√ Bunga Shopee Pinjam 2021 : Telat Bayar & Jatuh Tempo

Advertisements

Bunga Shopee Pinjam – Sebagai seller Shopee sebagian orang sudah mengenal fasilitas pinjaman tanpa agunan bernama SPinjam atau Shopee Pinjam. Pastinya fitur pinjaman ini memudahkan kalian mendapatkan bantuan keuangan dengan jumlah berapapaun sesuai limit yang sudah disediakan.

Secara langsung Shopee Pinjam adalah produk hasil kerjasama dengan pihak Shopee dan juga PT Lentera Dana Nusantara dimana bertujuan membantu semua seller meningkatkan penjualan dengan modal usaha. Layaknya APLIKASI PINJAM UANG ONLINE, penjual akan mendapatkan limit berbeda beda sesuai penilaian dari pihak Shopee.

Terlebih layanan Shopee PInjam hanya dikhususkan untuk penjual terpilih sehingga tidak sembarang orang mendapatkannya. Kelebihan utamanya adalah bunga Shopee Pinjam yang tergolong rendah sehingga meringankan beban penjual.

Advertisements

Selain itu proses aktivasinya gratis dan bisa selesai dalam waktu cepat yaitu maksimal 1 hari cari ke rekening seller. Kalian juga dapat mengajukan pinjaman dengan tenor bulanan sehingga memudahkan saat pelunasan dan pembayaran Shopee Pinjam

Namun masih belum banyak orang tahu berapa bunga Shopee Pinjam jika telat bayar ataupun denda per bulan. Berdasarkan pengalaman Shopee Pinjam dari beberapa seller akan ada perhitungan tersendiri untuk bunga maupun denda bulanan.

Bunga Shopee Pinjam Terbaru

jatuh tempo shopee pinjam

Seperti yang kita tahu suku bunga Shopee Pinjam berkisar antara 1,2% – 1,5% untuk tenor pinjaman 3 dan juga 6 bulan. Kelebihan lainnya bunga bersifat flat sehingga tidak akan merugikan penjual.

Karena flat maka semua limit pinjaman akan diberlakukan sama sehingga tidak akan terjadi lonjakan biaya tambahan. Sedangkan untuk meningkatkan limit memang belum dapat dilakukan secara langsung oleh seller karena semuanya ditentukan dari performa penjualan dan juga kebijakan Shopee.

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

bunga shopee pinjam jika telat bayar

Hal yang cukup penting diperhatikan adalah tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam setiap bulannnya. Untuk tiap pinjaman yang dicairkan sebelum waktu tenggang maka wajib melakukan pembayaran Shopee Pinjaman tiap tanggal 5 terdekat dari waktu pencairan.

Sedangkan jika ternyata pinjamannya dicairkan di masa tenggang maka tanggal 5 dibulan berikutnya adalah waktu jatuh temponya. Agar lebih jelas silahkan skema yang dirangkum Prosesbayar.com pada tabel dibawah ini.

Tanggal25 Juli25 Juli26 Juli5 Agustus5 September
AktivitasAktivasiPencairan dana pertamaPencairan dana keduaJatuh tempo pertamaJatuh tempo Kedua

Catatan:
– Jika Shoppe Pinjam cair di tanggal 25 Juli maka jatuh tempo pertama tanggal 5 Agustus
– Jika Shoppe Pinjam cair di tanggal 26 Juli maka jatuh tempo pertama tanggal 5 September

Cara Menghitung Bunga Shopee Pinjam

Cara Menghitung Bunga Shopee Pinjam

Kemudian setelah mengetahui besaran bunga Shopee Pinjam kamu bisa melakukan perhitungan cicilan bulanan dan menentukan tagihannya. Pembayaran tagihan SPinjam dilakukan pada bulan berikutnya sesuai tanggal jatuh tempo.

Sebagai contoh perhitungan misalnya kamu meminjam 10 juta rupiah dengan tenor 6 bulan maka secara otomatis akan dikenakan suku bunga dan juga biaya admin. Setelah itu tinggal menghitung cicilannya dengan cara berikut.

  • Total Pinjaman = Rp.10.000.000
  • Tenor Pinjaman = 6 bulan
  • Suku bunga per bulan = 1,2%
  • Biaya admin = 2%
Total Bunga Pinjaman per bulan1,2% x Rp.10.000.000 = Rp.120.000
Biaya admin sekali pembayaran diawal2% x Rp.10.000.000 = Rp.200.000
Total Pinjaman didapat (pinjaman – biaya admin)Rp.10.000.000 – Rp.200.000 = Rp.9.800.000

Kamu akan mendapatkan 9.8 juta bersih sebagai pinjaman totalnya karena sudah dikurangi dengan biaya admin sekali pembayaran. Selain itu untuk pinjaman perbulannya akan ditambahkan dengan bunga sebesar 120 ribu rupiah sehingga cicilannya seperti berikut.

Cicilan kePembayaran
1Rp.1.786.667
2Rp.1.786.667
3Rp.1.786.667
4Rp.1.786.667
5Rp.1.786.667
6Rp.1.786.667
Total cicilanRp.10.720.000

Denda Shopee Pinjam Telat Bayar

Lantas bagaimana untuk bunga Shopee Pinjam jika telat bayar ? Pastinya kamu akan dikenakan denda sesuai kebijakan dengan bunga 5% dari total cicilan bulanan. Agar lebih jelas simak perhitungan lebih lengkapnya seperti dibawah ini.

Cicilan BulananRp.1.700.000
Denda telat bayar5% x Rp.1.700.000 = Rp.85.000
Total pembayaran + DendaRp.1.785.000

Akhir Kata

Seperti halnya BIAYA SMS BANKING BRI terdapat potongan biaya pada awal pinjaman Shopee Pinjam. Meskipun begitu secara langsung kamu bisa memperoleh keuntungan karena bunga yang tidak terlalu besar sehingga dapat dilunasi secara mudah.

Selain itu fasilitas Shopee Pinjam untuk penjual ini juga dapat dimanfaatkan ketika membutuhkan modal cepat karena cairnya instan. Setelah mengetahui besaran Shopee Pinjam semoga dapat jadi bahan perhitungan sebelum kamu mengajukan pinjaman.

Advertisements