7 Cara Cek Sisa Angsuran Pinjaman BRI & Perhitungan 2021

Advertisements

Cara Cek Sisa Angsuran Pinjaman BRI – Sampai saat ini BRI memiliki beberapa jenis produk pinjaman seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Briguna Karya, Kredit Kendaraan Bermotor maupun Kupedes. Masing masing nasabah dapat meminjam dengan tenor berbeda sesuai kesepakatan kontrak.

Mengetanui sisa angsuran pinjaman BRI sangat penting dilakukan sebagai bahan perhitungan pengeluaran. Sama seperti CARA CEK SISA ANGSURAN BFI FINANCE, nasabah dapat mengetahui besaran tanggungan maupun denda tiap bulannya sehingga lebih mudah memanajemen keuangan.

Dengan cek sisa angsuran kita juga bisa memperhitungkan kapan waktu pinjaman lunas. Sebagian besar orang memang masih menyepelekan cek sisa angsuran, padahal akibat yang ditanggung bisa merugikan seperti keterlambatan sampai terkena denda.

Advertisements

Kita memang tidak pernah tahu kapan ada kebutuhan mendadak, dengan cek sisa angsuran setidaknya dapat merencanakan pembayaran secara baik. Apabila angsuran bulanan tidak dibayar maka kamu akan mengalami kredit macet dan susah apabila ingin mengajukan pinjaman kembali.

Dalam surat kontrak atau perjanjian kita bisa mengetahui mengetahui nomor rekening pinjaman BRI untuk pembayaran cicilannya. Karena begitu banyaknya jenis pinjaman maka BRI memberikan beberapa fasilitas untuk cek sisa angsuran, lebih jelasnya simak cara dari Prosesbayar.com berikut untuk menggunakannya.

Cara Menghitung Sisa Pinjaman Bank BRI

Cara Menghitung Sisa Pinjaman Bank BRI

Sebagai pengetahuan kalian perlu mamahami cara menghitung sisa pinjaman Bank BRI. Perhitungannya berdasarkan pada jumlah pinjaman, bunga tahunan dan juga bulan. Cara menghitung sisa pinjamannya sangatlah mudah cukup kalikan saja dengan bunga per tahun sebagai berikut.

Jumlah PinjamanRp.50.000.000
Bunga pertahun6%
Tenor24 bulan
Angsuran pokokRp.50.000.000 : 24 bulan = Rp.2.083.000
BungaRp.50.000.000 x 6% : 12bulan = Rp.250.000
Angsuran bulanan Rp.2.083.000 + Rp.250.000 = Rp.2.333.000
Angsuran bulan ke 12 Rp.2.333.000 x 12 = Rp.27.996.000
Sisa Angsuran24 – 12 = 12 bulan = Rp.2.333.000 x 12 = Rp.27.996.000

Cara Cek Sisa Angsuran Pinjaman BRI

Apabila kamu tidak ingin repot melakukan perhitungan maka bisa cek sisa angsuran melalui beberapa fasilitas dari BRI. Secara mudah cara cek tunggakan pinjaman BRI kini juga dapat dilakukan lewat smartphone, lebih jelasnya ikuti langkah berikut.

1. Cara Mengetahui Melalui Lembar Tagihan

Lembar Tagihan

Apabila sesuai kesepakatan kamu menggunakan layanan tagihan langsung maka tiap bulannya akan dikirimi lembar tagiha oleh BRI. Bentuk lembar tagihan secara langsung akan seperti gambar diatas, didalamnya terdapat informasi angsuran maupun sisa pinjaman yang belum dibayar.

2. Cara Cek Angsuran BRI Lewat ATM

Cara Cek Angsuran BRI Lewat ATM

Cara kedua adalah lewat ATM BRI dimana sudah tersebar luas di Indonesia sehingga memudahkan dalam melihat sisa ansguran. Cara ini banyak dilakukan untuk mengecek tagihan kartu kredit mengingat sama sama menggunakan sistem cicilan ataupun angsuran bulanan.

  • Kunjungi ATM, masukkan kartunya dan PIN kalian.
  • Pergi ke Pembayaran
  • Pilih jenis Tagihan.
  • Pilihlah Bank BRI
  • Masukkan nomor kontrak pinjaman.
  • pada layar muncul angsuran pinjaman BRI.

3. Cek Tagihan via Internet Banking BRI

Internet Banking BRI

Cara berikutnya kalian dapat memanfaatkan internet banking BRI untuk memeriksa sisa angsuran dari pinjaman. Kamu cukup menggunakan smartphone atau komputer kemudian mengakses situs internet banking BRI sebagai berikut.

  • Dari browser buka ib.bri.co.id
  • Masukkan user ID, password dan kode validasi.
  • Tekan Masuk.
  • Pergi ke Rekening
  • Masuk ke Rincian Pinjaman
  • Tekan Nomor rekening pinjaman maka muncul sisa angsurannya.

4. Cara Cek Tunggakan Melalui SMS Banking

Melalui SMS Banking

Melalui SMS banking BRI juga disediakan fasilitas untuk cek sisa angsuran dari semua jenis pinjaman. Pastikan kamu sudah melakukan registrasi sebelumnya, kemudian tinggal kirimkan SMS dengan format seperti dibawah ini.

BRI(SPASI)NAMA#NOMORKONTRAKPINJAMAN#TANGGALLAHIR#EMAIL
Kirimkan SMS ke nomor 99333

5. Mengetahui Angsuran di Email

Kalian juga bisa meminta untuk memberikan sisa angsuran dan detail pembayaran melalui email resmi BRI. Silahkan gunakan bahasa yang sopan dan baik, jangan lupa juga menyertakan informasi nama lengkap dan juga nomor kontrak pinjaman

Kepada : callbri@bri.co.id
Subjek : Saya ingin cek sisa angsuran pinjaman BRI
Isi pesan :
Nama :
Nomor Kontrak :

6. Kontak Call Center BRI

Cara cek sisa pinjaman BRI juga dapat dilakukan melalui line telepon 14017 ataupun 1500017. Namun resikonya kamu harus mengeluarkan pulsa untuk melakukan panggilan berbayar, jangan lupa menyertakan nomor kontra untuk validasi data debitur.

7. Kunjungi Kantor BRI

Kunjungi Kantor BRI

Cara cek sisa angsuran pinjaman BRI yang terakhir adalah datang langsung ke kantor cabang terdekat dari lokasi kamu. Bawa surat kontrak pinjaman serta KTP untuk memudahkan dalam verifikasi, kemudian kamu akan dicetakkan lembar tagihan oleh CS.

Kesimpulan

Tidak beda dengan CARA CEK SISA ANGSURAN KPR BTN, kalian dapat mencoba melihat tagihannya secara online maupun offline. Namun akan lebih mudah cara online mengingat dapat dilakukan kapan saja dan akan lebih jauh menghemat waktu.

Kalian dapat mencoba cara cek sisa pinjaman kur bri lewat atm maupun jenis angsuran lain dengan cepat. Bisa diambil kesimpulan BRI memberikan banyak pilihan untuk kita melihat sisa angsuran sehingga memudahkan untuk pengingat supaya membayar tepat waktu.

Advertisements