4 Ciri Ciri ATM Tidak Aktif : BNI, BCA, BRI & Mandiri

Advertisements

Ciri Ciri ATM Tidak Aktif – Ketika melakukan pembukaan rekening di bank. Nantinya setiap nasabah akan mendapatkan kartu ATM sebagai fasilitas untuk memudahkan para pemilik rekening dalam mengelola dan mengatur saldo yang ada di dalamnya.

Lewat ATM inilah berbagai macam transaksi pun dapat dilakukan. Baik itu transaksi finansial ataupun non finansial, yang dimana media untuk dapat melakukan semua aktivitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan mesin ATM yang sudah disediakan oleh pihak bank.

Bicara soal ATM, kita tahu bahwa setiap kartu ATM yang dikeluarkan pihak bank penerbit memiliki masa aktif. Apabila masa aktif tersebut sudah habis, maka ATM pun tidak akan bisa kita gunakan sama sekali baik untuk penarikan, transfer, cek saldo ataupun setor tunai.

Advertisements

Meski bisa dibilang cukup penting, akan tetapi masih ada sedikit banyak masyarakat masih belum paham dan mengetahui akan pentingnya masa aktif kartu ATM. Padahal jika dilihat dari pengalaman ataupun dari informasi para pengguna ATM lainnya, ada beberapa ciri-ciri ATM tidak aktif.

Ciri Ciri ATM Tidak Aktif
Advertisements

Lalu apa saja kiranya ciri ciri ATM tidak aktif? apakah sama dengan kartu ATM kadaluarsa? Buat para pemilik kartu ATM BRI, Mandiri, BCA atau BNI, mungkin informasi ini penting untuk disimak, jadi prosesbayar.com sarankan untuk simak sampai akhir yah agar kalian paham apa saja ciri ciri ATM tidak aktif itu.

Masa Aktif Kartu ATM

Masa Aktif Kartu ATM
Advertisements

Hampir semua bank penerbit kartu ATM selalu memberikan masa berlaku di setiap ATM yang mereka berikan kepada nasabah. Masa aktif ATM sendiri biasanya selama 5 tahun setelah dibuat oleh pihak bank.

Dan masa aktif ATM sendiri bisa dilihat pada bagian depan kartu dengan adanya tanda Valid Thru: XX/YY seperti pada gambar diatas. Dimana dari gambar diatas tertulis Valid Thru: 09/20.

Maka arti dari keterangan tersebut yaitu, ATM tersebut bisa dan dapat digunakan sebelum memasuki bulan 08 / Agustus pada tahun 2020. Setelah melewati bulan dan tahun tersebut, secara otomatis ATM sudah tidak aktif dan tidak dapat digunakan.

Penyebab ATM Tidak Aktif

Penyebab ATM Tidak Aktif
Advertisements

Selain karena VALID THRU seperti diatas kami sampaikan, tidak aktif atau non aktifnya ATM juga bisa dikarenakan adanya penyebab lain. Nah beberapa penyebab tersebut antara lain meliputi:

  1. Karena ATM kita nonaktifkan sendiri untuk beberapa alasan keamanan, termasuk disaat ATM hilang, tertelan atau lainnya.
  2. Dinonaktifkan oleh pihak Bank penerbit karena dianggap adanya transaksi tidak wajar.
  3. Atau karena ATM baru saja dibuat, mengingat ATM baru dibuat disarankan tidak langsung digunakan karena belum siap atau belum aktif.

Ciri Ciri ATM Tidak Aktif

Menanggapi pertanyaan yang sering prosesbayar.com dapat terkait apa saja ciri ciri ATM tidak aktif. Sebenarnya hampir semua kartu ATM baik itu BNI, Mandiri, BCA, ataupun BRI dan lain sebagainya punya ciri ciri hampir sama.

Yang dimana salah satu ciri ciri bahwa ATM tidak aktif yaitu munculnya peringatan atau notifikasi pada layar ATM saat kalian akan melakukan transaksi. Selain munculnya peringatan atau notifikasi, ada pula beberapa cici cici lain, adapun beberapa cici ciri tersebut meliputi.

1. Muncul Peringatan Kartu Non Aktif

Muncul Peringatan Kartu Non Aktif
Advertisements

Peringatan atau notifikasi yang muncul ketika kondisi ATM tidak aktif biasanya berbeda-beda untuk tiap mesin ATM dari bank BRI, BNI, Mandiri atau BCA. Tetapi paling sering mimin jumpai yaitu dua peringatan seperti berikut ini.

