6 Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan & Syarat 2021

Advertisements

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan – Menjadi peserta BPJS Kesehatan tentu akan memberikan banyak manfaat. Bukan hanya akan memberi kemudahan ketika sedang berobat namun juga akan memudahkan kalian saat akan melakukan berbagai macam pengobatan.

Namun tentu saja di beberapa rumah sakit yang menerima penggunaan fasilitas BPJS. Bicara mengenai BPJS Kesehatan, kita semua tahu saat ini ada tiga kelas yang bisa di pilih yaitu kelas 1, 2, dan 3. Semua kelas tersebut memiliki besaran biaya premi yang berbeda-beda.

Dimana semakin kecil kelas kepesertaan, maka biaya yang harus kalian bayarkan setiap bulannya juga semakin besar. Dan perlu di ingat bahwa pembayaran BPJS paling lambat yaitu tanggal 10 di setiap bulannya.

Advertisements

Jika telat BAYAR BPJS KESEHATAN otomatis akan terkena denda. Dan jika tetap dibiarkan, maka bukan hanya denda yang membengkak, namun juga biaya premi akan menunggak dan menyebabkan layanan BPJS tidak bisa dipakai.

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Terbaru

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Advertisements

Dengan begitu akses untuk menggunakan BPJS Kesehatan pun tidak akan di proses ketika ada tunggakan pembayaran yang masih ada. Untuk itu kalian perlu tahu cara cek tunggakan BPJS Kesehatan. Dan berikut beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk cek tunggakan tersebut.

Syarat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Syarat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Advertisements

Untuk bisa melakukan pengecekan tunggakan BPJS Kesehatan, seperti kami singgung diatas. Maka ada beberapa syarat yang harus kalian lengkapi agar porses pengecekan bisa dilakukan dengan mudah. Nah berikut beberapa syarat yang harus dilengkapi.

  • Mempersiapkan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan yang akan kalian cek.
  • Nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Lalu akun Mobile JKN, jika cek tunggakan BPJS lewat aplikasi Mobile JKN.

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, ketika kalian menunggak bayar tagihan BPJS Kesehatan, maka akan di kenakan denda. Jadi pastikan selalu tepat waktu membayar tagihan BPJS agar tagihan tidak menumpuk dan tentu saja tidak terkena denda. Dan berikut beberapa cara cek tunggakan BPJS Kesehatan yang bisa kalian lakukan.

Lewat Website Resmi BPJS

Lewat Website Resmi BPJS

Advertisements

Cara Pertama yang bisa dipakai untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan yaitu dengan memanfaatkan layanan website resmi BPJS Kesehatan. Untuk proses pengecekannya dapat kalian lihat dibawah ini.

  1. Pertama buka browser di HP atau PC lalu akses situs resmi BPJS kesehatan di https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/.
  2. Setelah berhasil terbuka, langsung saja pilih menu Cek Iuran.
  3. Setelah itu masukan beberapa data yang diminta seperti nomor kartu kepesertaan, tangal lahir, dan terakhir angka validasi yang tertera.
  4. Setelah itu langsung saja kalian klik menu Cek untuk proses pengecekan tunggakan.
  5. Tunggu hingga seluruh rincian pembayaran akan ditampilkan.

Lewat Call Center BPJS

Lewat Call Center BPJS

Advertisements

Berikutnya kalian juga bisa langsung menanyakan tunggakan BPJS Kesehatan kalian lewat jalur resmi. Maksudnya lewat layanan call center dari BPJS Kesehatan. Dimana beberapa layanan call center yang dapat kalian gunakan meliputi:

  • Telepon : 1500400
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Mall Pelayanan Publik (MPP)
  • Mobile Customer Service (MCS)

Lewat SMS

Lewat SMS

Advertisements

Kemudian cara cek tunggakan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan SMS. Dengan layanan ini tentunya kalian membutuhkan pulsa untuk bisa mengirim format khsus ke nomor resmi BPJS Kesehatan. Dan berikut kami contohkan langkah-langkahanya.

  1. Tulis format pesan TAGIHAN[spasi]Nomor Kartu BPJS Kesehatan.
  2. Contoh : TAGIHAN 1234567890.
  3. Kemudian kirim format SMS tersebut ke nomor 087775500400.
  4. Silahkan tunggu balasan dari pihak BPJS Kesehatan lewat nomor tersebut.

Catatan!!
Jika ingin mengetahui berbagai format SMS yang bisa dipakai untuk cek kepesertaan BPJS, silahkan tulis format HELP kemudian kirim ke nomor 087775500400.

Lewat Mobile JKN

Lewat Mobile JKN

Advertisements

Cara terakhir yang dapat kalian gunakan untuk cek tunggakan BPJS kesehatan yaitu dengan memanfaatkan layanan Mobile JKN yang merupakan aplikasi untuk keperluan cek tagihan, tunggakan, dan berbagai macam info tentang kepersetaan BPJS Kesehatan. Berikut caranya,

  1. Download dan instal aplikasi Mobile JKN di Play Store atau App Store.
  2. Kemudian buka aplikasi dan lakukan login dengan menggunakan akun kalian. Jika belum punya lakukan pendaftaran di dalam aplikasi.
  3. Setelah berada pada halaman utama aplikasi, silahkan kalian klik menu Premi.
  4. Maka kalian bisa melihat tunggakan BPJS Kesehatan yang dimiliki pada halaman ini.
  5. Selesai.

Seperti itu kiranya cara cek tunggakan BPJS Kesehatan yang kali ini dapat prosesbayar.com sampaikan. Jika ternyata ada tunggakan, segera bayar tunggakan tersebut agar layanan BPJS Kesehatan bisa dipakai kembali.

Jika tetap tidak kalian bayar, maka selain layanan tidak bisa dipakai juga akan membuat kalian terkena denda. Dan tentunya kalian juga harus BAYAR DENDA BPJS tersebut diluar tunggakan yang kalian punya.

Advertisements
Tags: , ,