√ Kode OTP Shopee Tidak Masuk ? Penyebab & Mengatasi

Advertisements

Kode OTP Shopee Tidak Masuk – OTP atau One Time Password merupakan sebuah bentuk sistem keamanan yang hampir selalu di minta ketika ingin melakukan berbagai macam aktivitas penting pada sebuah aplikasi atau situs. Tujuannya untuk memberikan ekstra keamanan terkait akun atau saldo yang ada di dalamnya.

Kode OTP sendiri umumnya terdiri dari 4 – 6 digit kombinasi angka unik yang tidak akan pernah sama. Selain itu hal yang juga perlu untuk kalian semua ketahui terkait kode OTP yakni masa aktif atau masa pakai kode tersebut hanya bertahan sekitar 5 menit saja. Setelah lebih dari itu, kode sudah tidak lagi berlaku dan tidak lagi bisa dipakai.

Dan yang pastinya kode OTP sendiri bersifat rahasia layaknya PIN sebuah kartu ATM atau password sebuah akun. Nah bicara mengenai kode OTP, sebagai salah satu perusahaan e-Commerce terbesar, Shopee Grup juga menawarkan sistem keamanan serupa untuk akun para pengguna. Baik itu pelanggan Shopee ataupun mitra Shopee.

Advertisements

Memahami pentingnya kode OTP Shopee, akan tetapi dari beberapa laporan pelanggan ataupun mitra. Terkadang kode OTP Shopee tidak masuk ke nomor HP atau ke akun WhatsApp terdaftar. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan banyak masalah. Seperti halnya tidak bisa masuk ke akun Shopee, tidak bisa melakukan transaksi dengan menggunakan SHOPEE PAYLATER atau lainnya.

Jika sudah seperti itu, tentu saja melaporkannya ke pihak Shopee melalui layanan Call Center Shopee tentu menjadi hal yang palin tepat. Namun sebenarnya hampir sama seperti mengatasi KODE OTP BJB TIDAK MASUK atau lainnya, ada beberapa cara mengatasi kode OTP Shopee yang tidak masuk ketika ingin digunakan atau di pakai. Bagaimana dan apa saja itu? berikut prosesbayar siapkan penjelasan lengkapnya.

Fungsi Kode OTP Shopee

Fungsi Kode OTP Shopee

Agar lebih afdol saat membahas penyebab dan juga cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk seperti pada judul di atas. Disini akan coba kami rangkum lebih dulu beberapa informasi penting terkait fungsi dari kode OTP Shopee itu sendiri.

Karena meski sudah tahu pentingnya kode OTP, akan tetapi masih ada beberapa orang yang belum memahami fungsi kode OTP tersebut.

  1. OTP Shopee biasanya diperlukan ketika kalian akan melakukan login atau masuk ke akun Shopee kalian baik itu lewat PC ataupun Aplikasi.
  2. Selain itu fungsi lain kode OTP Shopee juga digunakan untuk fitur keamanan akun Shopee kalian.
  3. Bahkan diperlukan juga pada saat kalian ingin melakukan aktivasi Shopee Paylater atau SPaylater.
  4. Bahkan saat akan menggunakan LIMIT SHOPEE PAYLATER untuk berbelanja pun kalian wajib dan harus memasukan kode OTP untuk dapat melanjutkannya.
  5. Selain itu kode OTP Shopee pun juga dipakai pada saat pertama kali kalian melakukan pendaftaran akun Shopee.
  6. Lalu diperlukan ketika ingin menambah PIN ShopeePay.
  7. Memasukan rekening bank Shopee.
  8. Untuk mengatasi lupa password Shopee.
  9. Serta diperlukan saat akan melakukan penghapusan akun Shopee.

Itu tadi beberapa fungsi kode OTP Shopee yang mungkin peru untuk kalian pahami. Jadi ketika nanti kalian ingin login atau masuk ke akun Shopee maka kalian wajib memasukan kode OTP tersebut. Begitu juga ketika ingin melakukan penggunaan limit Shopee Paylater kalian saat akan berbelanja.

Penyebab Kode OTP Shopee Tidak Masuk

Penyebab Kode OTP Shopee Tidak Masuk

Nah yang jadi pertanyaannya, apa sih penyebab kode OTP Shopee tidak masuk saat kita butuhkan ketika login atau masuk akun Shopee lewat PC atau aplikasi? Menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa alasan atau penyebab yang menjadikan kode OTP Shopee tidak masuk ke nomor HP atau WhatsApp.

