3 Cara Bayar UTBK Lewat ATM Mandiri, BNI, dan BTN Terbaru

Cara Bayar UTBK Lewat ATM – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang sering di singkat dengan UTBK merupakan sebuah seleksi bagi pada calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi atau PTN secara nasional. Yang dimana sekeksi ini merupakan seleksi yang di selenggarakan oleh lembaga khusus yang berada di bawah Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yakni LTMPT atau LEmbaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Peserta yang bisa mengikuti UTBK ini merupakan siswa lulusan tahun ajaran 2017, 2018, dan 2019 dengan minimal pendiikan terakhir adalah SMK/SMA/MA sederajat termasuk juga bagi peserta dari paket C. Dalam proses pendaftarannya selain anda harus mengisikan beberapa data yang diminta oleh panitia, anda juga diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran UTBK tersebut untuk selanjutnya bisa mengikuti proses lanjutannya.

Tes UTBK sendiri terdiri dari dua jenis yakni tes potensi skolastik (TPS) dan juga tes kompetensi akademik (TKA). Dan umumnya pengumuman hasus seleksi tes UTB ini dapat di ketahui oleh para peserta paling lambat 10 hari setelah mengikuti tes. Seperti diatas kami sampaikan, salah satu syarat yang harus anda lakukan untuk bisa mengikuti seleski UTBK ini adalah dengan membayar biaya pendaftaran.

Metode pembayaran yang paling mudah adalah lewat ATM untuk bank BNI, BTN, dan juga Mandiri. Proses pembayaran UTBK sendiri sangatlah mudah dan simple karena sama seperti metode pembayaran My Republic ataupun bayar paspor di ATM Mandiri yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Untuk itu bagi anda yang mungkin ingin mengikuti seleksi UTBK anda perlu mengetahui cara bayar UTBK lewat ATM ini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Panduan Cara Bayar UTBK Lewat ATM Terlengkap

Cara Bayar UTBK Lewat ATM

Cara Bayar UTBK Lewat ATM

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan kita bagikan beberapa metode pembayaran UTBK lewat ATM baik itu BNI, BTN, ataupun Mandiri yang bisa anda simak langkah demi langkahnya berikut ini.

Cara Bayar UTBK Lewat ATM Mandiri

  1. Silahkan masukan kartu ATM Mandiri anda dengan benar dan diikuti dengan memasukan PIN ATM anda
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu Pendidikan
  3. Masukan kode bayar 11 digit angka yang tertera pada struk pembayaran UTBK
  4. Pilih menu pembayaran UTBK dan ketikan nomor urut yang ada pada samping kiri
  5. Lanjutkan dengan memilih menu Ya jika semua data yang anda masukan sudah benar
  6. Konfirmasi jika data yang anda masukan benar-benar sudah cocok terutama nomor atau kode bayar dan lanjutkan menekan menu Ya sampai proses pembayaran telah sukses
  7. Cetak Struk pembayaran sebagai bukti

Cara Bayar UTBK Via ATM BNI

  1. Silahkan masukan kartu atm anda dan input PIN secara benar
  2. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu lainnya
  3. Jika sudah terbuka silahkan pilih menu Pembayaran kemudian pilih Berikutnya
  4. Pada tahap ini silahkan anda milih menu Universitas dan pilih menu UTBK LTMPT
  5. Masukan kode pembayaran yang anda dapat saat proses pendaftaran
  6. Lanjutkan dengan menekan Ya dan konformasi pembayaran jika data yang anda iput sudah benar hingga anda mendapatkan tulisan transaksi berhasil
  7. Silahkan cetak resi sebagai bukti pembayarannya

Cara Bayar UTBK Melalui ATM BTN

  1. Masukan Kartu ATM BTN dan input PIN secara benar
  2. Masuk pada menu transaksi lainnya, dan silhakan pilih menu Pembayaran
  3. Pada menu pembayaran silahkan anda pilih menu Multipayment
  4. Dan pada menu Multipayment silahkan anda pilih menu Multibiller
  5. Silahkan masukan kode bayar berupa 11 digit angka yang anda dapatkan saat proses pendaftaran
  6. Lanjutkan dengan menekan Ya dan silahkan konfirmasi pembayaran namun sebelumnya silahkan cek terlebih dahulu data-data yang tampil
  7. Jika sudah benar selesaikan proses pembayarannya
  8. Silahkan cetak resi atau struk sebagai bukti pembayaran yang sah.

Dengan melakukan pembayaran UTBK ini tentu saja anda akan dapat mengikuti proses pendaftaran lanjutkan. Dan tentunya anda juga sudah menyelesikan persyaratan untuk bisa mengikuti pendaftaran UTBK di perguruan tinggi. Bagaimana mudahkan cara bayar UTBK Lewat ATM diatas? Semoga dengan mengikuti panduan diatas anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran seleksi UTBK yang akan anda ikuti.

Tags: ,