7 Cara Bayar MRT Jakarta : Beli Kartu MRT & Cara Naik MRT

Cara Bayar MRT – MRT Jakarta akhirnya resmi beroperasi dan bisa digunakan oleh masyarakat Jakarta. Hadirnya MRT atau Moda Raya Terpadu ini diharapkan bisa mengubah gaya hidup masyarakat Jakarta untuk naik transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Adanya MRT Jakarta juga menjadi solusi untuk mengurangi kemancetan di beberapa kawasan di Jakarta.

Perlu diketahu bahwa MRT Jakarta merupakan moda raya terpadu pertama di Indonesia. Artinya kota yang baru ada MRT di Indonesia adalah kota Jakarta. Buat anda yang bukan masyarakat Jakarta namun ingin menjajal ataupun mencoba MRT ini maka bisa berkunjung ke Jakarta.

Namun sebelum itu anda harus mengetahui dulu cara bayar MRT beserta cara naik MRT Jakarta. Selain itu anda juga wajib tahu peraturan naik MRT Jakarta. Sehingga nantinya anda tidak kaget lagi jika akan menaiki MRT Jakarta.

Berbeda dengan Gojek yang saat ini bisa membayar pesanan lewat Paylater Gojek. Untuk MRT Jakarta ini cara pembayarannya menggunakan kartu. Dimana ada 2 kartu yang bisa anda pakai untuk bisa membayar MRT Jakarta diantaranya kartu MRT Jakarta dan kartu e-Money yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri ataupun Bank di Indonesia.

Cara Bayar MRT Terbaru & Cara Naik MRT

Cara Bayar MRT Jakarta Beli Kartu MRT & Cara Naik MRT

MRT Jakarta ini memang proyek yang sebenarnya sudah lama dan baru bisa beroperasi pada bulan Maret 2019. Karena masih terbilang baru, maka wajar jika masih ada beberapa kekurangan. Yang nantinya bisa diperbaiki oleh pemerintah Jakarta.

Cara Bayar MRT Pakai Kartu MRT Jakarta

Cara Bayar MRT Pakai Kartu MRT Jakarta

Jika anda ingin menggunakan kartu MRT Jakarta, maka anda harus tahu ada 2 macam kartu MRT Jakarta diantaranya kartu MRT Jakarta Single Trip Ticket (STT) dan Multi Trip Ticket (MTT). Untuk harga tiket Single Trip sekitar Rp 15.000, dimana tiket ini hanya berlaku 1 hari saja. Jika masih ada saldo anda bisa melakukan refund ke petugas stasiun MRT. Kartu ini sangat cocok untuk anda gunakan jika anda berasal dari luar Jakarta.

Lalu untuk kartu Multi Trip harganya sekitar Rp 25.000. Bedanya jika Single Trip harus dipakai di stasiun pembelian kartu sedangkan untuk multi trip bisa digunakan kapan saja. Semua pembelian kartu MRT Jakarta bisa dilakukan di semua stasiun MRT Jakarta.

Cara Bayar MRT Pakai Kartu e-Money dari Bank

Cara Bayar MRT Pakai Kartu e-Money dari Bank

Jika anda tidak ingin menggunakan kartu MRT Jakarta, dan anda memiliki kartu e-Money dari Bank seperti e-Money Flazz, e-Money Mandiri, TapCash, Brizzi dan Jakcard. Maka anda bisa mengisi saldo yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan MRT Jakarta anda. Untuk isi ulang e-Money bisa dilakukan lewat ATM, Mobile Banking, ataupun Internet Banking.

Cara Naik MRT Jakarta

Cara Naik MRT Jakarta

Setelah mendapatkan kartu MRT Jakarta ataupun kartu e-Money maka anda sudah bisa naik MRT Jakarta. Anda tinggal menempelkan kartu pada gerbang penumpang yang ada di setiap stasiun MRT. Setelah itu anda harus antre di belakang garis yang aman dan sesuai dengan jalur tujuan anda. Jika sudah sampai maka anda tinggal tempelkan kembali kartu di gerbang keluar penumpang.

Jadwal Kereta MRT Jakarta

Jadwal Kereta MRT Jakarta

  • Kereta MRT Jakarta pertama mulai pukul 05.30 WIB
  • Kereta MRT Jakarta terakhir sampai pukul 22.30 WIB

Peraturan Naik MRT Jakarta

Peraturan Naik MRT Jakarta

1. Dilarang keras membuang sampah sembarangan

2. Wajib mendahulukan penumpang yang turun

3. Tidak boleh menggunakan makeup di dalam kereta

4. Utamakanlah mereka yang sangat membutuhkan kursi atau tempat duduk

5. Gerbang khusus digunakan hanya untuk pengguna kursi roda dan membawa koper

6. Wajib mematuhi rambu dan tanda-tanda yang ada di stasiun MRT.

Rincian Perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI

Rincian Perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI

  • Lebak Bulus-Fatmawati: Rp 4.000
  • Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp 5.000
  • Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp 6.000
  • Lebak Bulus-Blok A: Rp 7.000
  • Lebak Bulus-Blok M: Rp 8.000
  • Lebak Bulus-ASEAN: Rp 9.000
  • Lebak Bulus-Senayan: Rp 10.000
  • Lebak Bulus-Istora: Rp 11.000
  • Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12.000
  • Lebak Bulus-Setiabudi: Rp 13.000
  • Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp 14.000
  • Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp 14.000

Gambar Peta Jalur MRT Jakarta

Gambar Peta Jalur MRT Jakarta

Itulah informasi mengenai cara bayar MRT Jakarta yang wajib untuk anda ketahui. Jika anda baru akan menggunakan moda transportasi terbaru di Indonesia ini. Pastikan sebelum menaiki MRT Jakarta, anda sudah memiliki saldo yang cukup untuk perjalanan anda.

Tags: