6 Cara Bayar Tilang Lewat ATM BCA : Syarat & Ketentuan

Cara Bayar Tilang Lewat ATM BCA – Penerapan sistem tilang elektronik atau E-Tilang terus menjadi perhatian publik. Hal ini karena sistem tilang elektronik dianggap lebih efisien untuk menindaklanjuti pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pengerndara mobil atau motor.

Advertisements

Selain dianggap lebih efisien, penerapan tilang elektronik juga akan membuat arus lalu lintas tetap lancar tanpa adanya tumpukan pelanggar di pinggir jalan. Sampai saat ini penerapan sistem tilang sendiri terus di kembangkan di beebrapa wilayah Indonesia.

Dengan adanya sistem tilang elektronik ini, tentu saja prosedur bayarnya pun jauh lebih simple. Karena secara tidak langsung cara bayar tilang dapat dilakukan secara online, baik melalui mesin ATM, Internet Banking atau lewat KANTOR POS.

Advertisements

Bisa dilakukannya bayar denda tilang pelanggaran berlalu lintas secara online sendiri hadir dengan adanya kerjasama antara kepolisian dengan bank BRI. Dimana ketika ingin membayar tilang elektronik kita diharuskan memiliki nomor VA pembayaran.

Syarat dan Ketentuan Cara Bayar Tilang Lewat ATM BCA

Meski kerjasamanya dengan bank BRI, akan tetapi cara bayar tilang sendiri bisa dilakukan lewat bank lain, termasuk BCA dengan memanfaatkan mesin ATM. Jadi bagi kalian sedang mencari tutorial cara bayar tilang lewat ATM BCA lengkap dengan syarat dan ketentuan.

Syarat Bayar Tilang di ATM BCA

Syarat Bayar Tilang di ATM BCA

Untuk dapat melakukan pembayaran tilang lewat mesin ATM BCA, setidaknya ada beberapa syarat dan ketentuan harus kalian lengkapi. Beberapa syarat bayar tilang lewat ATM BCA tersebut meliputi:

  • Mengetahui nomor register tilang. Bisa di dapat dari slip tilang atau lewat surat pelanggaran yang dikirim ke alamat rumah.
  • Syarat berikutnya adalah mengetahui nomor VA atau Virtual Account untuk bayar tilang.
  • Melakukan pembayaran paling lamat 2 minggu setelah proses tilang, jika tidak maka penghapusan data kendaraan akan dilakukan pihak kepolisian.

Cara Mendapatkan Nomor VA Pembayaran Tilang

Lalu bagaimana cara mendapatkan nomor VA bayar tilang? Untuk mendapatkannya ada perbedaan antara tilang manual dan tilang elektronik. Dimana jika tilang elektronik sudah terterta dibagian surat pemberitahuan tilang yang dikirim ke alamat rumah.

Sedangkan untuk tilang manual harus melihatnya secara online lewat situs etilang.info. Nah untuk tutorial cara mendapatkan nomor VA pembayaran tilang dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut ini.

Siapkan Nomor Registrasi Tilang

Siapkan Nomor Registrasi Tilang

Hal pertama harus dilakukan yakni menyiapkan nomor registrasi tilang, biasanya ada pada slip atau lembar tilang yang diberikan oleh pihak kepolisian. Letaknya dibagian bawah sebelah kiri.

Buka Situs e-Tilang

1 Buka Situs eTilang

Apabila sudah menyiapkan nomor registrasi tilang, silahkan buka situs eTilang di alamat http://etilang.polri.go.id/. Kalian bisa menggunakan browser PC atau HP dan pastikan koneksi internet cepat.

Masukan Nomor Register

2 Masukan Nomor Registrasi Tilang

Setelah halaman situs eTilang terbuka, kalian akan diminta untuk memasukan no registrasi. Silahkan masukan sesuai dengan nomor yang sudah kalian siapkan, lalu klik menu cari dibagian bawah.

Nomor VA Terlihat

3 Nomor VA Terlihat

Pada halaman perkara lalulintas sudah terbuka setelah kalian memasukan no registrasi. Maka dihalaman ini akan banyak info terkait pelanggaran, nama, jumlah denda harus dibayar, tanggal pelanggaran termasuk no VA pembayaran yang harus kalian catat.

