberikan pelyanan terbaik, BRI juga meawarkan berbagai macam fasiliats.

Advertisements

Dimana fasilitas dari bank BRI tersebut berupa kartu ATM yang akan diperoleh setiap nasabah saat melakukan pendaftaran atau pembuatan rekening baru. Dan dengan kartu ATM, proses transaksi pun akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Sebab, jaringan mesin ATM BRI bisa dikatakan paling luas hingga menjangkau pelosok daerah. Alasan ini lah yang membuat banyak orang lebih memilih BRI dibandingkan dengan bank-bank lain seperti Mandiri, BCA atau bahkan BNI.

Advertisements

Walaupun merupakan fasilitas resmi dari bank BRI, terkadang ATM BRI juga mengalami kendala, termasuk ATM BRI TIDAK BISA CEK SALDO atau bahkan tiba-tiba saldo ATM BRI minus. Kejadian ini memang akan cukup mengagetkan.

Arti Penyebab dan Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Apalagi jika kalian tidak memiliki tagihan atau angsuran yang dilakukan secara autodebet. Jika kalian mengalami hal seperti ini, tidak ada salahnya melapor langsung ke pihak Customer Service bank BRI setempat agar mendapatkan penjelasan.

Arti Saldo ATM BRI Minus

Arti Saldo BRI Minus

Saldo ATM BRI tiba-tiba minus tentu akan membuat sebagian pengguna akan merasa kaget. Oleh karena itu ada baiknya kalian pahami dulu arti saldo BRI minus serta penjelasan terkait penyebab dan solusi mengatasi masalah ini.

Pertama kita bahas tentang arti saldo BRI minus, bagi kalian yang belum tahu. Arti dari saldo ATM BRI minus adalah besaran nominal sisa saldo di ATM BRI yang secara otomatis berkurang hingga melebihi saldo tersisa (Rp -).

Biasnaya hal ini disebabkan karena banyak faktor, termasuk bagian dari sistem autodebet. Karena mungkin kalian pakai untuk membayar angsuran, tagihan atau premi asuransi belum terbayar.

Penyebab Saldo ATM BRI Minus

Penyebab Saldo ATM BRI Minus

Dari penjelasan diatas, bisa kita pahami bahwa saldo ATM BRI minus bisa saja karena penyebanya nasabah mengaktifkan fitur autodebet untuk beberapa layanan. Namun selain itu, ada juga beberpa penyebab lain membuat saldo rekening BRI minus. Berikut beberapa diantaranya.

Autodebet Pinjaman Online

Seperti kami singgung diatas, salah satu penyebab saldo ATM BRI minus bisa jadi karena adanya autodebet dari pinjaman online yang kalian miliki. Apalagi untuk saat ini banyak sekali perusahaan memanfaatkan teknologi autodebet untuk beberapa layanan mereka.

Untuk meminimalisir terjadinya gagal bayar angsuran para nasabah. Sehingga banyak perusahaan pinjaman online yang memanfaatkan fasilitas ini. Caranya dengan melakukan kerjasama antara perusahaan Pinjol (pinjaman online) dengan beberapa bank termasuk Bank BRI.

Autodebet Premi Asuaransi

Bukan hanya itu, penyebab lain saldo ATM BRI tiba-tiba minus juga bisa jadi karena adanya tindakan penarikan otomatis dari pihak bank. Tujuannya untuk melakukan pembayaran premi asuransi jiwa yang telah disepakati oleh nasabah.

Dari beberapa kejadian, ini merupakan salah satu penyebab saldo BRI minus yang mungkin tidak banyak diketahui. Karena kemungkinan besar pada saat pendaftaran dan mendapatkan informasi dari pihak BRI, nasabah selalu mengiyakan apa yang dikatakan oleh petugas.

Transfer Terjadwal

Kemudian penyebab hilangnya saldo ATM BRI secara tiba-tiba lainnya adalah fitur transfer terjadwal. Fitur transfer terjadwal sendiri merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan BRI di layanan Internet banking BRI dan juga Mobile Banking BRI.

Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis kalian akan mengalokasikan dana tersisa di rekening/ATM untuk di gunakan sebagai saldo yang akan ditransfer sesuai jadwal yang telah kalian tentukan.

Penarikan Data Harian

Penyebab lain membuat saldo ATM BRI tiba-tiba minus yaitu terjadinya penarikan data harian oleh sistem BRI. Dimana penarikan data harian ini biasanya akan membuat saldo terpotong secara otomatis.

Namum pada umumnya setelan proses penarikan data harian selesai, saldo akan kembali ke data rekening nasabah. Mengingat tujuan dari penarikan ini digunakan untuk pendataan bank BRI. Jadi silahkan lakukan pengecekan secara berkala.

Perbaikan Layanan

Apabila kalian tidak merasa memiliki tunggakan apapun di bank BRI yang dilakukan secara otomatis atau autodebet. Namun saldo tiba-tiba minus, mungkin karena sedang adanya perbaikan layanan dari pihak Bank BRI atau sedang dalam program maintenance.

Jadi jika saldo minus benar-benar terjadi karena perbaikan layanan, kalian tidak perlu merasa cemas. Sebab perbaikan biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Jadi silahkan lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan saldo kembali.

Potongan Bulanan

Dan penyebab lain membuat saldo BRI tiba-tiba minus bisa jadi dikarenakan adanya potongan bulanan. Dimana jika memang menjadi penyebab utamanya maka wajar dan bisa kita maklumi.

Mengingat biaya bulanan sendiri merupakan potongan langsung di lakukan oleh pihak BRI secara otomatis. Dimana tujuan pemotongan saldo untuk kebutuhan biaya administrasi ini digunakan untuk pemeliharaan sistem bank BRI.

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Setelah memahami beberapa penyebab diatas, bisa disimpulkan bahwa saldo ATM Minus seringkali dikarenakan adanya potongan autodebet dari pihak bank terkait beberapa hal seperti kami sebutkan diatas.

Jadi solusi paling tepat untuk mengatasi masalah saldo ATM BRI minus adalah memastikan lebih dulu penyebab utamanya. Karena jika terpotong karena fitur autodebet terkait tagihan atau angsuran,.

Maka untuk mengatasi masalah ini sebaiknya setorkan besaran nilai angsuran agar mengendap bersama dengan saldo minimal sehingga keluar masuknya uang akan lebih jelas.

Namun jika nasabah tidak punya angsuran atau tagihan yang dilakukan secara otomatis. Maka prosesbayar.com sarankan untuk segera melaporkannya ke pihak bank dengan membawa beberapa berkas seperti kartu ATM, Buku Rekening, dan juga Kartu Identitas terkait.

Call Center BRI

Call Center BRI

Atau bisa juga dengan menanyakan hal ini ke layanan call center BRI berikut.

Nah itulah kiranya informasi yang kali dapat kami sampaikan serta jelaskan terkait masalah penyebab dan juga cara mengatasi saldo ATM BRI minus secara tiba-tiba. Sekian dan semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa membantu.

Advertisements