7 Kode Function Mesin EDC BCA : Fungsi dan Kombinasi

Advertisements

Kode Function Mesin EDC BCA – Mugkin ada dari kalian yang saat ini masih belum tahu apa itu mesin EDC atau Electronic Data Capture. Secara fungsi, mesin berbentuk kecil seperti telepon genggam ini hampir sama persis dengan mesin ATM pada umumnya.

Karena dengan mesin EDC ini para pemilik kartu ATM atau kartu kredit bisa melakukan berbagai macam transaksi pembayaran. Hal ini karena mesin EDC sendiri merupakan perangkat keras atau mesin yang dibuat untuk mempermudah penerimaan pembayaran.

Dengan adanya mesin berteknologi tinggi ini, tentu saja pembayaran belanjaan atau pembelian token listrik dan pulsa akan lebih mudah. Apalagi sampai dengan saat ini mesin EDC juga hampir sudah tersedia di berbagai pertokoan, mall dan juga beberapa tempat lainnya.

Advertisements

Bicara mengenai mesin EDC kami rasa hampir semua bank di Indonesia kini punya mesin EDC, tidak terkecuali bank BCA (Bank Central Asia). Bahkan mesin EDC yang satu ini bisa kalian dapatkan dan gunakan dengan begitu mudah.

Kode Function Mesin EDC BCA

Hanya saja kalian perlu memahami beberapa bagian seperti tombol dan juga kombinasi tombol perintah atau bisa disebut juga dengan function. Dimana dengan kalian mengetahui kode function mesin EDC BCA, maka pengoperasiannya akan terasa begitu mudah.

Tentang Kode Function EDC BCA

Tentang Kode Function EDC BCA

Bilamana kalian memang ingin memesan mesin EDC BCA untuk melengkapi sistem pembayaran yang bisa digunakan pada toko atau restoran yang kalian miliki. Tentunya kalian bisa langsung mengajukan peromohonan lewat kantor bank BCA terdekat.

Dan biasanya setelah mendapatkan mesin EDC ini, kalian akan diberi arahan tentang cara menggunakannya, fitur, bagian-bagian serta penjelasan tentang kode function mesin EDC BCA yang memang harus kalian kuasai dan pahami.

Lantas apa sebenarnya kode function di mesin EDC BCA ini? hampir sama seperti KODE FUNCTION MESIN EDC BNI yang sebelumnya kami bahas. Kode function pada mesin EDC BCA merupakan kombinasi huruf F dan angka tertentu yang memiliki perintah.

Sebagai contoh, ketika kalian ingin melakukan pengecekan koneksi jaringan internet pada mesin EDC BCA. Maka kode function yang harus kalian gunakan adalah Function 0 atau kombinasi F+0 (F0) yang harus kalian tekan secara bersamaan.

Nah selain kode tersebut, tentu saja masih ada beberapa kode function lain yang harus kalian pahami pada mesin EDC BCA. Jadi dibawah ini akan kami rangkumkan beberapa kode function tersebut. Namun sebelum itu ada baiknya pahami lebih dulu beberapa bagian dan fungsi tombol pada mesin EDC BCA.

Bagian Mesin EDC BCA

  • Layar utama mesin EDC
  • Tombol perintah YES dan NO
  • Tombol perintah navigasi
  • Tombol numberpad untuk memasukan nominal / PIN
  • Tempat meletakan karutu kredit dibagian bawah
  • Tempat untuk menggesek karu ATM dibagian kanan mesin
  • Serta bagian paling atas yang merupakan tempat keluarnya struk

Fungsi Tombol Mesin EDC BCA

  • Tombol hijau (tekan lama) : Untuk menghidupkan mesin EDC.
  • Tombol hitam sebelah kiri : Untuk pilihan NO
  • Tombol hitam sebelah kanan : Untuk pilihan YES
  • Tombol tengah : Untuk navigasi
  • Enter/hijau : Untuk konfirmasi saat proses transaksi
  • Tombol merah : Untuk menu cancel
  • Tombol kuning : Untuk koreksi nominal dan juga PIN
  • Tombol F : Untuk function
  • Tombol titik (.) : Untuk merubah keyboard ke mode huruf

Kode Function Mesin EDC BCA

Panduan Lengkap Kode Function Mesin EDC BCA

Apabila sudah paham dan jelas tentang bagian-bagian pada mesin EDC BCA serta fungsi masing-masing tombol yang ada pada sisi depan. Berikut ini adalah beberapa daftar kode function mesin EDC BCA yang bisa kalian gunakan untuk keperluan transaksi.

Nama FunctionKode FunctionFungsi Kode
Function 0F + 0untuk tes koneksi jaringan
Function 1F + 1cek penyebab reversal / error
Function 72F + 7 + 2Reprint transaksi terakhir
Function 73F + 7 + 3cetak ulang struk atau duplikat
Function 79F + 7 + 9ke menu Summary
Function 96F + 9 + 6 + Password 3636refresh sinyal mesin EDC BCA
Function 99F + 9 + 9 + 3 angka terakhir nomor mesin EDCreversal mesin EDC BCA

Bagi kalian pengguna mesin EDC BCA baru, maka pastikan kalian paham dan tahu daftar kode diatas agar proses penggunaan mesin EDC BCA ini bisa dilakukan dengan lancar dan normal.

Apabila terjadi masalah pada layanan mesin EDC baik itu rusak atau terjadi ganggunan saat melakukan transaksi. Prosesbayar.com sarankan segera hubungi call center BCA untuk menanyakan masalah tersebut.

Untuk membuat proses penggunaan mesin EDC BCA, maka kalian harus memahami kode tersebut. Terutama bagi kalian yang baru belajar menggunakan mesin EDC BCA untuk keperluan sistem penerima pembayaran pada toko atau outlet yang ada.

Advertisements