√ Batas Waktu Settlement EDC BCA 2021 : Reprint, Contoh & Transaksi

Advertisements

Batas Waktu Settlement EDC BCA – Penggunaan mesin EDC BCA memang semakin banyak dijumpai terutama untuk outlet yang menggunakan sistem pembayaran non tunai. Pastinya operator EDC BCA wajib mengetahui cara menggunakan baik saat pembukaan maupun penutupan hari kerja.

Sebelum toko tutup pastinya kita harus print settlement EDC BCA untuk merekap semua transaksi. Jadi sebelum CARA MEMATIKAN MESIN EDC BCA disarankan mencetak semua settlement supaya uang dapat dikirimkan ke rekening toko. Kita juga wajib tahu batas waktu settlement EDC BCA agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran.

Pada dasarnya jika ada transaksi dan tidak dilakukan settlement EDC BCA dihari itu juga maka toko ataupun merchant tidak bisa mendapatkan hasil penjualan. Setiap hari ada batas waktu settlement EDC BCA dimana kalian akan diberikan kode unik untuk mencetak struk transaksinya.

Advertisements

Jika bicara masalah kode unik batas waktu settlement EDC BCA akan berlaku untuk pencatatan transaksi dalam waktu 1 sampai 2 hari. Namun apabila kita sudah melebihi batas waktu maka wajib melakukan Cara reprint EDC BCA yang sudah terlewat dimana cukup merepotkan.

Disetiap transaksi pastinya akan terdapat kredit maupun debit yang terus terjadi dalam waktu satu hari kerja, dengan settlement maka tidak terjadi transaksi gantung di EDC BCA. Pihak BCA wajib mengetahui rekapan semua transaksinya secara lengkap sehingga memudahkan dalam perhitungan.

Apa itu Settlement ?

Settlement adalah proses paling akhir dalam transaksi dimana yang bertujuan untuk penerimaan pembayaran untuk penjual setelah barang ataupun jasa sudah diberikan kepada konsumen. Sedangkan untuk settlement EDC BCA merupakan proses penyelesaian transaksi dengan sistem pembayaran tiap transaksinya.

EDC BCA memiliki batas waktu settlement sehingga jika kalian tidak melakukannya maka pembayaran akan terhambat dan uang tidak dapat masuk ke rekening. Jadi semua pembayaran memakai kartu kredit ataupun debit akan diperhitungkan kemudian dicetak dalam bentuk struk sebagai buktinya.

Contoh Settlement BCA

Contoh Settlement BCA

Dari gambar diatas kita bisa melihat contoh settlement BCA, semakin banyak transaksinya maka struk juga bertambah panjang. Tak heran apabila proses pencetakan settlement EDC BCA membutuhkan waktu agak lama.

Batas Waktu Settlement EDC BCA

Batas Waktu Settlement

Terdapat ketentuan untuk batas waktu settlement EDC BCA dimana wajin dipenuhi oleh merchant ataupun toko. Selain kamu juga wajib paham peraturan settlement EDC BCA, lebih jelasnya simak rangkuman dari Prosesbayar.com berikut.

  • Settlement wajib dilakukan minimal 1 kali dalam 1 hari untuk semua jenis transaksi. Terkecuali jika tidak terjadi transaksi maka tidak perlu dilakukan settlement. Ketika ada keterlambatan settlement maka BCA memiliki hak untuk membebankan kerugian kepada merchant.
  • Transaksi memakai uang elektronik wajib settlement maksimal 7 hari setelah terjadinya transaksi.
  • Transaksi kartu kredit wajib settlement maksimal 7 hari setelah terjadinya transaksi. Apabila melebihi batas waktu maka tidak bisa menerima pembayaran dari BCA.
  • Merchant diwajibkan membuat laporan data pembayaran serta tagihan. Ketika terjadi perbedaan data maka wajib lapor tertulis paling lambat 14 hari semenjak transaksinya. Namun ketika lewat batas waktu maka hak klaim settlement tidak akan ditanggapi.
  • Pembayaran settlement EDC BCA dilakukan pada hari berikutnya.
  • Merchant memiliki tanggung jawab dari klaim pemegang kartu ataupun uang elektronik jika terjadi gagal transaksi dan tidak melakukan settlement.
  • BCA memiliki hak menunda maupun menolak pembayaran apabila terdapat konfirmasi dari bank.

Cara Reprint EDC BCA

Cara Reprint EDC BCA

Ketika sudah melewati batas waktu maka cara settlement EDC BCA 2 atau reprint kali wajib dilakukan. Kalian cukup mengakses mesin EDC BCA kemudian tinggal melakukan langkah sebagai berikut.

  • Tekan navigasi bawah.
  • Tekan Function
  • Tampil Number, ketikkan 73
  • Secara otomatis mesin EDC akan mencetak .
  • Jika ingin print transaksi yang telah terlewat silahkan tekan tombol Menu dengan warna hijau.
  • Lanjutkan dengan memilih Batch kemudian OK
  • Lanjutkan dengan memilih Review lalu OK
  • Setelah itu lanjutkan dengan pilih Invoice.
  • Tekan F3 untuk cetak ulang settlement

Kesimpulan

Jangan coba coba melakukan CARA RESTART MESIN EDC BCA sebelum penutupan transaksi karena nantinya akan menimbulkan masalah pada settlement. Kesimpulannya usahakan selalu mematuhi batas waktu settlement EDC BCA supaya pembayaran dapat berjalan dengan lancar.

Advertisements