8 Cara Cek Riwayat Pembelian Token Listrik PLN 2020

Cek Riwayat Pembelian Token Listrik – Mengalokasikan dana untuk kebutuhan pokok memang sudah menjadi bagian yang cukup penting. Dengan begitu kebutuhan pokok bulanan tentu akan menjadi lebih tertata dan teratur. Hal tersebut juga tidak bisa dihindari pada pemakaian listrik PLN yang mana merupakan satu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan.

Namun bagi anda yang mungkin tidak selalu menggunakan alokasi dana bulanan untuk kebutuhan pokok termasuk pembelian pulsa token listrik atau pembayaran listrik PLN. Mungkin pernah berpikiran ingin mengetahui secara rinci riwayat pembelian token listrik untuk beberapa bulan yang lalu bukan?

Dimana dengan mengetahui riwayat pembelian tersebut otomatis anda akan bisa menggabarkan pemaiakan bulanan listrik prabayar dirumah. Dari hal tersebut, ternyata masih banyak orang yang masih merasa bingung tentang bagaimana cara cek riwayat pembelian token listrik PLN itu sendiri? Padahal sebenarnya caranya pun terbilang mudah.

Bahkan tidak lebih sulit dari cara beli token listrik di Akulaku yang sebelumnya pernah kami sampaikan. Jadi bila anda ingin mengetahui riwayat pembelian token listrik namun belum mengetahui bagaimana caranya, tidak ada salahnya menyimak info terbaru dari prosesbayar.com berikut ini sampai akhir.

Cara Cek Riwayat Pembelian Token Listrik Terbaru

Cek Riwayat Pembelian Token Listrik

 

Untuk melakukan pengecekan riwayat pembelian sendiri setidaknya ada 5 cara yang bisa kita gunakan. Dimana kelima cara tersebut tentu akan bisa anda gunakan untuk mengetahui riwayat pembelian dengan cepat. Apa saja kelimat cara tersebut? berikut informasi lengkap yang sudah kami rangkumkan untuk anda.

1. Email PLN

Email PLN

Untuk melakukan pengecekan riwayat pembelian token listrik anda dapat menggunakan layanan customer service yang disediakan oleh PLN. Dimana salah satu layanan customer serive tersebut adalah melalui surat elektronik ataupun Email yang beralamat di pln123@pln.co.id.

Dengan menggunakan layanan email ini, tentunya anda akan bisa mendapatkan riwayat pembelian token listrik yang sudah pernah anda lakukan. Namun sama seperti customer serive lainnya, pertanyaan lewat emai ini biasanya akan membutuhkan kesabaran karena tidak akan langsung di balas.

2. Telepon PLN

Telepon PLN

Selain metode diatas, PLN juga sudah menyediakan layanan berbasis panggilan telepon yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan riwayat pembelian token listrik anda. Untuk metode yang satu ini anda diharuskan untuk memiliki pulsa yang cukup karent tidak bersifat gratis.

Setelah sudah menyiapkan pulsa, silahkan anda hubungi call center PLN dengan mengetikan kode area tempat tinggal anda kemudian ketikan nomor call center PLN di 123. Jika sudah terhubung silahkan anda ikuti petunjuk arahan yang di berikan untuk bicara dengan customer service PLN.

3. Kantor PLN

Kantor PLN

Metode pengecekan riwayat pembelian token listrik yang selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor PLN didaerah anda. Yah cara ini merupakan cara paling simple yang bisa anda gunakan . Hanya saja mau tidak mau anda harus keluar rumah untuk mendatangi kantor PLN didaerah anda.

Jika anda ingin mengunakan metode ini, pastikan terlebih dahulu beberapa dokumen penting yang harus anda bawa seperti KTP dan kartu PLN. Setelah itu datangi petugas dan katakan tujuan dan maksud anda datang ke kantor PLN.

4. Website PLN

Website PLN

Tidak hanya menggunakan metode diatas, cara cek riwayat pembelian token listrik juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan website resmi PLN. Bahkan yang lebih menariknya dengan memanfaatkan website PLN ini, kita tidak hanya akan mendapatkan inforamsi mengenai riwayat pembelian token listrik atau riwayat pembayaran tagihan listrik.

Namun dengan memanfaatkan website resmi PLN, kita juga akan mendapati banyak informasi lain yang mungkin tidak ditemukan lewat dua metode diatas. Lalu bagaimana cara cek riwayat pembelian token listrik lewat website PLN ini? silahkan lihat panduan dibawah ini.

  1. Silahkan buka browser yang sering anda gunakan di HP ataupun di PC
  2. Masukan alamat https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html untuk membuka situs pengecekan resmi dari PLN
  3. Pilih IDPEL apabila anda merupakan pengguna token listrik, dan pilih No Meter apabila anda menggunakan listrik PLN tipe lama
  4. Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meter pada kolom yang disediakan, kemudian klik Cari
  5. Jika data atau nomor meter yang anda masukan benar, otomatis anda akan melihat detail riwayat pembelian transaksi secara detail.

5. Aplikasi PLN

Cara terakhir cek riwayat pembelian token listrik yang terakhir adalah lewat aplikasi PLN Mobile yang kini bisa diakses di semua jenis smartphone baik itu Android ataupun iPhone. Yang paling menariknya lagi, untuk pengecekan riwayat pembelian token listrik lewat apliksai anda juga tidak perlu memiliki akun. Ini tentu mejadi kelebihan utamanya. Berikut adalah cara-caranya.

1. Silahkan download dan instal aplikasi PNL Mobile sesuai dengan perangkat yang anda gunakan

Download Aplikasi PLN Mobile

2. Setelah berhasil terdownload silahkan buka aplikasi PLN Mobile

Buka Aplikasi PLN Mobile

3. Silahkan login dengan akun anda apabila memilikinya, atau bisa juga tanpa masuk menggunakan akun

4. Jika sudah masuk pada halaman utama PLN Mobile, silahkan anda pilih tab Informasi pada bagian atas

Pilih Tab Informasi

5. Kemudian pilih sub menu Informasi Tagihan dan Token Listrik

Informasi Tagihan

6. Masukan ID pelanggan atau Nomor Meter anda di kolom yang akan muncul secara benar kemudian tap Cek Tagihan

Masukan ID Pelanggan

7. Jika token benar, maka infomrmasi mengenai pembelian token listrik terakhir akan anda lihat. Beberapa informasi tersebut antara lain

  • Nomor Token Listrik
  • Nominal yang dibeli
  • Tanggal dan Jam Pembelian

 

Riwayat Pembelian Terakhir

Dengan mengetahui informasi riwayat transaksi pembelian token listrik tentu saja anda akan bisa mengetahui jumlah pemakaian kWh dalam sekali pembelian yang sudah anda lakukan. Nah kitanya itu dulu informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat.

Tags: ,