Apa Itu Shopee Paylater ? Bunga & Review 2020

Shopee Paylater – Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee tentunya ingin selalu memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Kemudahan dalam berbelanja, membayar dan juga mencari barang yang diinginkan oleh para pembeli.

Dari segi pembayaran, Shopee kini tidak hanya menghadirkan layanan dompet digital Shopee Pay saja. Melainkan mereka juga meluncurkan metode pembayaran baru yang bernama Shopee Paylater.

Shopee Paylater ditujukan untuk mereka yang ingin berbelanja namun terkendala keuangan. Dimana metode pembayaran tersebut berupa fasilitas cicilan atau hutang kepada para pengguna aktif Shopee.

Sebenarnya Paylater yang diluncurkan oleh Shopee tersebut sistem kerjanya sama seperti OVO Paylater. Dimana para pengguna Shopee dapat berbelanja tanpa mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Review Shopee Paylater Berdasarkan Pengalaman

Review Shopee Paylater Berdasarkan Pengalaman

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan pengalaman menggunakan Shopee Paylater. Dimana informasi ini berisi seputar review, bunga, pertanyaan atau masalah dan apa itu Shopee Paylater.

Apa Itu Shopee Paylater ?

Apa Itu Shopee Paylater

Shopee Paylater adalah metode pembayaran yang mirip seperti kartu kredit yang dapat memudahkan berbelanja di Shopee. Metode pembayaran ini hanya didapatkan oleh pengguna akun Shopee tertentu yang selalu aktif berbelanja di Shopee. Shopee Paylater dapat memberikan hutang ataupun pinjaman ke pengguna Shopee terpilih atau aktif dari nilai hutang Rp 750.000 sampai dengan Rp 1.800.000.

Jadi secara garis besarnya, pengguna yang sudah mendapatkan Shopee Paylater ini dapat berbelanja tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Pengguna dapat membayar barang belanjaannya pada bulan depan atau sesuai dengan tanggal tempo pembayarannya.

Review Shopee Paylater

Review Shopee Paylater

Dari pengalaman kami menggunakan Shopee Paylater untuk berbelanja di Shopee. Metode pembayaran ini sangat memudahkan dan membantu kami.

Dimana kami bisa membayar atau berhutang dulu tanpa bunga yang besar mirip dengan kartu kredit. Ditambah lagi kami bisa membayar tagihan Shopee Paylater lewat pilihan cicilan dengan jatuh tempo yang diberikan oleh pihak Shopee.

Shopee Paylater sangat cocok sekali untuk kalian yang tidak memiliki kartu kredit atau uang saat ini untuk membeli smartphone, baju ataupun barang keinginan kalian. Menariknya lagi bunga yang diberikan oleh Shopee terhadap pengguna Paylater mereka cukuplah rendah.

Memang dari segi kemudahan dan kegunaannya, Shopee Paylater sangat dibutuhkan oleh pengguna Shopee yang tidak punya kartu kredit. Tapi sebelum kalian berniat melakukan aktivasi Shopee Paylater, alangkah baiknya untuk tahu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Shopee Paylater

  • Mudah digunakan bagi pengguna yang meskipun belum pernah menggunakan metode pembayaran Paylater
  • Memiliki fasilitas cicilan sampai 5 bulan ke depan
  • Cicilan Shopee Paylater bunganya terbilang rendah
  • Limitnya juga terbilang besar

Kekurangan Shopee Paylater

  • Hanya pengguna aktif atau terpilih dari Shopee saja yang dapat menggunakannya
  • Bunga yang tinggi jika tidak membayar tepat waktu atau melewati batas tempo pembayaran

Dari kelebihan dan kekurangannya diatas, maka kalian bisa menyimpulkan sendiri apakah kalian ingin mendaftar menjadi pengguna Shopee Paylater atau tidak. Yang jelas kalian harus perhatikan pada bagian kekurangannya yaitu kalian bisa mendapatkan bunga tinggi jika kalian tidak membayar cicilan Shopee Paylater tepat waktu. Beberapa tips menggunakan Shopee Paylater berdasarkan pengalaman kami.

