√ Kenapa Lazada Tidak Bisa COD ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Kenapa Lazada Tidak Bisa COD – Sistem pengiriman barang COD atau Cash On Delivery sepertinya masih menjadi pilihan banyak masyarakat ketika melakukan belanja online. Namun pernahkah mengalami masalah saat belanja di Lazada tetapi sistem COD tidak muncul atau bahkan tidak bisa?.

Mungkin sebagian pengguna pernah mengalami masalah tersebut, termasuk mimin yang juga baru-baru ini mengalaminya. Bukan membuat senang, tapi justru membuat mimin bertanya-tanya kenapa Lazada tidak bisa bayar di tempat dan kenapa COD Lazada tidak muncul.

Ternyata eh ternyata, setelah mencari informasi kesana-sini. Nyatanya sistem COD atau Cash On Delivery di toko online Lazada tidak muncul atau tidak bisa digunakan karena ada beberapa hal yang mungkin masih mimin kurang pahami. Padahal pada pusat bantuan Lazada sendiri telah dijelaskan mengenai hal tersebut.

Advertisements

Setelah membaca dan memahami SISTEM PEMBAYARAN COD LAZADA. Sekarang mimin bisa menarik kesimpulan tentang alasan kenapa tidak bisa COD dan kenapa metode pembayaran tidak muncul saat kita ingin menggunakan metode tersebut.

Kenapa Lazada Tidak Bisa COD dari Penyebab dan Cara Mengatasi

Jadi buat kalian yang mungkin punya pertanyaan sama seperti mimin, “kenapa sih pembayaran COD di Lazada tidak bisa digunakan?” Maka mimin sarankan untuk menyimak dan membaca pembahasan lengkapnya dibawah ini. Agar kalian bisa menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Alasan Bayar COD Lazada Tidak Muncul

Alasan Bayar COD Lazada Tidak Muncul

Sebelum masuk dalam pembahasan kenapa online shop Lazada tidak bisa Cash On Delivery. Ada hal penting yang ternyata perlu untuk dipahami, terutama bagi kita para pengguna marketplace Lazada.

Beberapa hal penting tersebut mengenai alasan kenapa COD tidak muncul saat kita melakukan checkout pesanan. Dan ternyata alasan membuat bayar di tempat Lazada tidak muncul bisa disebabkan karena :

  1. Lokasi alamat pengiriman kalian tidak masuk ke dalam cakupan area COD yang dimiliki oleh Lazada.
  2. Layanan COD tidak tersedia untuk produk tersebut.
  3. Total transaksi atau pembelian telah melebihi limit maksimum untuk sistem COD yakni sebesar Rp 5.000.000.
  4. Atau juga karena track record dari beberapa pesanan dilakukan dengan menggunakan metode COD terjadi gagal kirim.

Apabila melakukan pembelian di Lazada dan saat memilih layanan Cash On Delivery namun tidak muncul, mungkin saja dikarenakan beberapa hal diatas. Maka dari itu, pastikan semua poin yang telah prosesbayar.com tulis di atas kalian pahami.

Penyebab Kenapa Lazada Tidak Bisa COD

Penyebab Kenapa Lazada Tidak Bisa COD

Bukan hanya tidak muncul, ternyata COD di Lazada bisa saja tidak bisa digunakan. Kenapa demikian? Karena Lazada memiliki standarisasi untuk keperluan transaksi dengan sistem COD atau bayar di tempat.

Apa saja kiranya penyebab utama kenapa lazada tidak bisa COD? Berikut beberapa poin penting yang mungkin menjadikan pilihan COD tidak bisa digunakan.

1. Penjual Tidak Menyediakan Pembayaran COD

Alasan pertama kenapa metode COD Lazada tidak bisa digunakan adalah karena penjual memang tidak menyediakannya. Sebagai informasi, opsi pembayaran COD sendir hanya berlaku untuk jasa ekspedisi disediakan.

Selain itu juga hanya berlaku untuk penyedia jasa pengiriman yang telah melakukan kerjasama dengan Lazada. Dan metode ini juga hanya bisa di aktifkan oleh penjual ketika memiliki jasa pengiriman COD.

2. Memiliki Produk Lain Non-COD di Troli

Kemudian kenapa COD tidak bisa digunakan saat belanja di Lazada juga bisa karena kalian memiliki produk lain di troli untuk dibeli namun produk tersebut tidak didukung sistem COD.

Dengan begitu sebelum memastikan membatalkan pesanan karena tidak ada opsi bayar di tempat. Pastikan dulu cek bagian troli atau keranjang belanjaan Lazada serta memastikan bahwa semua produk punya opsi COD.

3. Metode COD Dinonaktifkan

Alasan lain mungkin menjadikan sistem pembayaran di tempat Lazada tidak bisa dipakai yakni karena sistem Lazada membaca pembelian produk dengan layanan ini pernah gagal dilakukan oleh pembeli.

