12 Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI 2021 : Ciri & Penyebab

Advertisements

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI – Tidak dipungkiri saat ini nasabah BRI memang tersebar luas diseluruh Indonesia. Tentunya sebagai nasabah kadang ada beberapa permasalahan perbankan yang menyebabkan berbagai aktivitas terganggu salah satunya adalah rekening dormant.

Banyak orang mengenal status rekening pasif dimana tak dapat digunakan untuk bertransaksi tanpa disadari. Pastinya CARA CEK SALDO BRI LEWAT HP untuk sementara waktu tak dapat dilakukan, banyak orang mengganggap sumber permasalahannya adalah kartu ATM padahal kenyataannya berbeda.

Biasanya ketika melakukan cek saldo ataupun informasi tabungan akan muncul pesan rekening pasif sehingga membingungkan bagi sebagian orang. Ketika rekening dormant terjadi pastinya sebagai pemiliknya kita harus tahu cara mengatasi dan juga mengaktifkan kembali.

Advertisements

Sampai saat ini penyebab rekening dormant memang cukup beragam dimana tidak disadari pemiliknya. Oleh karena itu kalian perlu mengetahui ciri awalnya supaya dapat segera mengambil tindakan dan tak terjadi penutupan rekening secara sepihak oleh bank BRI.

Perlu diingat bahwa ketika kamu membuka rekening BRI ada syarat dan juga ketentuan, salah satunya mengatur mengenai rekening dormant serta batas waktunya. Supaya tidak bingung Prosesbayar.com sudah merangkum cara mengaktifkan rekening dormant BRI yang terblokir dibawah ini.

Apa itu Rekening Dormant ?

Apa itu Rekening Dormant

Rekening dormant adalah simpanan tabungan atau giro nasabah yang tidak melakukan transaksi apapun dalam waktu 6 bulan berturut turut sehingga menyebabkan pemblokiran sementara. Dikatakan juga sebagai rekening pasif karena hanya tak ada transaksi selain membayar biaya admin dan juga menerima bunga.

Ciri Rekening Dormant BRI

Apabila masih bingung mengenai rekening dormant BRI maka kita dapat melihatnya dari ciri cirinya. Apabila rekening BRI kamu mengalami keadaan pasif secara otomatis akan muncul beberapa hal seperti dibawah ini.

  • Saat menggunakan mesin ATM muncul notifikasi Transaksi Gagal, Rekening Dormant ataupun Rekening Pasif.
  • Setor tunai gagal dapat dilakukan.
  • Saat orang lain transfer ke rekening kamu maka akan mengalami kegagalan.

Penyebab Rekening Dormant BRI

Munculnya rekening dormant BRI pastinya karena penyebab ketiadaaan aktivitas mencakup melalui ATM, SMS, internet dan juga mobile banking. Bank BRI memiliki ketentuan tersendiri, kita bisa melihat penyebab rekening dormant sebagai berikut.

cara mengatasi atm bri dormant
  • Saldo rekening dibawah minimal biasanya Rp.50.000.
  • Tidak melakukan transaksi transfer, tarik tunai, pembayaran, pembelian dan lain sebagainya
  • Dalam waktu 6 bulan terakhir rekening pasif serta tak digunakan.
  • Tidak menggunakan menggunakan fasilitas perbankan BRI (ATM, SMS, internet & mobile banking) dalam waktu 541 hari untuk BritAma atau 365 untuk Simpedes.

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

cara mengaktifkan kembali rekening bri

Untuk cara mengaktifkan kembali rekening BRI kamu pastinya wajib pergi ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan. Sebelumnya pastikan dengan melakukan transfer atau setor tunai apakah masih bisa, jika memang tidak berfungsi maka segera urus di kantor BRI.

Cara aktifkan rekening BRI sangatlah mudah, kamu cukup membawa KTP, buku tabungan kartu ATM maupun uang sebagai syaratnya. Selanjutnya tinggal mengantri kemudian mengurusnya langsung ke customer service BRI.

  1. Siapkan KTP, kartu ATM, uang minimal Rp.100.000 maupun buku tabungan BRI kalian.
  2. Kunjungi kantor BRI terdekat.
  3. Setelah sampai silahkan mengambil antrian untuk customer service.
  4. Tunggu sampai nomor kalian dipanggil.
  5. Setelah dipanggi silahkan datang ke meja CS sesuai nomornya.
  6. Minta untuk mengaktifkan rekening dormant BRI.
  7. CS akan meminta dokumen, serahkan KTP, ATM kemudian juga buku tabungannya.
  8. CS kemudian akan memeriksa informasi rekening kalian.
  9. Apabila sudah sesuai maka kamu diberikan formulir untuk aktivasi rekening BRI ulang.
  10. Ketika sudah selesai silahkan berikan tanda tangan.
  11. CS akan meminta penyetoran minimum Rp.100.00 serta berikan uangnya.
  12. Setelah selesai kamu akan menerima buku tabungan maupun ATM BRI yang sudah aktif.

Akhir Kata

Seperti yang kita tahu BIAYA SMS BANKING BRI memang tergolong murah, namun sebagian orang jarang menggunakannya ketika terlalu banyak notifikasi. Ketika dalam keadaan rekening dormant kalian akan tiba tiba berhenti menerima notifikasi karena memang tak ada transaksi yang dilakukan.

Dapat dikatakan cara mengaktifkan rekening BRI yang terblokir diatas sangat efektif jika kamu ingin menggunakannya kembali. Setelah rekening aktif kembali pastikan selalu lakukan transaksi minimal sebulan sekali serta cek saldo secara rutin agar tidak mengalami dormant.

Advertisements