√ ID Pelanggan PLN Tidak Ditemukan? Penyebab & Mengatasi

ID Pelanggan PLN Tidak Ditemukan – Listrik sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di hilangkan. Hampir semua perangkat yang ada sekarang ini membutuhkan arus listrik agar bisa digunakan.

Listrik untuk sekarang ini ada dua jenis yang umum dipakai atau digunakan, yakni listrik pascabayar dan juga prabayar. Kedua listrik PLN ini memiliki sistem penggunaan dan pembayaran yang berbeda.

Dimana untuk PLN pascabayar proses pembayarannya akan di lakukan di akhir bulan. Sementara listrik prabayar harus membeli token listrik diawal ketika ingin menggunakannya.

Meski tergolong dapat membantu penghematan pengeluaran anggaran listrik bulanan. Sistem prabayar terkadang masih saja mengalami kendala, terutama saat membeli token baik lewat konter ataupun lewat eCommerce.

Penyebab dan Cara Mengatasi ID Pelanggan PLN Tidak Ditemukan

Salah satunya saat ID pelanggan PLN tidak ditemukan oleh sistem. Hal ini otomatis akan membuat kalian TIDAK BISA MENGISI TOKEN ke meteran. Lantas apa sih penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab ID PLN Tidak Ditemukan

Dari pengalaman, sebenarnya maslaah ID Pelanggan PLN tidak ditemukan saat akan membeli token listrik bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Bahkan tanpa adanya problem sebelumnya.

Sebab 1 minggu sebelum hari kejadian, mimin masih bisa beli token dan MEMASUKAN TOKEN ke meteran. Namun dari perbincangan dengan petugas PLN yang menangani ternyata ada beberapa kasus serupa dialami oleh pelanggan lain. Namun biasanya hanya disebabkan karena:

Kesalahan Sistem PLN

Kesalahan Sistem PLN

Adanya kesalahan pada sistem PLN secara tiba-tiba memblokir ID pelangan, sehingga saat ingin beli token nomor ID tidak akan bisa ditemukan. Pada kasus listrik rumah mimin, mungkin ini menjadi penyebabnya.

Karena saat beli di konter, katanya nomor tidak terdaftar. Langsung mimim coba BELI TOKEN sendiri di eCommerce, dan hasilnya memang ID pelanggan PLN tidak ada. Bahkan keluar tulisan “Kode Bayar Tidak Ditemukan/Expired”.

Adanya Tunggakan Tagihan

Adanya Tunggakan Tagihan

Merangkum pembicaraan dengan petugas PLN, katanya ID pelanggan tidak ditemukan saat akan membeli token listrik juga bisa dikarenakan adanya tunggakan tagihan ketika berpindah dari pascabayar ke prabayar.

Memang sih mimin, pernah melakukan perubahan pada sistem listrik di rumah dari pascabayar ke prabayar. Tetapi semua tunggakan tagihan pun sudah mimin lunasi, jadi dari pengalaman mimin. Bisa dipastikan hal ini bukanlah menjadi penyebab utamanya.

Cara Mengatasi ID PLN Tidak Ditemukan

Nah dari penjelasan penyebab ID pelanggan PLN tidak ditemukan saat ingin membeli token seperti diatas prosesbayar.com jelaskan. Lantas bagaimana sih mengatasi masalah ID pelanggan PLN yang tidak ditemukan?

Hubungi Call Center PLN

Hubungi Call Center PLN

Langkah pertama yang mimin lakuin saat ID pelanggan PLN tidak ditemukan ketika ingin membeli token yakni menghubungi call center PLN untuk meminta bantuan. Jadi saat kalian mengalami masalah serupa sergera hubungi call center PLN.

Nah untuk menghubunginya sendiri ada cukup banyak metode bisa kalian pakai, baik itu lewat Twitter resmi PLN, Fanspage resmi PLN, serta lewat nomor telepon call center PLN. Nah berikut nomor dan link sosial media PLN bisa kalian gunakan.

  • Telepon : (kode area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : @cc123pln
  • Twitter : @pln_123
  • Website : https://pln.co.id/

Saat menghubungi layanan call center PLN untuk mengurus masalah ID pelanggan PLN yang tidak ditemukan. Ada baiknya siapkan lebih dulu beberapa hal. Diantaranya seperti:

  1. Nomor ID pelanggan PLN Prabayar
  2. Foto terakhir sisa pulsa/kWh di meteran
  3. Serta alamat rumah lengkap

Sesudah kalian melakukan pelaporan terkait masalah, biasanya tidak lama akan ada petugas yang datang membantu proses penyelesaian masalah ID pelanggan PLN tidak ditemukan. Jadi silahkan tunggu proses perbaikan dilakukan oleh petugas.

Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Untuk megatasi kode bayar PLN tidak ditemukan atau expired yang berikutnya dapat kalian lakukan yakni dengan mendatangi kantor PLN terdekat untuk melaporkan masalah. Dengan begitu penyelesaian masalah pun bisa diselesaikan.

Namun pastikan saat mendatangi kantor PLN kalian membawa kartu identitas, foto meteran, nomor ID pelanggan. Tujuannya agar proses penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan cepat oleh petugas.

Bayar Tunggakan Tagihan

Bayar Tunggakan Tagihan

Berkaca dari percakapan dengan petugas PLN seperti prosesbayar.com sampaikan sebelumnya. ID PLN Prabayar tidak ditemukan saat ingin membeli token bisa terjadi karena adanya tunggakan tagihan yang belum terbayar.

Maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini kalian bisa membayar tunggakan tagihan tersebut. Untuk membayarnya bisa langsung datang ke kantor PLN atau bisa secara online, namun kalian harus mebayarnya melalui layanan PLN Non Taglis.

Nah, jika hal ini menjadi alasan mengapa ID PLN prabayar kalian tidak ditemukan dan ingin membayarnya secara online, coba simak panduan CARA BAYAR PLN NON TAGLIS yang sebelumnya sudah prosesbayar.com sampaikan.

FAQ

Kenapa ID pelanggan PLN prabayar saya tidak ditemukan?

Kemungkinan besar karena terblokir karena adanya kesalahan sistem PLN atau karena adanya tunggakan tagihan yang belum dibayar.

Bagaimana cara mengatasi kode bayar PLN Expired?

Segera hubungi call center PLN atau datangi kantor PLN terdekat untuk meminta bantuan.

Apakah penanganan ID PLN tidak ditemukan ada biayanya?

Tidak, penanganan ini termasuk bentuk pelayanan PLN untuk para konsumen sehingga tidak ada biaya harus ditanggung pelanggan.

Itulah kiranya informasi yang kali ini dapat mimin prosesbayar.com sampaikan dan jelaskan terkait penyebab dan cara mengatasi ID pelanggan PLN tidak ditemukan, semoga pengalaman mimin diatas bisa membantu kalian yang mungkin juga sedang mengalaminya.

Tags: , ,