Apa Itu E-Toll Card, Cara Menggunakan dan Daftar Kartu E-Toll

E-Toll Card – Berkendara dengan menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan pribadi memang lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum atau motor. Selain nyaman, kita juga tentunya dapat bersantai dan juga tidak kepanasan atau kehujanan. Maka dari itu banyak sekali masyarakat yang rela membeli sebuah mobil impian mereka untuk transportasi ketika mudik ataupun berlibur ke luar kota bersama dengan keluarga.

Berbicara soal mudik, kita tentunya akan melewati sebuah jalan lebar yang bebas hambatan, atau lebih sering kita kenal dengan jalan Tool. Selain dapat menyingkat waktu perjalanan, setiap melewati jalan Tool juga tidaklah gratis, dimana kita akan di tarik biaya ketika masuk ke gerbang Toll tersebut. Saat ini pemerintah telah menyiapkan kartu E-Toll yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan yang hendak masuk ke Tool tersebut.

Nah bagi kalian yang belum mengerti apa definisi dari E-Toll Card tersebut, kami akan menjelaskan dengan singkat apa arti dari kartu Tool tersesbut. E-Toll Card adalah sebuah kartu elektronik yang dapat kita gunakan untuk membayar biaya ketika masuk ke jalan Tool yang ada di setiap daerah di Indonesia. Dengan adanya kartu Tool ini pastinya akan semakin memudahkan pengguna jalan Toll ketika hendak membayar.

Kartu E-Toll ini pertama kali dikeluarkan dari kerjasama antara PT Jasa Marga Tbk, PT Citra Marga Nusapahala Persada Tbk, Bank Mandiri dan juga PT Mandala Sakti. Tahap awal penggunaan kartu ini yakni pada tahun 2009 dimana hanya dapat digunakan oleh tiga jalur Tool, yakni Cawang-Tomang-Cengkareng, Cawang-Tanjung Priuk-Pluit dan Cikupa-Merak. Dan baru pada tahun 2017 tepatnya pada bulan Oktober kartu E-Toll akhirnya di sosialkan sebagai alat transaksi di seluruh gerbang Tool di Indonesia.

Apa Itu E-Toll Card, Cara Menggunakan dan Daftar Kartu E-Toll

Apa Itu E-Toll Card, Cara Menggunakan dan Daftar Kartu E-Toll

Apa Itu E-Toll Card, Cara Menggunakan dan Daftar Kartu E-Toll

Cara Daftar E-Toll Card

Setelah tadi kita mengupas mengenai definisi dari E-Toll Card, kali ini kami akan memberikan informasi cara mendaftar atau membuat kartu E-Toll. Sebenarnya cara membuat E-Toll Card ini sangatlah mudah, dimana kalian hanya perlu mengunjungi kantor penerbit E-Money atau beberapa kantor yang menyediakan kartu E-Toll, seperti E-Toll Card BPJT, Mandiri E-Money, BRI Brizzi, BNI Tapcash, BTN Link, BCA Flazz, E-Toll Card Mandiri, GAZ Card dan Indomaret Card.

Cara Daftar E-Toll Card

Cara Daftar E-Toll Card

Dan perlu kalian ketahui juga bahwa disini tidak ada syarat dan ketentuan dalam pembelian, maka dari itu kalian tidak perlu khawatir tidak bisa membeli. Dan untuk harga, E-Toll ini dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 20.000 saja, dan itu hanya untuk pembelian kartunya saja. Nah untuk mendapatkan kartu E-Tool baru kalian dapat mengunjungi beberapa penerbit di bawah ini :

  • Kantor Gerbang Operator Toll

Kemudian kalian juga dapat mengunjungi kantor Gerbang Operator Tol untuk menanyakan kepada petugasnya. Informasi mengenai gerbang operator tol yang menyediakan kartu E-Toll yakni Kantor gerbang Cililitan, Halim, Kapuk, Cengkareng, Sunter, Serang Timur, Merak, Cilegon Timur, Cilegon Barat dan masih banyak lagi kantor gerbang Operator Toll lainnya.

  • Gerbang Toll

Dan yang terkahir kalian dapat juga langsung mengunjungi Gerbang Tol untuk mendapatkan kartu E-Toll. Biasanya si petugas akan menawarkan E-Toll Card sembari menunggu antrian pembayaran Toll.

  • Minimarket

Nah selanjutnya kalian dapat menyambangi beberapa minimarket yang ada di seluruh Indonesia, seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, 7-Eleven, Hypermart dan juga Circle K. Disini kalian akan dikenai biaya sebsar Rp 25.000 dan untuk salado minimal yang harus diisi adalah Rp 25.000.

  • Bank Penerbit E-Money

Bank penerbit E-Money yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran Toll adalah Mandiri, BRI, BTN, BNI dan juga BCA. Kalian hanya perlu datang ke kantor tersebut untuk membuat kartu E-Toll, dan nanti kalian akan dikenai biaya pengisian E-Toll sebesar Rp 100.000.

Cara Menggunakan Kartu E-Tool

Cara Menggunakan Kartu E-Tool

Cara Menggunakan Kartu E-Tool

Setelah tadi kita telah membahas mengenai arti dari E-Tool Card, nah kali ini kami akan memberikan informasi atau cara untuk menggunakan E-Tool Card yang dapat kalian simak berikut ini.

  • Langkah pertama adalah pastikan terlebih dahulu apakah saldo E-Toll Card kalian masih ada dan cukup untuk melakukan transaksi.
  • Setelah kalian tiba di GTO, mesin pembaca E-Tool Card yang akan digunakan untuk membukan gerbang.
  • Selanjutnya tempelkan kartu E-Toll tersebut ke are amesin yang terdapat tulisan “tempel disini”. Dan tunggulah beberapa saat hingga proses transaksi selesai.
  • Kemudian akan muncul nominal pembayaran jalan tol yang akan digunakan sampai di gerbang berikutnya. Jika saldo kartu masih mencukupi maka gerbang akan secara otomatis terbuka. Namun jika saldo kurang maka pengguna harus membayar tol pada gerbang non GTO dengan menggunakan uang tunai.
  • Tarik kembali E-Toll Card dari mesin tersebut.
  • Lalu serahkan E-Toll Card pada petugas untuk melakukan pembayaran tersebut.

Baca juga : 4 Tempat Dimana Beli Kartu E-Toll

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai Apa Itu E-Toll Card, Cara Menggunakan dan Daftar Kartu E-Toll Card yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.

Tags: , , ,