√ ATM BRI Terblokir : Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi

ATM BRI Terblokir – Memiliki kartu ATM memang cukup membantu dalam berbagai macam hal. Termasuk ketika ingin melakukan transaksi seperti transfer, cek saldo, top up atau bahkan melakukan pembayaran tagihan bulanan.

Advertisements

Hampir semua bank di Indonesia punya fasilitas kartu ATM yang diberikan kepada para nasahab ketika membuat rekening tabungan. Salah satunya adalah bank BRI, karena setiap nasabah yang membuka tabungan akan mendapapatkan fasilitas berupa kartu ATM.

Namun saat menggunakan kartu ATM BRI, pernahakah mengalami kendala seperti KARTU ATM BRI DISABLE atau bahkan kartu ATM BRI terblokir? Jika pernah, maka dua hal ini akan cukup merepotkan.

Advertisements

Sebab segala bentuk transaksi tidak akan bisa dilakukan sampai kalian mengurusnya kembali agar bisa aktif lagi. Meski tidak bisa dipakai transaksi, namun nomor rekening kartu ATM BRI terblokir masih tetap bisa menerima transferan.

ATM BRI Terblokir dari Ciri Ciri Penyebab dan Cara Mengatasi

Lantas bagaimana sih cara mengatasi kartu ATM BRI terblokir, serta apa saja syarat dibutuhkan untuk mengurus ATM BRI yang terblokir dan apa sebenarnya penyebab utama kartu ATM bisa sampai terblokir? Berikut sudah prosesbayar.com rangkum beberapa penjelasannya.

Ciri-Ciri ATM BRI Terblokir

Ciri Ciri ATM BRI Terblokir

Sebelum membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi ATM BRI terblokir,  berikut ada beberapa cici ciri kartu ATM BRI yang terblokir dan tidak bisa digunakan.

  1. Segala bentuk transaksi tidak akan bisa dilakukan lewat mesin ATM.
  2. Saat kartu ATM BRI dimasukan, layar ATM akan menampilkan tulisan KARTU ATM DITOLAK.

Jika sudah seperti itu, maka satu-satunya cara untuk bisa kembali menggunakannya, maka kalian harus segera mengurusnya langsung ke kantor bank BRI terdekat.

Penyebab ATM BRI Terbokir

Penyebab ATM BRI Terbokir

Tidak sedikit nasabah BRI yang masih belum tahu apa sebenarnya penyebab kartu ATM BRI terblokir. Maka dari itu, lewat artikel ini, akan prosesbayar.com jelaskan beberapa point penting terkait penyebab utama yang seringkali membuat kartu ATM terblokir.

1. Salah Memasukan PIN

Salah satu penyebab paling sering membuat kartu ATM BRI terblokir adalah salah PIN. Karena secara otomatis sistem akan langsung memblokir kartu ATM ketika kalian salah memasukan PIN 3 kali berturut-turut.

2. Sengaja Memblokir Kartu ATM

Nah terdengar aneh bukan? Tapi tidak bagi sistem perbankan, karena baik itu BRI atau bank lainnya memiliki satu fitur khusus untuk memblokir kartu ATM. Dan biasanya fitur ini dipakai pada saat kartu ATM hilang atau tertinggal dan atau tertelan di mesin ATM.

3. Diblokir Pihak Bank

Penyebab lain ATM BRI terblokir adalah karena sengaja di blikir oleh pihak Bank BRI. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan karena sistem bank medeteksi adanya transaksi yang mencurigakan atau bahkan ilegal. Maka pihak bank memiliki hak untuk memblokir kartu ATM tersebut.

Syarat Menurus ATM BRI Terblokir

Bagiaman sudah paham dan jelas kan? Jadi ketika kalian tidak menginginkan kartu ATM terblokir, pastikan jangan sampai salah PIN saat menggunakan ATM untuk transfer ataupun TARIK TUNAI BRI.

Apabila saat ini kalian justru sedang mengalami masalah tersebut dan ingin segera mengatasinya agar kartu bisa aktif kembali. Maka siapkan beberapa persyaratan mengurus ATM BRI berikut ini.

  • Kartu identitas seperti KTP, SIM atau paspor
  • Buku tabungan BRI terkait kartu ATM terblokir
  • Kartu ATM yang terblokir
  • Uang tunai sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 sebagai biaya penangananan.