  • Sedang terjadi masalah pada jaringan dari operator seluler yang ada pada HP kalian. Dari beberapa penjelasan pengguna yang mengalaminya, provider yang cukup sulit mendapatkan SMS kode OTP Shopee antara lain seperti Tri, Telkomsel & Axis.
  • Jika kode OTP dikirim melalui aplikasi WhatsApp dan tidak masuk, biasanya terjadi karena memang koneksi internet atau jaringan paket data & WiFi yang dipakai sedang bermasalah.
  • Atau bisa jadi karena kalian belum mendaftarkan nomor HP di dalam akun Shopee kalian.

Cara Mengatasi Kode OTP Shopee Tidak Masuk

Apabila sudah paham dan sudah jelas dengan informasi yang kami sampaikan terkait penyebab kode OTP Shopee tidak masuk seperti kami jelaskan di atas. Lantas apa langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Nah buat kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, berikut sudah prosesbayar.com rangkum beberapa cara mengatasinya.

1. Logout Akun Shopee di Perangkat Lain

Logout Akun Shopee di Perangkat Lain

Cara pertama yang dapat kalian lakukan ketika permintaan kode OTP Tidak kunjung masuk saat akan login atau mengakses informasi pribadi akun Shopee yakni dengan logout atau keluar dari semua perangkat.

Sebagai contoh kalian login di aplikasi HP dan juga di browser PC atau laptop. Jadi ketika kode OTP tidak masuk, kami sarankan untuk keluar dari akun Shopee yang terlogin di PC, laptop ataupun di aplikasi. Baru kemudian login kembali ke akun.

2. Update Aplikasi Shopee

Update Aplikasi Shopee

Permasalahan lain ketika kalian tidak bisa login atau bertransaksi di Shopee karena kode One Time Password tidak masuk. Juga seringkali disebabkan karena versi aplikasi Shopee tidak atau belum berada pada versi terbaru. Jadi kami sarankan untuk segera update lebih dulu aplikasi di Play Store atau App Store.

3. Memastikan Nomor HP Aktif & Terdaftar

Memastikan Nomor HP Aktif Terdaftar

Seperti informasi resmi yang prosesbayar.com dapat dari Shopee. Ketika kalian mengalami kode OTP tidak masuk, disarankan untuk memastikan lebih dulu nomor HP sudah terdaftar dan masih aktif serta bisa dihubungi. Karena memang umumnya kode OTP akan selalu dikirim ke nomor terdaftar melalui SMS.

4. Pastikan Koneksi Jaringan Internet Lancar

Pastikan Koneksi Jaringan Internet Lancar

Untuk Shopee, mendapatkan kode OTP login atau bertransaksi dapat dilakukan bukan hanya melalui sms saja, melainkan juga dapat kita peroleh dengan menggunakan WhatsApp. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan koneksi jaringan internet lancar dan stabil sehingga WhatsApp OTP Shopee dapat masuk.

5. Clear Cache HP

Clear Cache HP

Solusi lain untuk mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk berikutnya yakni dengan mencoba melakukan clear cache aplikasi Shopee. Untuk caranya bagi para pengguna HP Android cukup masuk pengaturan > aplikasi > Shopee > clear cache. Sedangkan pengguna iPhone masuk pengaturan > general/umum > storage > shopee > delete app > instal ulang.

6. Restart HP

Restart HP

Solusi atau cara praktis mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk yakni dengan mencoba melakukan restart HP yang kalian pakai untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Shopee. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kegagalan fungsi atau sistem pada aplikasi yang membuat crash dan tidak berjalan dengan sempurna.

7. Lakukan Permintaan Kode OTP Melalui Telepon

Lakukan Permintaan Kode OTP Melalui Telepon

Solusi berikutnya yakni dengan memanfaatkan metode panggilan telepon untuk meminta kode OTP. Cara ini biasanya akan menjadi solusi paling ampuh. Namun metode ini perlu pendengaran yang baik karena operator hanya akan menyebutkan 2 kali saja kode OPT yang dibutuhkan. Atau bila perlu langsung catat ketika operator memberitahu kode OTP tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang dapat kami rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait penyebab dan cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk. Semoga apa yang sudah prosesbayar.com sampaikan bisa menjadi referensi dan bisa menjadi gambaran menarik untuk memahami fungsi dan cara mengatasinya.

Advertisements