10 Cara Kirim Uang Lewat Alfamart : Syarat & Biaya Admin

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart – Mengirim uang atau transfer ke orang lain memang menjadi metode yang cukup mudah dilakukan. Hanya saja umumnya melakukan transfer atau kirim uang tersebut dilakukan dengan memanfaatkan nomor rekening atau kartu ATM.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki nomor rekening atau kartu ATM namun kita ingin mengirim uang ke orang lain? apakah ada cara yang bisa kita gunakan? Tentu saja ada, salah satunya yakni dengan memanfaatkan minimarket Alfamart.

Bukan hanya bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan  harian, Alfamart juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan, seperti tagihan Indihome, PAYLATER LAZADA, atau bahkan juga bisa  kita manfaatkan untuk kirim uang.

Cara kirim uang lewat Alfamart sendiri bisa dibilang opsi paling tepat buat kalian yang tidak memiliki kartu ATM. Selain mudah, biaya administrasi transfer uang lewat Alfamart juga tergolong sangat murah dan terjangkau.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Syarat dan Biaya

Hanya saja, kirim uang lewat Alfamart mengharuskan penerima harus mengambil uang transferan tersebut di Alfamart. Tidak bisa di bank, mesin ATM atau minimarket lain. Bagi kalian yang mencari tutorial lengkap cara kirim uang lewat Alfamart, berikut prosesbayar.com rangkumkan info lengkapnya.

Syarat Transfer Uang Lewat Alfamart

Syarat Kirim Uang Lewat Alfamart

Sedikit berbeda dengan transfer uang lewat mesin ATM. Untuk bisa melakukan transfer uang di Alfamart, mengaharuskan kalian agar melengkapi beberapa persyaratan penting. Beberapa syarat transfer uang lewat Alfamart tersebut antara lain.

  • Kartu identitas diri yang masih berlaku KTP/SIM
  • Nomor telepon aktif dan bisa di hubungi
  • Nama calon penerima uang
  • Nomor telepon penerima uang
  • Dan sejumlah uang yang akan dikirim

Minimal & Maksimal Kirim Uang Lewat Alfamart

Minimal dan Maksimal Transfer Uang Lewat Alfamart

Tidak hanya bisa menjadi alternatif saat ingin mengirimkan sejumlah uang ke orang lain. Melalui cara ini, kalian juga biberi kesempatan untuk menggunakan pecahan rupiah apapun.

Akan tetapi hampir sama dengan bank, Alfamart juga membatasi nilai minimal dan maksimal uang yang akan dikirim atau di transfer untuk setiap pelanggannya. Yang dimana batas minimal dan maksimal tersebut yaitu:

  • Minimal : Rp 10.000
  • Maksimal : Rp 5.000.000

Apabila nilai uang yang ingin kalian kirim lebih besar dari batas maksimal yang diperbolehkan. Kami sarankan untuk menggunakan cara transfer ATM atau teller bank saja.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Setelah mengetahui syarat dan batas minimal serta maksimal uang yang bisa dikirim melalui Alfamart. Berikut adalah panduan lengkap tentang langkah-langkah cara kirim uang lewat Alfamart.

Siapkan Semua Persyaratan

Siapkan Semua Berkas Persyaratan

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu semua berkas persyaratan seperti diatas kami sebutkan. Jika tidak menggunakan KTP, kalian bisa menggunakan SIM atau Pasport sebagai identitas diri. Pastikan juga nomor HP diberikan aktif serta bisa dihubungi.

Kunjungi Gerai Alfamart Terdekat

Kunjungi Gerai Alfamart

Langkah berikutnya, kalian cukup datangi minimarket Alfamart terdekat di daerah kalian dengan membawa uang yang akan di transfer serta berkas persyaratannya.

Temui Petugas Alfamart

Temui Petugas Alfamart

Sesampainya di Alfamart, temui petugas kasir dan katakan bahwa kalian ingin melakukan transfer sejumlah uang. Perlu di ingat, jika baru pertama kali, biasanya petugas akan membantu proses pendaftaran data terlebih dahulu.

Isi Formulir Transfer Uang

Isi Formulir Pengiriman Uang

Saat proses pendaftaran, biasanya petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengiriman uang. Adapun pada lembar formulir pengiriman kalian diharuskan mengisi data-data seperti berikut ini.

  • Tanggal dilakukan pengiriman
  • Nomor KTP pengirim
  • Nama lengkap pengirim
  • Nomor HP pengirim
  • Alamat pengirim
  • Nominal yang akan dikirim

Selain mengisi formulir pengiriman,  kalian juga diminta untuk mencatat nama penerima termasuk data nama penerima dan nomor HP penerima.

Serahkan Uang yang Akan di Kirim

Berikan Uang Ke Petugas

Langkah cara kirim uang lewat Alfamart berikutnya adalah menyerahkan sejumlah nominal uang yang ingin ditransfer atau di kirim. Pastikan bahwa nominal tidak kurang dari Rp 10.000 dan tidak lebih dari Rp 5 juta rupiah, karena sudah menjadi ketentuan dari pihak Alfamart.

Mintalah Nomor MTCN & Struk Transaksi

Mintalah Nomor MTCN Struk Transaksi

Setelah itu proses kirim uang pun akan di lakukan oleh petugas kasir yang membantu kalian. Disini kalian tunggu sampai proses selesai, saat sudah selesai. Silahkan terima atau minta struk dari petugas karena didalam struk tersebut terdapat nomor MTCN yang HARUS kalian berikan kepada penerima untuk proses pengambilan di seluruh cabang Alfamart di Indonesia.

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Bagaiman mudah bukan? Jadi dengan adanya cara kirim uang lewat Alfamart seperti prosesbayar.com contohkan diatas, pengiriman uang dapat dilakukan tanpa harus memiliki nomor rekening bank BRI, BCA, BNI, ataupun Mandiri.

Meski mudah dilakukan, tetapi kalian harus tahu bahwa cara kirim uang lewat Alfamart mengharuskan kalian membayar biaya sebesar Rp 15.000 untuk satu kali transamsi. Biaya  tersebut sudah termasuk dengan biaya admin sebesar Rp 5.000.

Seperti itu kiranya cara kirim uang lewat Alfamart yang bisa kalian lakukan. Pastikan ikuti semua arahan diatas agar proses berhasil dan pastikan setelah itu kalian juga mendapatkan nomor MTCN (Money Transfer Control Number) yang terdapat di dalam struk transaksi.

Tags: , , ,