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir di Bank

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir di Bank

Setelah menyiapkan semua berkas persyaratan diatas, maka kalian bisa langsung mendatangi kantor bank BRI terdekat untuk segera mengurusnya. Adapun langkah-langkah cara mengurusnya dapat kalian lihat dibawah ini.

  1. Siapkan semua berkas persyaratan diatas kemudian datangi kantor bank terdekat.
  2. Setelah itu datangi kantor bank BRI terdekat kemudian ambil nomor anteran untuk bertemu dengan customer service.
  3. Tunggu sampai nomor anteran kalian dipanggil dan temui customer service BRI.
  4. Lalu katakan bahwa kartu ATM BRI kalian terblokir, serta menyerahkan berkas persyaratan diatas untuk verifikasi data diri.
  5. Jika semua data cocok, maka petugas akan membantu untuk membuka blokir ATM BRI kalian.
  6. Selesai.

Cara Mengurus ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Selain bisa mengurus ATM BRI terblokir lewat kantor bank terdekat. Kalin juga bisa mengurus masalah ini tanpa harus ke kantor. Bahkan ada beberapa metode yang bisa digunakan, berikut beberapa cara tersebut.

Menggunakan Internet Banking BRI

Menggunakan Internet Banking BRI

Cara mengatsi ATM BRI terblokir tanpa ke bank dan tidak perlu diwakilkan yakni dengan memanfaatkan layanan internet Banking BRI. Jadi bagi kalian yang sudah punya aksesnya, bisa coba ikuti panduan berikut ini.

  • Buka website resmi BRI di alamat https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  • Kemudian login dengan menggunakan akun dari kartu ATM BRI yang terblokir
  • Dihalaman utama silahkan pilih menu pelayanan nasabah
  • Kemudian pilih menu Enable/Disable kartu
  • Silahkan masukan password akun Internet Banking BRI kalian dan pilih OK.
  • Sampai disini silahkan tunggu beberapa saat sampai sistem mengirim pesan ke nomor HP terdaftar bahwa kartu ATM sudah Enable.

Lewat Aplikasi BRI Mobile

Lewat Aplikasi BRI Mobile

Untuk kalian yang sudah akses lewat aplikasi BRI Mobile atau Brimo kalian bisa memanfaatkannya untuk buka blokir tersebut. Untuk caranya dapat kalian lihat berikut ini.

  • Silahkan download dan instal aplikasi BRI mobile ke HP android atau iPhone kalian.
  • Buka apliksai BRI Mobile lalu pilih menu internet banking.
  • Lakukan login dengan menggunakan akun Internet Banking BRI.
  • Pilih menu pelayanan nasabah.
  • Tap pada menu Enable/Disable Kartu
  • Disini silahkan masukan nomor rekenig BRI kalian dan tap menu OK.
  • Selesai.

Melalui Call Center BRI

Melalui Call Center BRI

Selain menggunakan dua metode diatas, untuk mengatasi masalah ATM BRI terblokir juga dapat dilakukan dengan menghubungi call Center BRI. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan pulsa minimal 30 ribu rupiah di nomor HP kalian.
  • Lakukan panggilan ke call center BRI di nomor 14017 atau 150017.
  • Setelah terhubung silahkan katakan maksud dan tujuan kalian bahwa ingin membuka blokir ATM BRI.
  • Lakukan verifikasi data diri dengan menyebutkan nomor rekeing, nama rekening dan nama Ibu kandung.
  • Jika verifikasi data tersebut berhasil dan cocok, maka proses pembukaan blokir pun akan dibantu oleh petugas.

Akhir Kata

Sebelum menutup artikel ini, ada satu pertanyaan yang cukup sering di lontarkan para nasabah BRI yang mengalami masalah ini, pertanyaan tersebut yakni, ketika ATM BRI terblokir, apakah uangnya hilang? Tentu saja tidak semua sisa saldo di dalam rekening ATM BRI tidak akan hilang.

Nah seperti itu kiranya beberapa cara mengatasi masalah ATM BRI yang terblokir karena beberapa penyebab diatas. Silahkan pilih salah satu metode yang telah prosesbayar.com sampaikan diatas agar kartu ATM Bisa kembali aktif dan dapat kalian gunakan untuk bertransaksi.

Advertisements