15 Cara Penukaran Uang 75 Ribu di Bank BRI : Syarat, Biaya & Minimal

Cara Penukaran Uang 75 Ribu di Bank BRI – Dalam momentum tertentu, Bank Indonesia atau BI seringkali merilis dan memperkenalkan “Uang Peringatan” atau Commemorative Money sebagai bentuk serta upaya untuk memperingati sebuah peristiwa yang memiliki skala besar nasional atau bahkan Internasional.

Advertisements

Sampai saat ini, sudah ada beberapa uang peringatan telah berhasil dipublikasikan ke khalayak umum. Namun dari sekian banyaknya uang peringatan dari Bank Indonesia. Sepertinya uang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang berlangsung tahun 2020 lalu menjadi yang paling berkesan.

Sebab, uang peringatan ini dibuat serta dipublikasikan dalam bentuk uang lembaran kertas yang didesain dengan menampilkan gambar utama Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno – Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta serta beberapa tambahan akses menarik lainnya yang memang dibuat khusus pada uang 75 Ribu ini.

Advertisements

Dari filosofi dibawanya tersebut, tidak heran apabila banyak sekali masyarakat menginginkan untuk dapat memiliki uang 75 Ribu ini sebagai koleksi. Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, Bank Indonesia bersama dengan beberapa lembaga bank umum termasuk diantaranya bank BRI turut ditunjuk untuk menawarkan layanan penukaran.

Cara Penukaran Uang 75 Ribu di Bank BRI

Lewat layanan penukaran uang 75 Ribu di bank BRI yang notabenya punya jaringan dan jangkauan begitu luas. Maka bisa dipastikan setiap orang yang tertarik dapat melakukan penukaran kantor cabang BRI di semua wilayah. Namun cara penukaran uang 75 Ribu di bank BRI mengharuskan kalian melengkapi beberapa persyaratan.

Syarat Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Syarat Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Untuk bisa melakukan penukaran uang Rp 75.000 ribu rupiah di Bank BRI, setiap calon penukar harus melengkapi berbagai macam persyaratan terlebih dahulu sesuai kebijakan dari pihak Bank Indonesia. Jika tidak melengkapi berkas persyaratan, maka penukaran pun tidak akan bisa di lakukan.

Oleh karena itu apabila saat ini kalian berada di artikel ini karena ingin tahu bagaimana cara penukaran uang 75 Ribu di BRI, kami rasa tepat sekali. Karena memang akan kami jelaskan secara rinci dibawah ini.

Hanya saja sebelum masuk ke pembahasan utama tentang cara penukarannya, seperti kami singgung diatas ada beberapa syarat wajib serta harus kalian lengkapi. Dimana beberapa syarat cara tukar uang Rp 75 Ribu di kantor bank BRI sendiri meliputi:

Penukaran Individu

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (eKTP).
  3. Setiap orang dapat menukarkan uang 75 Ribu sebanyak 100 lembar per hari dan dapat dapat menukar kembali di hari berbeda.
  4. Melakukan pemesanan serta mendapatkan bukti pemesanan melalui situs pintar.bi.go.id atau aplikasi Pintar.

Penukaran Kolektif

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (eKTP)
  3. Pemesanan penukaran bisa dilakukan dengan minimal 17 orang.
  4. Dapat melakukan penukaran hingga 100 lembar per hari.
  5. Memiliki bukti pemesanan dari hasil pemesanan lewat aplikasi Pintar atau pintar.bi.go.id.

Cara Penukaran Uang 75 Ribu di Bank BRI

Berbeda dengan TUKAR UANG BARU DI BANK BNI, Cara mendapatkan uang 75 Ribu di bank BRI punya dua mekanisme harus dilakukan setiap orang. Dimana kedua mekanisme tersebut meliputi pemesanan dan penukaran. Berikut detail langkah-langkahnya.

