10 Kelebihan dan Kekurangan Menabung di BKK 2021

Advertisements

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di BKK – Menabung menjadi salah satu sarana untuk mempersiapkan masa depan dan memenuhi semua kebutuhan. Kini banyak Bank dimana menawarkan jenis tabungan beragam termasuk BKK.

Jenis tabungan BKK seperti Tamades, SimPel atau TabunganKu mampu diandalkan untuk berbagai jenis tujuan. Terlebih BUNGA MENABUNG DI BANK BKK termasuk tinggi sehingga menarik banyak minat nasabah baru.

Sebagian memang masih mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan menabung di BKK dibandingkan dengan lembaga perbankan lainnya. Kita bisa melihat dari segi pelayanan, produk tabungan, fasilitas serta keuntungan yang ditawarkan.

Advertisements

Bank BKK adalah milik kecamatan sehingga ruang lingkupnya lebih sempit, meski begitu baik perseorangan atau lembaga usaha bisa mendaftar sebagai nasabah. Selain itu syarat menabung di BKK mudah untuk dilengkapi dimana jadi keuntungan tersendiri.

Mayoritas nasabah menabung di BKK karena ingin mendapatkan bunga pengembalian simpanan dengan nominal besar. Lebih lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan menabung di BKK silahkan simak penjelasan dari Prosesbayar.com berikut.

Kelebihan Menabung di BKK

Kelebihan Menabung di BKK

Pertama kita akan membahas kelebihan menabung di BKK dimana pastinya membuat penasaran banyak orang. Selain dari bunganya yang tinggi kalian juga dapat memperoleh pelayanan murah dimana minim biaya admin.

1. Syarat Menabung di BKK Mudah

Untuk bisa terdaftar sebagai nasabah perseorangan BKK kamu cukup membawa KTP dan mengisi formulir. Sedangkan bagi perusahaan hanya perlu menambahkan NPWP, SIUP, TDP, akta pendirian serta salinan anggaran dasar.

2. Aman dan Terjamin

Bagi yang masih bertanya amankah menabung di BKK? Jawabannya pastinya iya karena dijamin pemerintah serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi keamanan tabungan kalian dijamin karena sistem berlapis baik fisik serta nonfisik.

Ketika ada permasalahan di BKK maka tidak akan berdampak ke tabungan kamu karena ada jaminan uang dari LPS. Kalian tetap bisa mencairkan seluruh tabungannya meskipun cabang BKK dalam kondisi kurang baik.

3. Biaya Admin BKK Rendah

Dapat diakui bahwa BKK merupakan salah satu lembaga perbankan dengan biaya admin paling murah. Bahkan pada beberapa cabang BKK biaya admin digratiskan sehingga tidak ada potongan apapun.

Perbulan kalian tidak perlu kawatir rekening akan dipotong banyak, maksimalnya Rp.5000 rata rata untuk semua cabang BKK. Selain itu biaya ganti buku tabungannya juga sangat terjangkau.

4. Suku Bunga BKK Tinggi

Kelebihan lainnya adalah bunga BKK termasuk tinggi dibandingkan bank konvensional pada umumnya. Bahkan pada beberapa cabang bunga dihitung dengan sistem perhari sehingga keuntungan nasabah akan bertambah.

5. Ada Program Hadiah

BKK juga menawarkan program undian berhadiah untuk nasabah dengan saldo minimal Rp.25.000 dan kelipatannya. Undiannya diadakan 1 tahun sekali dengan berbagai hadiah menarik untuk nasabah.

6. Setoran Minimal Rendah

Berbeda dengan bank lainnya, kalian bisa menabung di BKK dengan uang nominal sedikit sekalipun. Terbukti dengan setoran awal minimalnya Rp.20.000 saat membuka rekening kemudian selanjutnya kamu bisa menabung dengan minimum Rp.10.000.

7. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Kelebihan terakhir adalah untuk memudahkan kamu merencanakan keuangan baik jangka panjang maupun pendek. Kalian dapat menargetkan tabungannya untuk pembelian barang, modal bisnis, investasi, biaya pendidikan maupun jenis lainnya.

Kekurangan Menabung di BKK

Kekurangan Menabung di BKK

Memang kelebihan yang diperoleh cukup banyak, namun tetap ada kekurangan menabung di BKK. Beberapa kekurangan mencakup cara transaksi, fasilitas maupun jenis produk yang ditawarkan kepada nasabah.

1. Tidak Memiliki Fasilitas Perbankan Lengkap

Kekurangan menabung di BKK paling utama adalah tidak adanya kartu ATM, mobile, SMS maupun internet banking. Memang BKK cukup ketinggalan karena masih mengandalkan buku tabungan sehingga kesalahan pencatatan bisa saja terjadi.

Bagi kalian yang sering bertransaksi online mungkin akan sulit karena BKK tidak menyediakan fasilitasnya. Demikian pula untuk transfer dimana harus pergi ke cabang BKK terlebih dahulu.

2. Tarik Saldo Tabungan di BKK Kurang Maksimal

Ketika ingin menarik saldo BKK kalian harus melalui petugas lapangan atau datang langsung ke kantor terdekat. Hal ini kurang maksimal karena memakan waktu lebih lama dibandingkan melalui mesin ATM.

3. Pilihan Produk Tabungan Sedikit

Sayangnya memang jenis produk BKK cukup sedikit sehingga pilihannya terbatas. Produk seperti Tamades, SimPel dan TabunganKu tentunya paling banyak dijumpai pada semua cabangnya sehingga dinilai kurang.

4. Menggunakan Sistem Setor Langsung

BKK masih menggunakan sistem perbankan lama dimana nasabah harus setor uang langsung kepada petugas dan pada kantor operasional. Dengan jam kerja yang terbatas maka kita tidak dapat kapan saja melakukan setor tunai.

Kesimpulan

Dari semua kelebihan dan kekurangan menabung di BKK tinggal kalian pilah saja sesuai kebutuhan. Selain itu jika bicara soal BUNGA DEPOSITO BANK BKK juga sama sama menawarkan nilai prosentase yang tinggi sehingga dapat jadi pilihan.

Pada dasarnya menabung termasuk kepada perencanaan keuangan untuk masa depan jadi tinggal disesuaikan dengan keinginan nasabah. Jadi apakah kalian tertarik untuk menabung di BKK?

Advertisements