10 Cara Cek Saldo Refund Tokopedia Lewat HP & PC 2021

Cara Cek Saldo Refund Tokopedia – Nama Tokopedia tentu sudah tidak lagi asing di telinga kita sebagai masyarakat tanah air. Menjadi salah satu toko online ternama yang cukup banyak menawarkan produk unggulan, Tokopedia juga punya banyak fasilitas serta fitur menarik yang akan mengoptimalkan para pengguna dalam memakainya.

Advertisements

Salah satunya fitur atau fasilitas bernama Saldo Refund. Fasilitas atau fitur ini memungkinkan kalian tidak perlu merasa khawatir apabila belanja di Tokopedia. Karena jika terjadi pembatalan pembelian yang dilakukan kalian secara pribadi atau dari pihak penjual, maka uang yang sudah di transfer akan dikembalikan.

Dan pengembalian saldo tersebut dinamakan refund dan akan masuk ke saldo refund yang ada pada akun Tokopedia kalian. Yang jadi pertanyaan, bagaimana sih cara cek saldo refund Tokopedia serta apa sebenarnya fungsi utama dari saldo refund Tokopedia tersebut? Nah buat kalian yang belum tahu, tidak perlu khawatir, karena dibawah ini akan kami jelaskan.

Advertisements

Jadi mimin harap silahkan simak pembahasan prosesbayar.com kali ini sampai akhir yah, karena bukan hanya akan membagikan panduan cara cek saldo refund Tokopedia, dibawah ini juga akan prosesbayar bagikan penjelasan lengkap tentang fungsi utama saldo refund Tokopedia.

Cara Cek Saldo Refund Tokopedia

Jadi saldo refund Tokopedia sendiri adalah saldo atau dana pengembalian dari transaksi gagal beserta kode unik yang dibayarkan saat melakukan pembelanjaan atau transaksi di Tokopedia. Itulah sebenarnya apa itu saldo refund, jadi bukan hanya uang pembayaran, tetapi juga uang kode unik.

Fungsi Saldo Refund Tokopedia

Fungsi Saldo Refund Tokopedia

Lantas apa saja fungsi saldo refund Tokopedia tersebut? sebenarnya fungsinya tidak jauh berbeda dengan saldo utama di akun Tokopedia pada OVO Cash. Dimana beberapa fungsi utama saldo refund tersebut meliputi:

  1. Sebagai media pembayaran pembelanjaan saat bertransaksi di Tokopedia.
  2. Sebagai pilihan metode pembayaran saat melakukan pembelian produk digital seperti PULSA HP, token listrik dan juga paket data.
  3. Bisa juga dipakai untuk membayar tagihan bulanan seperti BPJS, Telkom Indihome, serta beberapa produk tagihan bulanan lainnya.
  4. Selain itu kalian juga bisa memfungsikan saldo tersebut sebagai dana kebutuhan mendadak dengan cara menarik saldo refund ke rekening BCA, Mandiri, BRI, BNI atau lainnya.

Itu tadi beberapa fungsi utama dari saldo refund Tokopedia untuk kalian pahami dan ketahui. Setelah mengetahui hal itu, maka kalian tidak perlu lagi merasa khawatir jika terjadi pembatalan transaksi.

Apabila ingin melakukan penarikan saldo, hal perlu diketahui yaitu penarikan saldo akan masuk dalam waktu 1×24 jam waktu kerja. Bagaimana apakah sudah jelas dan paham tentang fungsi saldo refund ini? Jika sudah berikut adalah panduan cara cek saldo refund Tokopedia bisa kalian ikuti.

Cara Cek Saldo Refund Tokopedia

Cara Cek Saldo Refund Tokopedia Lewat HP dan PC

Setelah mengetahui apa itu saldo refund Tokopedia dan fungsinya, lantas bagaimana sih cara cek saldo refund Tokopedia itu? Sebenarnya untuk bisa melakukan pengecekan saldo refund bisa kita bilang cukup simple. Dimana kalian bisa cek melalui dua metode yakni lewat aplikasi mobile/HP dan melalui PC.

1. Lewat Aplikasi HP

Seperti di atas kami sampaikan, ada dua cara atau metode bisa digunakan untuk cek saldo refund Tokopedia. Dan yang pertama yakni melalui aplikasi Tokopedia langsung. Menurut mimin, ini cara yang terbilang cukup simple dan cepat. Jadi buat cek saldo refund Tokopedia, kami sarankan untuk memakai metode ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama silahkan pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Tokopedia terpasang di HP kalian sudah paling baru. Jika belum segera update lebih dulu agar punya tampilan seperti mimin contohkan.
    1 Pastikan Aplikasi Sudah Update
  2. Setelah dipastikan aplikasi sudah memakai versi paling baru, maka kalian buka aplikasi Tokopedia dan pastikan login dengan akun pribadi.
    2 Buka Aplikasi Tokopedia
  3. Bila sudah berhasil masuk dan berada pada halaman depan aplikasi, silahkan pilih menu akun yang ada pada bagian pojok kanan bawah.
    3 Pilih Menu Akun
  4. Setelah masuk pada halaman akun, silahkan tap atau ketuk menu saldo yang terlihat pada halaman tersebut untuk bisa cek saldo refund Tokopedia kalian.
    4 Tap Menu Saldo
  5. Jika ada saldo refund dimiliki, maka total keseluruhan saldo akan terlihat pada halaman ini.
    5 Detail Saldo Refund Terlihat

2. Lewat Website Tokopedia (PC)

Cara kedua bisa kalian gunakan untuk cek saldo refund Tokopedia yaitu menggunakan situs tokopedia melalui perangkat PC atau Laptop. Adapun cara harus dilakukan pun tidaklah jauh dengan cara di atas. Hanya langkah-langkahnya saja yang berbeda. Untuk lebih jelasnya simak panduan berikut ini.

  1. Pertama silahkan buka browser pada perangkat PC atau Laptop kalian, kemudian silahkan buka situs tokopedia.com, tunggu sampai halaman terload sempurna dan login menggunakan akun yang kalian gunakan.
    1 Akses Situs Tokopedia
  2. Ketika halaman tokopedia sudah terbuka dan sudah login, maka di bagian pokok kanan atas akan terlihat foto profil akun Tokopedia. Untuk cek saldo refund lewat tampilan web di PC, arahkan mouse ke foto profil hingga muncul pop up menu seperti berikut.
    2 Sorot Profil Akun
  3. Pada beberapa pop up menu terlihat, cukup klik pada bagian saldo seperti prosesbayar.com tunjuk lewat kotak merah berikut ini.
    3 Pilih Saldo
  4. Apabila pada akun Tokopedia terdapat saldo refund, maka di halaman inilah detail saldo refund terlihat.
    4 Detail Saldo Refund

Akhir Kata

Itu dia cara cek saldo refund Tokopedia yang bisa kalian lakukan apabila membutuhkannya. Khusus untuk yang menggunakan aplikasi mobile, prosesbayar.com sarankan untuk melakukan update aplikasi terlebih dahulu.

Tujuannya agar proses pengecekan saldo refund di dalam aplikasi Tokopedia kalian benar-benar bisa dilakukan dengan mudah. Mengingat pada aplikasi versi terbaru banyak perubahan yang dilakukan Tokopedia pada user interface. Kiranya cukup sekian semoga bisa membantu.

Advertisements