“Transaksi Gagal Kartu Berstatus Disabled” atau “Untuk Keamanan Sementara Kartu Non Aktif”

Dari peringatan tersebut, bisa disimpulkan bahwa KARTU ATM DISABLE menjadi salah satu ciri ciri ATM tidak aktif. Maka saat notifikasi pesan tersebut muncul, jangan harap bisa kalian gunakan ATM untuk bertransaksi SEBELUM kalian mengaktifkannya kembali lewat aplikasi mobile banking atau mendatangi CS bank terkait.

2. Kartu ATM Langsung Keluar

Kartu ATM Langsung Keluar
Advertisements

Ciri ciri ATM BNI, Mandiri, BCA atau BRI sudah tidak aktif berikutnya yaitu kartu atm akan langsung keluar saat kalian masukan. Yapz, hal ini mungkin pernah dialami para nasabah meskipun kartu masih aktif dan bisa digunakan.

Hanya saja, kasus seperti ini justru lebih sering terjadi ketika ATM tidak aktif. Karena jika kondisi masa aktif masih ada serta ATM tidak terdisable, sudah bisa dipastikan bahwa hal ini dikarenakan ATM sudah tidak aktif.

3. Selalu Salah Memasukan PIN

Selalu Salah Memasukan PIN
Advertisements

Selain itu, ciri ciri ATM tidak aktif berikutnya adalah mesin ATM akan selalu membaca PIN yang dimasukan salah. Meskipun sebenarnya PIN yang di input atau dimasukan sudah benar serta sesuai karena sebelumnya pun masih bisa digunakan untuk transaksi.

Hal ini biasanya akan dialami para nasabah bank BNI, Mandiri, BRI ataupun BCA ketika posisi kartu memang sudah benar-benar tidak aktif.

4. Muncul Peringatan Kartu Telah Kadaluarsa

Muncul Peringatan Kartu Telah Kadaluarsa
Advertisements

Kemudian ciri ciri kartu ATM BRI, BCA, Mandiri, atau BNI sudah tidak aktif juga bisa dilihat dari peringatan atau notifikasi terkait masa aktif ATM atau Valid Thru ATM. Dimana jika ATM memang tidak aktif dikarenakan sudah kadaluarsa biasanya akan keluar notifikasi seperti ini.

“Kartu Telah Kadaluarsa, Silahkan Hubungi Bank Anda”

Jika peringatan pada layar mucul seperti diatas prosesbayar tulis, maka solusi paling tepat yaitu mendatangi kantor bank penerbit kemudian minta pengajuan penggantian kartu ATM karena sudah tidak aktif.

Dalam proses penggantian ini biasanya akan dikenai biaya administrasi sekitar Rp 5.000 sampai Rp 15.000 tergantung jenis kartu yang digunakan.

ATM Tidak Aktif, Bisa Transfer & Tarik Tunai?

ATM Tidak Aktif Bisa Transfer Tarik Tunai
Advertisements

Apabila ATM tidak aktif apakah masih bisa transfer dan tarik tunai? Ini menjadi pertanyaan yang juga cukup banyak di perdebatkan. Namun jika mengacu pada ciri ciri ATM tidak aktif seperti diatas kami sampaikan.

Maka secara garis besar “TIDAK BISA” dengan catatan semua transaksi dilakukan dengan kartu ATM tersebut. Namun apabila punya layanan mobile banking, maka transfer dan tarik tunai tetap dapat dilakukan di mesin ATM.

Karena saat ini BNI, BCA dan BRI sudah bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM dengan hanya memanfaatkan aplikasi mobile banking terkait. Nah buat yang belum tahu akan hal tersebut.

Sebelumnya prosesbayar pernah membahas mengenai CARA TARIK TUNAI TANPA KARTU DI ATM BRI, dan juga BNI. Jadi silahkan pelajari dan simak langkah-langkahnya agar saat kondisi ATM tidak aktif kalian bisa tetap melakukan penarikan walau tanpa ATM.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya penjelasan yang dapat prosesbayar.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait ciri ciri ATM tidak aktif dan beberapa info penting lainnya. Semoga adanya referensi diatas bisa membantu dan memberi penjelasan yang detail.

Advertisements
Tags: , ,