Apalagi jika jumlah pesanan gagal sudah terlalu tinggi. Maka secara otomatis Lazada akan menonaktifkan sistem COD untuk akun kalian hingga periode tertentu. Adapun kriteria yang dianggap sebagai COD gagal dikirim meliputi:

  • Pembeli menolak paket pesanan pembayaran di tempat.
  • Insiden pengiriman gagal secara berturut-turut setelah kurir mencobanya hingga 2 kali atau lebih

Meski metode pembayaran COD tidak bisa digunakan, namun kalian tetap bisa menggunakan metode lain ko. Karena ada banyak metode CARA BAYAR LAZADA yang bisa dipakai seperti bank transfer baik menggunakan ATM ataupun mobile banking serta lain sebagainya.

4. Pengiriman Berada Diluar Zona COD

Alasan terakhir kenapa COD Lazada tidak bisa adalah wilayah atau area pengirim / penerima tidak memungkinkan untuk memakai sistem tersebut. Biasanya ini akan dilihat dari ketentuan pihak Logistik atau jasa ekspedisi.

Jika memang tidak bisa mengakomodir sistem pembayaran COD, maka bagaimanapun caranya hal ini tidak akan bisa diatasi. Solusi paling tepat yakni dengan memilih sistem pengiriman / pembayaran lain.

Cara Mengatasi Lazada Tidak Bisa COD

Cara Mengatasi Lazada Tidak Bisa COD

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Memilih metode pembayaran COD saat belanja di Lazada memang menjadi cukup menarik bagi sebagian besar orang. Akan tetapi kendala tidak bisa bayar COD saat belanja di Lazada menjadi hal memusingkan. Oleh karena itu, dibawah ini sedikit solusi cara mengatasi Lazada tidak bisa COD.

  1. Buka Aplikasi Lazada

    Pertama silahkan buka aplikasi Lazada pada HP iPhone atau Android.
    1 Buka Lazada

  2. Cari Barang

    Gunakan fitur pencarian di bar atas untuk mencari barang yang ingin dibeli.
    2 Cari Barang Lazada

  3. Pilih Barang

    Kemudian silahkan cari barang sesuai beberapa pilihan yang ada dan pilih salah satu barang tersebut.
    3 Pilih Barang

  4. Ketuk Menu Pengiriman

    Tips atau triknya mulai disini, sebelum membelinya silahkan pilih menu Pengiriman di bagian detail produk tersebut.
    4 Ketuk Pengiriman

  5. Pastikan Metode COD Tersedia

    Pastikan pada opsi pengiriman disediakan menerima COD dengan adanya tulisan COD Berlaku seperti berikut.
    5 Pastikan COD Berlaku

  6. Pilih Beli Sekarang

    Nah bila sudah dipastikan bisa, langsung saja tap menu beli sekarang atau tambah ke troli.
    6 Pilih Beli Sekarang

  7. Pilih Buat Pesanan

    Jika ingin membeli satu barang, langsung saja atur alamat dan tap menu Buat Pesanan.
    7 Klik Buat Pesanan

  8. Pilih Bayar Ditempat

    Pada pilihan metode pembayaran, scroll ke bagian bawah dan pilih Bayar di Tempat lalu tap Bayar.
    8 Pilih Bayar di Tempat

  9. Konfirmasi Pesanan

    Langkah terakhir lanjutkan dengan menyelesaikan pembayaran dengan melakukan konfirmasi pesanan seperti gambar dibawah.
    9 Konfirmasi Pesanan

Jika sudah menyelesaikan semua langkah diatas, maka cukup tunggu di rumah hingga kurir datang menghampiri untuk mengirimkan barang dan kalian hanya perlu membayarnya sesuai dengan tagihan tertera.

Tips Menghindari Pengiriman COD Gagal

Tips Menghindari Pengiriman COD Gagal

Sebelum menutup pembahasan, ada sedikit tips nih buat kalian yang ingin menggunakan sistem COD saat belanja di Lazada agar terhindar dari pengiriman gagal. Beberapa tips tersebut diantaranya meliputi:

  • Selalu memastikan alamat pengiriman sudah benar dan akurat dengan cara memasukan detail alamat secara lengkap.
  • Pastikan untuk terus memantau dan mengecek status pesanan secara berkala.
  • Mengangkat telepon atau membaca pesan dari pihak kurir yang membawa dan mengantarkan pesanan.

Dengan mengikuti sedikit tips diatas, maka proses kegagalan COD tidak bisa kalian hindari. Dengan begitu dampak dinonaktifkannya sistem COD tidak akan kalian dapatkan. Nah kiranya sekian informasi dari prosesbayar.com, semoga bisa menjadi jawaban atas pertanyaan kalian.

Advertisements