Tips Menggunakan Shopee Paylater

  1. Jangan sering menggunakan Paylater Shopee untuk membeli barang yang tidak penting ataupun tidak dibutuhkan
  2. Selalu membayar tagihan cicilan tepat waktu agar tidak terkena denda serta bunga tinggi
  3. Gunakan hanya dalam keadaaan benar-benar butuh saja

Saran kami jika benar-benar kalian akan melakukan cara aktivasi Shopee Paylater. Maka kalian harus terapkan tips atau anjuran dari kami dalam menggunakan Shopee Paylater. Jangan sampai metode pembayaran terbaru dari Shopee ini justru malah berdampak buruk untuk keuangan kalian.

Bunga Shopee Paylater

Bunga Shopee Paylater

Untuk sistem bunga yang diterapkan oleh Shopee kepada pengguna Paylater mereka bervariatif. Dimana jika pengguna membeli bulan sekarang lalu memilih membayar tagihannya secara penuh pada bulan depan. Maka pengguna tidak mendapatkan bunga alias bunga 0%.

Hanya saja pada sistem bunga 0% tersebut, pengguna akan dibebankan biaya penanganan sebesar 1% dari total pembelian barang tersebut. Jadi semisal barang belanjaan kalian totalnya Rp 111.000.

Lalu kalian pilih “Beli Sekarang, Bayar Nanti dengan Bunga 0%” maka total pembayaran yang harus kalian bayar bulan depan adalah Rp 112.110. Dimana rinciannya Rp 111.000 adalah nilah total barang kalian, lalu untuk Rp 1.110 merupakan biaya penanganan yang sebesar 1% dari total barang.

Lalu untuk pengguna yang memilih pembayarannya dengan cicilan 2 atau 3 bulan. Maka akan dikenakan bunga sebesar 2,95% dari total pembelian. Berikut rincian bunga Shopee Paylater.

  • Bayar dalam jangka waktu 1 bulan tidak dikenai bunga namun dikenai biaya penanganan.
  • Bayar dalam jangka waktu atau cicilan 2 atau 3 bulan dikenai bunga 2,95% dan juga biaya penanganan.
  • Bunga denda keterlambatan 5% dari total tagihan yang muncul.

Jadi bisa disimpulkan bahwa bunga yang paling rendah dari Paylater Shopee ini adalah di pilihan bayar dengan jangka waktu 1 bulan (Buy Now Pay Later). Sedangkan bunga yang besar di Shopee Paylater ada di bunga denda jika pengguna tidak membayar tagihan sesuai jatuh tempo.

Pertanyaan Seputar Shopee Paylater

Pertanyaan Seputar Shopee Paylater

Setelah tahu tentang review dan bunga shopee paylater, banyak yang mengalami masalah seputar shopee paylater. Dimana pertanyaan tersebut sudah saya kumpulkan dibawah ini.

1. Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan ?

Shopee Paylater tidak bisa digunakan karena pengguna belum memenuhi syarat dan ketentuan dari Shopee untuk menerima metode pembayaran Shopee Paylater. Bisa jadi karena pengguna tidak aktif di Shopee atau kurang rutin berbelanja.

2. Apakah Shopee Paylater Bisa Diuangkan atau Dicairkan ?

Karena layanan ini hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. Maka untuk kalian yang bertanya apakah Paylater Shopee bisa diuangkan atau dicairkan, kami jawab tidak bisa. Hal ini dikarenakan Shopee Paylater bukan seperti pinjaman online.

3. Shopee Paylater Amankah ?

Tentunya metode pembayaran terbaru dari Shopee ini sangatlah aman untuk digunakan. Dikarenakan proses transaksinya lewat metode login ke Shopee. Dan Paylater Shopee hanya bisa digunakan di Shopee saja, berbeda sekali dengan kartu kredit.

4. Bagaimana Shopee Paylater Jika Tidak Digunakan ?

Untuk pengguna yang sudah terdaftar menjadi pengguna Shopee Paylater. Namun tidak menggunakan fitur tersebut, maka itu tidak menjadi masalah. Pengguna tidak akan dikenakan bunga ataupun denda jika tidak menggunakan Shopee Paylater.

5. Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul ?

Pertanyaan ini sama seperti pertanyaan pertama alasannya tidak muncul karena pengguna belum memenuhi syarat menjadi pengguna Shopee Paylater.

Jadi sekarang kalian sudah tahu apa itu Shopee Paylater beserta informasi lainnya yang berkaitan dengan Shopee Paylater. Semoga informasi diatas bisa membantu kalian yang ingin menggunakan ataupun penasaran tentang Shopee Paylater.

Tags: , ,