Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri yang Praktis

Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri – Dollar adalah mata uang asing yang sudah menjadi uang standard di berbagai negara asing, termasuk negara kita ini Indonesia. Sebenarnya ada beberapa cara untuk kita mendapatkan dollar dan juga mata uang asing lainnya. Dimana salah satu cara yang paling mudah adalah dengan cara money changer atau penukaran mata uang rupiah ke mata uang asing.

Penukaran mata uang rupiah ke mata uang asing juga dapat kita lakukan di beberapa Bank di Indonesia, yang mana salah satunya adalah Bank Mandiri. Perlu kalian ketahui bahwa Bank Mandiri ini adalah Bank dengan tingkat kapitasi terbesar yang telah memiliki banyak sekali cabang di seluruh Indonesia. Dan sejumlah layanan perbankan juga sudah tersedia, seperti tabungan khusus untuk mata uang asing. Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwa Bank juga dapat bertindak sebagai Money Changer atau juga penyedia layanan tabungan.

Anda tentunya juga dapat menghubungi customer service dan bertanya secara langsung mengenai cara membeli dollar di Bank Mandiri. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencari informasi terkait pembelian dollar untuk mempersingkat waktu. Disamping itu, informasi yang berguna pastinya akan sangat membantu anda sehingga proses pembelian dollar menjadi lancar. Dan ngomong-ngomong soal dollar, anda juga harus update mengenai kurs rupiah ke dollar dan juga sebaliknya dollar ke rupiah. Selain itu anda juga harus memahami betul perbedaan antara kurs jual dan beli.

Kurs jual dan kurs beli ini tentunya memiliki perbedaan yang bisa dikatakan cukup signifikan. Dimana kurs jual ini menunjukan bahwa harga yang ditawarkan oleh Bank saat menjual dollar, sedangkan kurs beli adalah harga yang diberikan bank ketika membeli dollar. Dan perlu anda ingat bahwa pembeliaan dollar ini sama saja dengan penukaran rupiah ke dollar. Nah, jadi kurs apa sih yang digunakan, yang berhubungan dengan cara membeli dollar di Bank Mandiri? Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi mengenai cara membeli dollar di Bank Mandiri berikut ini.

Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri yang Praktis

Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri yang Praktis

Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri yang Praktis

1. Penukaran Langsung

Yang satu ini anda garus memperhatikan kurs jual ketika melakukan penukaran atau pembelian mata uang asing/dollar. Dimana Bank akan menjual dollar dan anda membeli dollar tersebut. Transaksi ini juga masuk dalam jual beli dan produk dari transaksi ini adalah valuta asing yakni dollar.

Kedua kurs ini berbeda dikarenakan Bank juga mencari keuntungan, maka jangan heran jika harga jual dan juga harga beli dollar ini berbeda, dimana Bank akan membeli dengan harga yang lebih rendah dibandingkan  dengan harga jualnya. Hal inilah yang menjadi awal dari perkembangan pasar valuta asing dimana terjadi jual beli mata uang antar negara.

Nah untuk cara membeli dollar di Bank Mandiri yang cukup mudah adalah dengan cara mendatangi langsung ke counter. Dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah cabang bank yang memiliki area penukaran uang atau biasa disebut money changer. Tidak semua cabang bank ini dapat melakukan money changer, dan biasanya ada di pusat-pusat kota besar yang menyediakan fasilitas yang satu ini.

Anda hanya perlu datang ke kantor cabang tersebut dan menanyakan langsung serta menunggu untuk pelayanan transaksi mata uang asing/dollar. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kurs dollar dari Bank Mandiri ini memiliki kurs yang berbeda jika melakukan penukaran via online. Maka dari itu anda harus menggunakan kurs yang tampak pada papan kurs asing yang ada di cabang bank tersebut. Sedangkan untuk penukaran secara langsung memiliki batasan jumlah dollar yang dapat ditukar, dan hal ini juga berhubungan dengan ketersediaan dollar yang ada di cabang Bank Mandiri tersebut.

2. Tabungan Valas

Dan cara membeli dollar di Bank Mandiri yang kedua adalah dengan tabungan valas. Disamping memiliki fasilitas tabungan umum, Bank Mandiri juga menyediakan tabungan untuk mata uang asing seperti dollar, yen, euro dan banyak lagi lainnya. Penggunaan tabungan valas ini juga hampir sama dengan tabungan umum, hanya dibedakan dengan mata uangnya saja. Maka dari itu, salah satu cara membeli dollar di Bank Mandiri adalah dengan membuka tabungan valas.

Untuk membuka tabungan valas anda juga harus mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Di Bank Mandiri ini hanya membolehkan tabungan untuk perorangan dan juga joint account atau dua orang. Lalu pemilik tabungan juga harus memberikan foto copy KTP atau identitas diri lain yang masih berlaku, baik untuk warga negara Indonesia ataupun warga negara asing.

Dan yang terakhir adalah setoran awal untuk tabungan valas adalah sebesar $100. Persyaratan tersebut berlaku juga untuk mata uang negara lain. Dengan menggunakan tabungan untuk penukaran mata uang asing ini tentunya memiliki beberapa kelebihan, antara lain yakni anda tidak perlu repot untuk membawa uang cash langsung. Lalu proses beli dan tukar uang juga dapat dilakukan dari tabungan rupiah ke tabungan dollar ataupun sebaliknya. Maka dari itu, anda membutuhkan 2 tabungan untuk melakukan transaksi silang.

3. ATM

Cara membeli dollar di Bank Mandiri yang ketiga adalah dengan melalui ATM. Dimana pemiliki tabungan dapat melakukan transaksi keuangan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta melakukan penarikan dengan cara langsung. Umumnya ATM ini hanya berisi uang rupiah yang banyak sekali tersebar di seluruh kota-kota. ATM dollar memang bisa dikatakan langka, namun saat ini sudah dapat ditemukan di berbagai kota-kota besar.

Untuk penarikan melalui ATM, anda harus mencari ATM tertentu yang biasanya tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta dan juga Surabaya. Disamping itu, ATM dollar juga saat ini telah tersedia di area wisata yang banyak dikunjungi oleh turis asing seperti halnya Bali. Disini ada 2 pilihan, pertama dengan menggunakan tabungan rupiah lalu melakukan transaksi pembelian uang dollar secara lansgung.

Dan yang kedua, uang dollar ini dapat diambil seperti tabungan rupiah sehingga mengurangi saldo tabungan dollar milik anda. Nah penggunaan ATM ini merupakan cara membeli dollar di Bank Mandiri yang paling mudah dan praktis karena dapat dilakukan di ATM mana saja.

Nah itulah tadi beberapa cara membeli dollar di Bank Mandiri yang mungkin dapat kalian lakukan. Cara-cara diatas tersebut juga bisa dikatakan merupakan cara yang cukup praktis. Namun cara membeli dollar di Bank Mandiri yang cukup praktis yakni dengan menggunakan ATM, karena kalian dapat melakukan transaksi di ATM mana saja.

Baca juga : Kegunaan Kartu Flazz BCA yang Wajib Diketahui

Sebenarnya masih ada beberapa cara membeli ATM di Bank Mandiri yang dapat kalian lakukan, seperti lewat SMS dan Online yakni dengan memanfaatkan internet yang saat ini telah berkembang di seluruh dunia. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ulasan informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: , , , , , , ,