Mekanisme Pemesanan

  1. Langkah pertama silahkan buka situs resmi pintar.go.id lewat HP atau PC.
    1 Buka Situs Pintar
  2. Setelah terbuka silahkan isi detail lokasi mulai dari provinsi, lokasi penukaran & tanggal penukaran lalu tap Pesan.
    2 Input Detail Lokasi
  3. Sampai disini silahkan pilih lokasi serta set jadwal penukaran sesuai data tertera kemudian pilih menu lanjutkan.
    3 Pilih Lokasi dan Waktu Penukaran
  4. Di tahap berikutnya masukan data pemesan dari nomor identitas serta nama sesuai ktp serta jumlah uang 75 Ribu akan dipesan.
    4 Isi Data Pemesan
  5. Lanjutkan dengan mengisi informasi detail kontak mulai dari nomor HP dan alamat email, jika sudah checklist saya bukan robot serta pilih gambar muncul.
    5 Isi Detail Kontak
  6. Setelah itu centang pernyataan kebenaran data lalu tap menu Pesan dan tunggu hingga proses berhasil.
    6 Pesan
  7. Terakhir silahkan download dan cetak file pemesanan untuk di bawa ke kantor BRI guna penukaran.
    7 Download dan Cetak Bukti Pemesanan

Mekanisme Penukaran

  1. Setelah semua syarat dilengkapi termasuk sudah mendapatkan dan mencetak bukti pemesanan seperti di atas. Silahkan kunjungi kantor cabang bank BRI terdekat sesuai jadwal telah kalian tentukan.
  2. Sesampainya di kantor bank BRI terdekat, silahkan ambil nomor antrian untuk bertemu teller.
  3. Saat nomor antrian dipanggil, temui petugas teller dan katakan bahwa kalian ingin menukar uang Rp 75 ribu rupiah.
  4. Serahkan berkas bukti pemesanan, KTP dan uang tunai sesuai dengan jumlah uang 75 ribu ingin ditukar.
  5. Pastikan selama menjalankan proses cara penukaran ini, kalian selalu menggunakan protokol kesehatan COVID-19.
  6. Jika tidak bisa datang sesuai jadwal, bisa diwakilkan namun dengan membawa surat kuasa bermaterai, KTP asli pemesan, dan juga bukti pemesanan.

Itulah proses cara penukaran uang 75 ribu di bank BRI yang prosesbayar.com dapat bagikan pada kesempatan kali ini. Secara garis besar tidak ada perbedaannya dengan CARA TUKAR UANG BARU DI BANK MANDIRI yang sebelumnya juga sudah pernah kami sampaikan.

Jadwal Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Jadwal Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Buat kalian yang tertarik dan ingin melakukan penukaran uang 75 ribu rupiah sebagai bagian dari koleksi. Pastikan tahu syarat dan cara penukaran uang 75 ribu di BRI seperti kami rangkum di atas.

Selain itu hal seharusnya kalian pahami berikutnya yakni tentang jadwal penukaran. Dimana BRI tidak mematok jadwal tetap. Karena selama stok uang 75 ribu masih ada, maka jadwal akan terus menyesuaikan.

Contohnya saja seperti pada gambar tutorial cara mendapatkan uang baru ini, yang mana memperlihatkan bahwa penentuan jadwal bisa disesuaikan dengan kondisi kita. Asalkan semua slot penentuan jadwal di halaman masih tersedia dan dapat dipilih.

Minimal Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Minimal Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Nah untuk batas minimal yang diperbolehkan dalam satu kali penukaran uang 75 baru di Bank BRI yakni sebanyak 100 lembar per hari per identitas (KTP). Jadi kalian yang ingin mendapatkan 200 lembar atau lebih, dapat melakukan penukaran lagi di hari besoknya karena di hari sama, BRI hanya memperbolehkan penukaran uang 1 kali saja.

Biaya Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Biaya Penukaran Uang 75 Ribu di BRI

Jika kalian menganggap bahwa penukaran uang 75 ribu di bank BRI akan dikenai biaya, kami rasa kalian salah. Karena seperti beberapa informasi yang ada. Proses penukaran uang baru Rp 75.000 ini tidak dikenali biaya admin sama sekali alias Gratis.

Akhir Kata

Itulah informasi terbaru prosesbayar.com yang kali ini dapat kami sampaikan terkait penjelasan cara penukaran uang 75 ribu di bank BRI. Semoga bisa menjadi referensi dan dapat menjadi arahan atau pandian yang dapat membantu.

Advertisements