Cara Bayar Tilang Lewat ATM BCA

Ketika kalian sudah mendapatkan nomor VA dengan mengikuti panduan langkah diatas, lantas bagaimana cara bayar tilang lewat ATM BCA? untuk melakukan pembayarannya, silahkan ikuti tutoril dibawah ini.

Masukan Kartu ATM

Cara bayar tilang lewat ATM BCA yang pertama harus kalian lakukan adalah dengan memasukan kartu ATM. Pastikan POSISI KARTU ATM benar.

1 Masukan Kartu ATM BCA

Masukan PIN ATM BCA

Masukan PIN ATM BCA kalian, dan pastikan PIN benar karena 3 kali salah kartu ATM bisa terblokir.

2 Masukan PIN ATM BCA

Pilih Transaksi Lainnya

Dihalaman pertama silahkan kalian pilih menu Transaksi Lainnya.

3 Pilih Transaksi Lainnya

Pilih Lagi Transaksi Lain

Setelah itu, pilih lagi menu Transaksi Lainnya yang ada dibagian pojok kanan bawah layar mesin ATM.

4 Pilih Transaksi Lainnya

Pilih Menu Transfer

Dihalaman ini silahkan kalian pilih menu Transfer yang ada dibagian kiri layar monitor.

5 Pilih Menu Transfer

Pilih Ke Rekeing Lain

Lanjutkan dengan memilih menu transfer ke rekening bank lain.

6 Pilih Ke Rekeing Lain

Masukan Kode Bank BRI

Sampai pada halaman ini, kalian akan diminta untuk memasukan kode bank tujuan, nah bayar tilang lewat ATM BCA ini mengharuskan kalian memasukan KODE BANK BRI yaitu 002, lalu tekan benar.

7 Masukan Kode Bank BRI

Masukan Nominal Denda Tilang

Setelah itu layar akan meminta kalian untuk memasukan nominal atau besaran denda tilang yang tertera di halaman pengecekan no registrasi di situs eTilang. Jika sudah lanjutkan pilih menu Benar.

8 Masukan Nominal Denda Tilang

Masukan NO VA Pembayaran Tilang

Lalu masukan 15 angka nomor pembayaran tilang yang sudah kalian peroleh dari situs eTilang atau surat tilang elekronik yang dikirim ke alamat rumah.

9 Masukan Nomor VA Pembayaran Tilang

Konfirmasi Pembayaran

Kemudian layar mesin ATM BCA akan menampilkan detail pembayaran, silahkan konfirmasi dari nama, nominal pembayaran dan bank tujuan. Jika sudah sesuai pilih Benar.

10 Konfirmasi Pembayaran

Ketika sudah melakukan pembayaran diatas, silahkan kalian simpan struk pembayaran yang keluar dari mesin ATM BCA sebagai bukti pembayaran yang sah. Jangan sampai hilang yah guys.

Ketentuan Nomor VA Pembayaran Tilang

Ketentuan Nomor VA Pembayaran Tilang

Bagimana cukup mudah bukan cara bayar tilang lewat ATM BCA ini? Silahkan ikuti cara bayar tilang lewat ATM BCA diatas apabila kalian sedang mencari tutorialnya. Namun pastikan bahwa kalian tahu ketentuan tentang no VA Pembayaran tilang berikut ini.

  1. No VA bayar tilang akan berubah secara otomatis apabila dalam waktu H-4 dari tanggal sidang tidak segera dibayarkan.
  2. No VA bayar tilang baru tertera di halaman eTilang.
  3. Pastikan gunakan No VA pembayaran pertama yang diberi oleh situs eTilang atau surat tilang elektrik.

Seperti itu kiranya proses cara bayar tilang lewat ATM BCA yang kali ini dapat prosesbayar.com sampaikan dan jelaskan. Pastikan bahwa semua langkah dan ketentuan diatas kalian pahami dan ikuti dengan benar, sekain dan semoga bermanfaat serta membantu.

Advertisements