12 Cara Ganti Nama Buku Tabungan Berbeda dengan KTP 2021

Advertisements

Nama Buku Tabungan Berbeda dengan KTP – Setiap buku tabungan akan mencantumkan nama pemilik rekening sebagai data utamanya. Namun pernahkan kalian menjumpai nama buku tabungan berbeda dengan KTP? Hal ini akan menyusahkan ketika harus melakukan transaksi karena terdapat perbedaan identitas sehingga sulit diverifikasi.

Pastinya cara ganti nama buku tabungan wajib dilakukan ketika terjadi kesalahan input data. Bahkan kadang ada pula alamat buku tabungan berbeda dengan KTP dimana mengganggu aktivitas pembayaran. Semua Bank sudah memiliki kebijakan yang hampir sama dalam pendaftaran nasabah baru sekaligus dalam pemilihan jenis tabungan dan kartunya.

Pada JENIS KARTU ATM BCA misalnya akan terdapat perbedaan dari sisi fungsi maupun limit transaksinya. Saat pembuatan kartu dan buku tabungan memang tidak lepas dari kesalahan petugas saat menginput data nasabahnya. Terlebih jika ada nomor rekening beda nama sama akan membuat salah transfer ataupun pengiriman uang yang membuat kerugian.

Advertisements

Secara langsung kita bisa mengetahui perbedaan nama bank dan nama rekening dari buku tabungan karena dicetak pada halaman paling depan. Nama yang terdaftar di buku rekening sudah diregistrasi pada sistem Bank dimana dapat digunakan untuk melakukan berbagia jenis transaksi.

Oleh karena itu sebagai nasabah memiliki hak untuk merubah data pada buku tabungan supaya sama dengan KTP. Memperbaiki nama rekening salah harus secepatnya dilakukan untuk menghindari hal buruk dan juga kesalahan transaksi. Kita bisa melakukan cara merubah data di Bank dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Penyebab Nama Buku Tabungan Berbeda dengan KTP

cara merubah data di bank

Penyebab nama tabungan berbeda dengan KTP memang ada beragam dimana menyebabkan kegagalan pada beberapa transaksi. Kalian wajib memeriksa semua informasi data diri terutama di KTP untuk memastikan apakah sudah terdaftar di bank. Berikut ini beberapa penyebab yang wajib kamu ketahui.

  • Adanya kesalahan di KTP mencakup penulisan nama, tanggal maupun tahun lahir. Pastinya untuk mengatasinya kita harus mengurusnya mulai dari RT sampai ke kecamatan agar data KTP lebih akurat.
  • KTP pengguna belum elektronik sehingga datanya belum terintegrasi secara baik. Kalian wajib melakukan pengurusan e-KTP.
  • Kesalahan input data diri saat membuka rekening di Bank sehingga nama tidak sesuai.
  • Pemilik rekening masih belum punya KTP atau dibawah umur sehingga menggunakan identitas milik orang tua.
  • Kesalahan cetak pada buku tabungan namun data di Bank sudah benar.

Syarat Merubah Data di Bank

nama rekening salah

Apabila menjumpai nama buku tabungan berbeda dengan KTP kamu bisa langsung mengurusnya di Bank dengan membawa beberapa persyaratan. Seluruh persyaratan dibutuhkan untuk verifikasi identitas sehingga tidak terjadi kesalahan saat memasukkan data.

  • Persiapkan KTP yang sudah benar nama, tanggal lahir, alamat maupun nomor NIKnya.
  • Buku tabungan yang kalian miliki.
  • Kartu ATM yang masih aktif dan digunakan sampai saat ini.

Cara Ganti Nama Buku Tabungan Berbeda dengan KTP

Cara mengatasi nama buku tabungan berbeda dengan KTP sangatlah mudah karena semuanya dapat diselesaikan pada kantor Bank. Bawalah semua persyaratan secara lengkap supaya memudahkan pergantian nama, lebih jelasnya ikuti langkah dari Prosesbayar.com berikut.

  1. Persiapkan buku tabungan, kartu ATM dan KTP.
  2. Kunjungi kantor operasional Bank sesuai buku tabungan kalian.
  3. Setelah sampai maka satpam akan menanyakan kebutuhan kalian, jawab ingin melakukan perubahan nama buku tabungan berbeda dengan KTP.
  4. Ambil nomor antrian customer service.
  5. Tunggu sampai kamu dipanggil sesuai nomor antrian.
  6. Setelah dipanggil datangi customer service kemudian minta merubah nama sesuai dengan KTP.
  7. Kamu diminta menyerahkan KTP, kartu ATM, buku tabungan dan mengisi formulir perubahan data nasabah.
  8. CS akan melakukan verifikasi data dan serahkan formulir perubahannya.
  9. Setelah itu proses pergantian nama akan dilakukan disistem Bank.
  10. Berikutnya petugas akan mencetakkan buku tabungan baru yang sesuai dengan nama pada KTP kalian.
  11. Selanjutnya periksa apakah nama sudah sesuai dengan KTP berikut tanggal lahirnya.
  12. Ambil buku tabungan yang baru beserta KTP dan kartu ATM maka cara ganti nama sudah selesai dilakukan.

Kesimpulan

Melalui Bank kamu juga bisa melakukan CARA CEK CICILAN ACC untuk mengetahui tagihan bulanan dan pembayarannya. Memang pada dasarnya cara balik nama rekening tidak dapat dilakukan karena yang digunakan adalah identitas dari pemilik aslinya.

Dengan melakukan perubahan data maka semua jenis transaksi dapat dilakukan lancar tanpa adanya hambatan. Selain itu data nasabah juga akan lebih akurat dimana memudahkan saat menggunakan fasilitas perbankan lainnya.

Advertisements