10 Cara Batalkan Tiket Kereta Api Mudah dan Cepat

Cara Batalkan Tiket Kereta Api – Tidak hanya mudah dalam bertransaksi dalam belanja online saja, untuk sekarang ini kita juga dimudahkan dalam beberapa hal. Seperti membeli tiket kereta api juga bisa dilakukan dengan online melalui beberapa marketplace yang ada saat ini. Hanya saja untuk memesan tiket harus disertai dengan kartu identitas yang benara seperti KTP, nomor telp dan lainnya.

Dalam memesan tiket kereta api secara online harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan baru bisa melakukan pemesanan. Lalu bagaimana cara pembatalan tiket kereta api jika terjadi suatu hal yang tidak memnungkinkan untuk melakukan perjalanan. Untuk sekarang ini, kalian semua bisa melakukan pembatalan dengan beberapa cara yakni secara online dan offline. Kedua cara tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku jika kalian ingin melakukan pembatalan tiket kereta api.

Dengan semakin majunya teknologi sekarang ini, tidak hanya bisa melakukan pembatalan tiket kereta api saja. Kalian semua juga bisa dengan mudah untuk cek nomor BPJS dengan NIK, caranya juga sangat mudah sekali dan dilakukan dengan cara online. Sama halnya dengan pembatalan tiket kereta api, jika kalian ingin secara offline bisa langsung datang ke loket stasiun saja dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan.

Kemudian untuk kalian yang tidak sempat, bisa menggunakan saja cara online. Untuk syaratnya juga sama kok, kalian cukup persiapkan saja nomor identitas yang akan kalian batalkan tiket kereta apinya. Semua cara yang akan kami sampaikan kepada kalian semua terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku, untuk lebih jelas akan cara batalkan tiket kereta api beserta syarat dan ketentuan. Anda semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Cara Batalkan Tiket Kereta Api Mudah dan Cepat

Cara Batalkan Tiket Kereta Api

Cara Batalkan Tiket Kereta Api

Sebelumnya memang sudah kami sampaikan kepada anda semuanya, jika dalam melakukan pembatalan di haruskan untuk melakukan sebelum 30 menit jam keberangkatan. Lalu kalian juga harus melengkapi beberapa dokumen atau identitasnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan yang sudah dipersiapkan berikut ini.

Melalui KAI Accses

Melalui KAI Accses

1. Untuk yang pertama pastikan sudah instal aplikai KAI Acces

2. Lalu untuk selanjutnya tinggal masuk saja pada aplikasi tersebut

3. Kemudian klik saja menu My Trips, lalu pilih kode booking untuk tikat yang akan dibatalkan

4. Lalu untuk selanjutnya tinggal klik saja menu E-Ticket dan klik saja Pembatalan

5. Pilih nama penumpang yang akan dibatalkan akan perjalanan kereta api

6. Kemudian klik Lanjutkan serta centang halaman syarat dan ketentuan

7. Lalu masukan akun bank guna untuk refund dan klik Lanjutkan

8. Pastikan pembatalan tiket perjalan sesuai dengan yang kalian pilih dan Konfirmasi

9. Jika sudah mengkonfirmasi, pembatalan tiket kereta api berhasil

Loket Stasiun

Sedangkan untuk melakukan pembatalan tiket kereta api melalui loket stasiun, kalian harus melakukannya sebelum 30 menit jadwal keberangkatannya. Untuk menggunakan cara ini, pastikan lengkapi dokumen yang ingin kalian batalkan. Kemudian kalian diharuskan untuk mengisi formulir pembatalanyang terdiri dari data boarding pass dan data penumpang. Jika sudah diisi dengan benar dan lengkap, maka formulir tersebut akan divalidasi ooleh petugas bila biaya dikembalikan dengan cara tunai. Pengambilan biaya pembatalan bisa diambil setelah 30 hari sampai 45 hari dengan syarat membawa formulir yang sudah divalidasi dan menunjukan kartu idntitas.

Ketentuan Pembatalan Tiket Kereta Api

Dalam proses pembatalan tiket kereta api akan dikenakan biaya admin sebesar 25% dari harga tiket yang dibatalkan dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp. 1.000. Selain itu juga untuk biaya pembatalan bisa dilakukan pada hari ke 30 sampai 45 dengan syarat dan ketentuan.

Seperti itulah akan cara batalkan tiket kereta api yang bisa kalian lakukan baik secara online dan juga offline. Dalam melakukan pembatalan akan dikenakan biaya admin sebesara 25% dari biaya tiket yang dibatalkan. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, semoga informasi diatas dapat membantu kalian semuanya.

Tags: ,